INT. KOS CITRA — RUANG TAMU — NIGHT
Zaskia duduk di pinggir tembok sambil memakan camilan dan melihat Citra mengajari Ardi.
CITRA
Dalam menulis novel, terkadang narasi itu harus indah, puitis, dan mendayu-dayu. Tapi dalam skrip film, narasi itu lebih sederhana dan lebih harfiah. Makanya kusarankan kau membuat skrip film.
ARDI
Kau mau memuji atau menghina narasi yang kubuat?
CITRA
Keduanya, hehe...
ARDI
Bruh...
CITRA
(memperlihatkan contoh skrip film)
Dalam skrip film ada 4 bagian utama yang penting. Scene heading, narasi, dialog dan transisi.
ARDI
(mengangguk)
Baiklah, gue gak paham.
CITRA
(menunjukkan bagian scene heading skrip film)
Di scene heading ada 3 bagian sederhana.
1. INT/EXT yang berarti INTERIOR/EXTERIOR yang menjelaskan lokasi di dalam atau di luar ruangan yang diambil.
2. Selanjutnya adalah tempatnya, seperti INT. KELAS.
3. Yang terakhir adalah waktu, umumnya pakai DAY/NIGHT. Tapi bisa kok format waktu lain asalkan jelas dan tidak ribet.
ARDI
Meskipun udah make petunjuk tempat, tapi tetap makai INT/EXT.
CITRA
Soalnya, meski disebut kelas tapi belum ditahu kan kalo di dalam kelas atau di luar kelas. Dan itu bisa ngaruh banget.
ARDI
Hmn... Oke, gue paham
CITRA
(nunjukin narasi di skrip film)
Ini narasi, seperti yang aku bilang tadi, narasi film lebih sederhana. Gak ada yang namanya perasaan dalam hati atau perasaan mendalam yang dialami karakter. Tapi karena kau tidak bisa membuat narasi seperti itu, jadi kau tulis aja seperti biasa.
ARDI
Woi, lu ngerendahin gue?
CITRA
(menjulurkan lidah)
Gak kok, cuman mengatakan fakta kau itu pemula.
ARDI
(kesal tapi mencoba menahan kesal hingga urat di kepalanya kelihatan)
Iye, sepuh.
CITRA
(menunjukkan bagian dialog pada skrip film)
Sekarang dialog, dialog ini ada 3 bagian.
1. Nama karakter, gak usah dijelaskan. Terus yang di samping nama karakter ini adalah petunjuk suaranya. O.S. berarti Off Screen, suaranya ada tapi orangnya gak ada di layar. V.O. berarti Voice Over, suara dalam hati.
2. Parental, nih yang biasanya ada di dalam tanda kurung di bawah nama karakter, mirip arahan karakter gitu.
3. Dialog, gak perlu dijelasin.
ARDI
Metode mengajarnya makin ke sini malah makin ke sana.
CITRA
Berikutnya transisi. Ini gak penting-penting amat, pake aja CUT TO atau DISSOLVE TO. Sama aja.
ARDI
(marah)
Bentar, lu niat ngajar gak sih?
Zaskia melihat Ardi bertengkar dengan Citra membuatnya tersenyum.
CITRA
Ck, dibilangin gak penting.
ARDI
Nenek lu gak penting
DISSOLVE TO