Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
KAU, AKU DAN GELORA REVOLUSI
Suka
Favorit
Bagikan
Chapter #4
Bab 2 1955
Chapter ini masih diperiksa oleh kurator
[1] Awalnya gedung itu bernama Concordia karena didirikan oleh Societeit Concordia - semacam organisasi perkumpulan opsir Belanda - sebagai tempat hiburan dan bersosialisasi. Pada masa itu Gedung Concordia menjadi bangunan paling terkenal di Bandung yang juga dikenal sebagai Paris van Java. Setiap sore dan akhir pekan gedung ini ramai dikunjungi oleh para pemilik perkebunan teh, karet dan kina.-detik.com.

[2] LEKRA merupakan kependekan dari Lembaga Kebudayan Rakyat. LEKRA sering dihubungkan dengan PKI, dan disebut sebagai onderbouwnya. Namun, antara Aidit dengan Njoto ternyata berbeda pendapat, meskipun keduanya merupakan tokoh pendiri LEKRA. Aidit ingin memasukkan atau melebur LEKRA ke dalam PKI, sementara Njoto tetap ingin menjadikan lembaga ini sebagai lembaga terbuka. Di dalam LEKRA bergabung seniman-seniman revolusioner, tapi tak semuanya menjadi anggota PKI. Tapi tetap saja, LEKRA memiliki kedekatan dengan PKI. Lekra didirikan atas inisiatif D.N. Aidit, Nyoto, M.S. Ashar, dan A.S. Dharta pada tanggal 17 Agustus 1950, Lekra mendorong seniman dan penulis untuk mengikuti doktrin realisme sosialis. -tempo.co

[3] Tempat Pemungutan Suara. Pada pemilu 1955, TPS masih sederhana, sebagian besar terbuat dari bilik dan bambu. Bahkan ada TPS yang digelar di lapangan terbuka. (www.grid.id).

[4] Politbiro dari bahasa Rusia politbyuro yang adalah singkatan dari politicheskoye byuro (biro politik). Dalam struktur partai komunis, politbiro adalah dewan pimpinan tertinggi dari partai komunis. Anggotanya hanya sedikit dan mereka yang menentukan arah kebijakan partai (dan negara, untuk negara komunis). Politbiro dan Sekjen dipilih oleh Central Committee (CC), yang anggotanya dipilih dalam Kongres.-quora.com.

‹ SEBELUMNYA
Bab 1 Rawagede
BERIKUTNYA ›
Bab 3 Pak Anwar
Komentar
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar