Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Batak Pride
Suka
Favorit
Bagikan
Chapter #17
Flashback I
1 & 2. Inang dan Amang : Sama seperti inong dan among yang berarti ibu dan ayah. Namun, kebanyakan orang Batak menggunakan panggilan ini untuk mertua agar menjadi pembeda saat memanggil orang tua kandung.
3. Mak Paima : Sebutan atau panggilan yang digunakan untuk orang-orang yang sudah menikah, tapi belum memiliki anak atau masih sedang mengandung. Kata paima berarti menunggu. Konteks yang dimaksud di sini ialah menunggu kehadiran anak.
4. Leleng hian ho! Baen jo kopi i, nga ma uas hian au! : Lama sekali kamu! Buatkan dulu kopi itu, aku sudah sangat haus!
5. Sada : Satu
6. Marmean HP do tong ho, addingan ma i sae!? : Main HP pulaknya kamu, kapanlah itu selesai!?
7. Parsegaima sude! : Rusakkanlah semua!
8. Ndang songoni Mak : Bukan seperti itu Mak
9. Pak Paima : Artinya sama seperti Mak Paima, hanya saja Pak Paima digunakan untuk laki-laki.
10. Paradatan : Acara yang sah secara adat. Misalnya saat melakukan pernikahan. Orang Batak akan melakukan 2 jenis acara, yaitu pemberkatan di gereja, lalu dilanjutkan dengan membuat acara adat di lingkungan masyarakat. Acara ini biasanya memerlukan biaya yang cukup besar.
11. Manjae : Berpisah. Konteksnya di dalam kalimat ialah berpisah rumah/tempat tinggal agar bisa lebih mandiri.
12. Marmotor pe au dohot Bapakmu. Ake Pak Lindung!? : Naik angkutan umum pun aku sama Bapakmu. Iyakan Pak Lindung!?
13. Olo : Iya
14. Pahoppu : Cucu
15. Holan sajam do tu son : Hanya sejamnya ke sini
16. Onan : Pasar tradisional
17. Jalo ma : Terimalah
18. Mi gomak : Mi lidi yang dimasak menggunakan kuah santan. Santan menggunakan bumbu khusus, seperti irisan bunga kecombrang, andaliman, dsb. Biasanya akan ditambahkan potongan sayur seperti wortel dan labu siam. Merupakan salah satu makanan khas suku Batak Toba.
19. Annon male ho, nah! : Nanti lapar kamu, nah!
20. Porsea tu au! : Percaya samaku!
‹ SEBELUMNYA
A Secret
BERIKUTNYA ›
Flashback II
Komentar
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar