1. Cosplayer adalah sebutan untuk orang yang melakukan cosplay. Sementara cosplay adalah sebuah kegiatan di mana seseorang mengenakan kostum, riasan wajah, dan berperan menyerupai karakter fiksi, seperti anime, manga, video game hingga film favorit mereka. Tak hanya tentang berdandan dan berpakaian, cosplay juga melibatkan seni, bakat dan ekspresi diri.
2. Anime adalah animasi asal Jepang yang digambar dengan tangan maupun menggunakan teknologi komputer. Kata anime merupakan singkatan dari animation dalam bahasa Inggris, yang merujuk pada semua jenis animasi. Contohnya Naruto dan Astro Boy.
3. Manga : komik Jepang
4. Senpai dalam bahasa Jepang artinya senior.
5. Singkatan dari merchandise.
6. Wibu adalah istilah untuk menyebut orang yang sangat menyukai budaya Jepang, terutama anime dan manga, melebihi batas wajar, bahkan terkesan terobsesi.
7. Husbu adalah istilah yang digunakan oleh penggemar anime, manga, atau video game Jepang untuk menyebut karakter fiksi yang mereka sukai, sama halnya dengan waifu. Husbu berasal dari kata "husband" berbahasa Inggris yang artinya suami. Sementara waifu berasal dari serapan bahasa Inggris "wife" yang artinya istri.
8. Dakimakura : bantal besar yang bergambar karakter-karakter anime atau video game dari Jepang. Ukurannya biasanya sama seperti ukuran tubuh asli karakternya sehingga bisa dipeluk.