Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Komedi
Bronze
Selebritas RT Sebelas
6
Suka
1,443
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Aku tinggal di Jakarta tapi lebih terasa suasana kampungnya dibanding kota. Seperti halnya nusantara yang terletak strategis di antara dua samudera dan dua benua. Daerah tempat tinggalku, Kampung Agan (bukan nama sebenarnya) terletak di antara dua lokasi strategis, di utaranya Jalan MT. Haryono, sementara di selatan ada komplek perumahan DPR Kalibata. Beberapa ratus meter di belakang rumahku dialiri Sungai Ciliwung, orang di kampungku lebih suka menyebutnya kali dibanding sungai, entahlah mungkin karena sudah menyebabkan banjir berkali-kali? 

Sebagian besar warga di kampung Agan adalah orang Betawi, termasuk diriku. Kini sudah mulai banyak pendatang, didominasi orang Batak, Madura dan Cirebon, mereka menyewa rumah di dekat bantaran kali. Ada lima profesi dari para pendatang yang baru merintis : pemulung, tukang bubur, tukang gorengan, tukang jahit keliling dan asisten rumah tangga. Sementara para pendatang yang berhasil biasanya sudah punya toko kelontong maupun laundry kiloan. 

Oh ya, bisa dibilang hanya warga pendatang yang punya pekerjaan, kami warga asli menganggap nongkrong adalah pekerjaan adiluhung yang harus dilestarikan. Jika pun bekerja kebanyakan adalah ojek dan makelar alias calo. Untunglah Bapakku, meski Betawi asli, rela menjual tanah untukku kuliah. Hingga kini aku jadi spesies yang lumayan langka, Betawi yang kerja kantoran.  

Kampung Agan terbagi 11 Rukun Tetangga (RT), dengan RT 1 sampai 5 dekat komplek perumahan DPR, ...

Baca cerita ini lebih lanjut?
Rp3,000
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
@nadyawijanarko : Betul, tahun itu awal mula kampungku langganan banjir, setelah sebelumnya cuma tiap 5 tahun sekali.. :p Thx.
banjir tahun 2007 ... astagaaaa ... saya juga mengalami itu. 🤣🤣🤣 menarik kisahnya. rame. nano-nano. pendeskripsiannya sangat asyik.
Rekomendasi dari Komedi
Cerpen
Bronze
Selebritas RT Sebelas
hidayatullah
Flash
Bronze
06:10
Sunarti
Flash
Minuman itu Bernama Pembersih Lantai
Rahmi Susan
Flash
AROMA
KOJI
Cerpen
Tetangga Selebrita
Hilmiatu Zahra
Cerpen
Lestari Pedagang
Aviskha izzatun Noilufar
Flash
Bronze
Truth or Dare
Nawala G.
Komik
Ubi Depresi
nanda putri diasshifatul karimah
Cerpen
Gadai Emas Bonus Cerita
Malichatus Sa'diyah
Flash
Dua Karet
catzlinktristan
Flash
Android vs Apple
Kiko
Komik
KOMIK JERAWAT
moris avisena
Flash
Buahwacana
angel
Komik
Bronze
Petualangan Athan dan Detektif Mammo
Andy widiatma
Komik
Kafe Kafe
Areshin
Rekomendasi
Cerpen
Bronze
Selebritas RT Sebelas
hidayatullah
Cerpen
Memulung Murung
hidayatullah
Novel
Bronze
Catatan Harian Para Pembohong
hidayatullah
Cerpen
Bronze
Bos 100 Dolar
hidayatullah
Cerpen
Auditor dari Akhirat
hidayatullah
Flash
Bronze
Antagonis Menggugat
hidayatullah
Flash
Tokek
hidayatullah
Skrip Film
Tutorial Patah Hati
hidayatullah
Skrip Film
Pesugihan Putih
hidayatullah