Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Romantis
Bronze
Letter in October.
0
Suka
507
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Hembusan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan raga membuat orang-orang yang berkumpul di depan sebuah warung makan sederhana tampak betah berlama-lama. Mereka duduk di satu tempat yang sama sembari dengan fokus mendengarkan berita terkini mengenai gembar-gembor pemerintah pusat untuk menggulingkan kekuatan organisasi berpaham kiri dari negara Indonesia.

Seorang ibu yang tengah membersihkan mangkuk pun tampak begitu fokus mendengarkan hingga keningnya yang halus terlihat berkerut. Bapak-bapak yang tengah duduk berkumpul sembari menyesap secangkir kopi pun ikut mengerutkan kening saat berita dari radio itu sampai ke telinga mereka.

"Sejak proses pengangkatan mayat-mayat jenderal besar itu ramai diperbincangkan, orang-orang mulai semakin berani dan gencar untuk membasmi komunis."

Tiga orang bapak-bapak yang mendengar opini rekan mereka itu mengangguk tegas yang menandakan bahwa mereka sepaham dengan pendapat pria bercelana hitam dengan sarung coklat tersampir di pundak kirinya itu.

"Itu tragedi naas yang menyisakan duka mendalam. Ternyata benar ada saudara kita sendiri yang tega melakukan itu pada jenderal besar yang sudah berjasa besar bagi negara."

"Bukankah mereka yang seperti itu sama saja dengan penjajah? Lalu apa arti merdeka jika masih ada oknum berani bertindak di bawah payung ideologi yang tak sesuai Pancasila seperti Cakrabirawa? Dunia memang sudah gila."

Helaan napas salah seorang pria yang memakai kopyah hitam membuat rekan-rekannya turut merasa lesu seketika.

Sebagai negara yang belum terlalu lama merasakan kemerdekaan, peristiwa yang disebut oleh Soeharto sebagai gerakan 30 September yang didalangi oleh PKI membuat luka dalam hati rakyat Indonesia seperti tersiram garam. Belum selesai duka akan penjajahan dar...

Baca cerita ini lebih lanjut?
Rp1,000
Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Romantis
Cerpen
Bronze
Letter in October.
Adelia Indah Junianti
Novel
Dear my Love, it is a Great Frightful Felicity
Ovianra
Novel
Why Fall in Love?
AkuOsa
Novel
Bronze
Gho(st)alker
Snow Write
Novel
Midwife Love Story
Rosalina Vega
Novel
Gold
Surat Cinta Tanpa Nama
Bentang Pustaka
Novel
Bronze
Bunga Abu-Abu
Dhea Dusak
Novel
Bronze
DI kejar Dosa Masa Lalu
Pricilia Zhany
Flash
Curahan Hati Penulis Gagal
Luca Scofish
Novel
I'm Not Main Character
Adam Maulana Hasan
Komik
Bronze
you sweet potato [hiatus]
yanagi kaichu
Novel
Sang Idola
kartika wulandari
Novel
Pantas
bloomingssy
Novel
Antara Alif dan Hamzah
Imroatul Mufidah
Novel
Bronze
A3
Desti faujiah
Rekomendasi
Cerpen
Bronze
Letter in October.
Adelia Indah Junianti