Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Slice of Life
Jawaban Tuhan
0
Suka
491
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Jawaban Tuhan

Selama apapun Nono memperhatikan layar monokrom ponselnya, bilangan-bilangan rupiah itu tidak akan berubah. Malahan, makin ia memeloti deretan angka itu, kepalanya makin melayang tidak karuan. Perutnya yang kerontang berbunyi lagi untuk kesekian kalinya. Telapak tangannya berkeringat, tanda kecemasan juga sedang mengerubungi pikirannya. Namun, Nono tetap saja menatap layar ponselnya. Satu menit, dua menit, hingga lima belas menit lamanya. Layar monokrom yang sekarang sudah gelap itu tidak menampilkan apapun. “Kalau Amak gak balas SMS, biasanya berarti memang gak ada uang,” lirihnya seraya merebahkan diri di kasur tanpa dipan.

Di kamar kos-kosan seluas 3x3 ini, Nono kemudian memejamkan matanya. Bukan tertidur. Dia tengah memikirkan strategi terbaik untuk menghadapi fase akhir bulan paling krusial dalam kehidupan akademisnya. Berpikir keras sembari memejamkan mata dalam keadaan perut keroncongan memang sulit dilakukan. Alih-alih mendapatkan pencerahan, dia malah teringat hutang-hutangnya yang terdahulu. “Ah, tidak mungkin lah aku pinjam lagi kepada si Asep,” gerutunya kepada diri sendiri. Kali ini Nono duduk bersandar di dinding.

Nono lantas kembali meraih ponselnya. Dia membuka dan mengulir daftar SMS. Mengira-ngira siapa teman yang akan berbaik hati meminjamkannya uang. Tidak ada. Hampir semua orang di kelasnya pernah ia pinta. Guliran SMS-nya justru kembali kepada pesan teks yang di awal ia kutuk dan maki-maki. “Jangan lupa teman-teman Kriya Seni, besok pagi sebelum kuliah pertama untuk mengumpulkan uang bahan fotokopian ke kajur. Bahan ujian hari Jumat diambil dari sana.” Melihat pesan tersebut, pikiran Nono makin butek.

Suara pintu berderit terdengar di luar kamar, menandakan tetangga kamarnya telah pulang dari tempat kerjanya. Sebersit gagasan lalu menguar dari kepalanya. Ah, kenapa tidak aku coba pinjam saja ke Mas Yunus, pikirnya. Namun, baru juga ia bangkit, gagasan itu segera ditepisnya jauh-jauh. Harusnya ia tahu diri. Jangankan meminjam uang, sekedar ngobrol dengan tetangga-tetangga kamar saja, orang itu hampir tidak pernah. Paling banter cuma menganggukkan kepala dan tidak pernah berbasa-basi barang sedikit pun. Walhasil, Nono kembali terduduk di lantainya.

Sekarang matanya beredar ke seluruh penjuru bilik. Siapa tahu ada barang yang mungkin cukup berharga untuk ia gadai atau loakkan. Akan tetapi, satu-satunya barang berharga miliknya hanyalah laptop usang dan sebuah gitar ukulele jadul pemberian almarhum Bapak. Dia tidak mungkin juga menjual poster-poster pemain sepak bola yang terpampang di dinding karena sudah robek di sana sini atau sepatu bola bututnya yang sudah kehilangan sebagian pull karena terlalu sering dipakai. Nono baru sadar bahwa saking sedikitnya barang yang ia punya, barang-barang di kamar kos-kosan itu akan muat dalam satu tas ransel ukuran sedang saja.

Sudah hampir dua tahun dirinya menempati bilik kos-kosan sederhana di Jalan Cisitu ini. Selama itu pula, setiap akhir bulan Nono selalu saja deg-degan, terutama ketika mendekati tanggal jatuh tempo. Maklum, uang kiriman Amak dari hasil berkebun lebih sering telat daripada tepat waktu. Jika sudah begitu, Nono hanya bisa berharap dari upah mengerjakan makalah beberapa kawannya, yang kadang terlampau malas untuk belajar. Percis seperti perkataan Albert Einstein “Di tengah kesulitan terdapat kesempatan.”

Namun, kesulitan kali ini sepertinya sama sekali tidak menyisakan kesempatan baginya untuk membela diri. Ada tiga modul yang harus difotokopi sebagai bahan ujian akhir minggu ini, padahal uang yang ia pegang sekarang hanya cukup untuk makan saja. Jika ia menghabiskan semuanya untuk membeli modul, Nono tahu percis pada hari Sabtu dan Minggu ia mesti akan berpuasa. Amak biasanya baru mempunyai uang di tanggal 1 karena itu adalah hari gajian Kakak sulungnya, yang nanti diganti dengan hasil penjualan kebun.

Nono mendesah panjang. Dia menoleh ke sebuah cermin berbingkai plastik yang tergantung di sampingnya. Cermin itu memantulkan wajah kusam dan masygul yang sering tersengat matahari. Meskipun hidungnya cukup tinggi karena keturunan Amak, yang memiliki darah orang-orang Yaman, tirus tulang pipinya yang menonjol dan leher yang panjang itu mencirikan betapa jauhnya ia dengan kemakmuran. Nono tertunduk, lemas karena lapar sekaligus galau. Emosinya mulai menyalahkan tekad-tekadnya terdahulu yang ngotot ingin pergi ke Bandung untuk melanjutkan sekolah.

Teringatlah Nono pada perkataan sang Kakak bahwa meskipun ia bisa gratis kuliah di Bandung, Amak tidak akan punya cukup uang untuk membiayai makan dan tidur di sana. “Kontrakan dan makanmu memangnya dibayar pakai daun! Hidup kita di sini pun sudah kembang-kempis. Janganlah kau tambah membebani.” Kata-kata itu masih terngiang jelas di memorinya. Namun, alih-alih tahu diri, Nono malah menantang. Dengan lantang, ia mengaku tidak akan meminta uang sepeser pun kepada Amak dan Kakaknya itu. “Ambo akan mencari uang sendiri Kak, Mak,” tegasnya saat itu. Ketegasan yang cuma menjadi istana pasir di bibir pantai. Hilang tersaput lautan permasalahan.

Antara 10–15 menit, Nono sempat terkulai tertidur dalam kegelisahan. Dia tidak sempat bermimpi karena telinganya mendengar panggilan salat dari masjid di ujung jalan.. Nono tergagap teringat akan Tuhannya. Ah, iya jangan-jangan kesusahanku di rantau sekarang ini akibat lalainya aku melaksanakan kewajiban, begitulah batinnya menasihati. Nono lantas bangkit dengan sedikit terhuyung. Dia sempat meneguk segelas air untuk membasuh kerongkongannya yang kering dan lambungnya yang perih sebelum mengambil sarung di lemari.

Di masjid, orang-orang sudah ramai bersiap menjalankan salat asar. Nono datang tepat ketika imam mengucapkan takbir untuk memulai rakaat pertama. Dia mengambil saf paling belakang bersama tiga orang makmum lainnya. Mungkin memang benar adanya, ucapan tentang betapa manusia bisa jauh lebih khusyuk tatkala dihimpit kesulitan. Tidak pernah Nono merasakan betapa jernihnya bacaan imam salat sebagaimana kali ini dia merasakannya. Setiap ayat terasa menghentak ke dalam sanubari dan mengingatkan dirinya pada dosa-dosa kecil yang dahulu ia perbuat. Setiap takbir mengingatkan dirinya pada kemalasan-kemalasan Nono untuk mendirikan salat atau berpuasa di bulan yang wajib. Dan sekarang dia tanpa rasa malu menghadapkan wajahnya kepada Tuhan untuk meminta pertolongan. Sungguh, Nono tidak bisa menahan lelehan air mata yang mengalir dan hanya sanggup menahan isakannya agar tidak terdengar.

Selepas salam, Nono tidak langsung berhambur ke luar, tetapi memilih untuk memperpanjang munajat dan salawat. Dia mengingat kembali hafalan-hafalan tasbih pembuka pintu rezeki dan pelancar hafalan untuk belajar. Amalan-amalan yang dahulu ia gunakan secara rutin agar bisa lulus ujian masuk kuliah melalui program Bidik Misi. Satu per satu jamaah meninggalkan masjid mewah berlantai marmer tersebut. Masjid makin lengang dan Nono pun makin terlarut dalam wiridnya. Hatinya kukuh memohon bantuan dari Yang Maha Kuasa. Dia menawarkan janji kepada Tuhan bahwa jika Dia menolongnya kali ini, tiada satu hari pun akan terlewati melainkan salatnya akan ditunaikan.

Hingga jam masjid berdenting, Nono akhirnya membuka mata. Sudah dia pasrahkan masalah uang dan perutnya yang kelaparan kepada Yang Maha Kuasa. Apapun keputusan-Nya, dia sudah siap. Setelah mengecup lantai tempatnya bersujud, Nono bangkit dengan perasaan yang lebih ringan. Dia melihat seluruh jamaah telah pergi dari dalam ruangan. Tidak ada seorang pun, bahkan marbut yang biasanya selalu berjaga di sudut mesjid, tampaknya hilang entah ke mana. Hanya ada sebuah kotak amal transparan yang berisi cukup banyak uang infak di sana. Terbuka dan tidak terkunci.

Waktu seperti membeku, kesenyapan seakan menyelubungi seluruh bagian masjid, dan semua tirai serta pintu bagai tertutup bagi orang-orang di luar. Hanya satu sudut itu yang terbuka, itu pun hanya bagi mata Nono seorang. Ah, apalah ambo ini. Masa iya Tuhan menolongku dengan cara seperti ini? Ucapnya dalam hati. Sanubari itu tidak menjawabnya kembali, bergeming dan memuntahkan keraguan pada dirinya sendiri. “Iya kan? Tuhan? Iya kan?” lirih Nono.

Dengan langkah yang ragu, Nono berjalan ke arah pintu. Dia menggelengkan kepala dan tersenyum sinis kepada dirinya sendiri. Merutuki pikiran keji yang tadi melintas di benaknya. “Nono … Nono … tolol ambo kalau berpikir begitu,” lirihnya lagi. Namun, langkah-langkah itu justru makin melambat sampai betul-betul berhenti di muka pintu. Jantungnya berdegup berkali-kali lebih kencang dan keringatnya menetes lebih deras. Nono bimbang melihat dari jarak sedemikian dekat bahwa kotak amal itu berisikan lembaran-lembaran merah dan biru tanpa ada penutup di atasnya. Tidak terkunci. Si marbut pasti lupa menutupnya kembali, begitulah dugaannya, meskipun sesungguhnya ia tidak peduli dengan apapun alasan dibalik hal tersebut.

Yang Nono pedulikan sekarang adalah keberadaan orang-orang. SIapa pun tolong munculah! begitu permohonan itu ia utarakan, tetapi dengan harap-harap cemas. Ditengoknya ke belakang, mimbar dan mihrab, kosong; dilihatnya ke serambi, juga sepi; Tuhan?! … Inikah jawaban-Mu? Nono menyeret kakinya perlahan ke arah kotak amal. Makin dekat, makin gelisah terasa. Satu langkah di hadapan kotak itu, dia terpaku. Tatkala telinganya memastikan bahwa tidak ada langkah manusia yang berderap maka ia berjongkok. Nono menelan ludahnya melihat gunukan uang itu tergeletak begitu saja.

Sementara tangannya meraup serampangan uang dari dalam kotak, Nono mengedarkan pandangannya ke seluruh penjuru ruangan. Baru saja ia memasukkan lembaran itu ke sakunya ketika derap sandal dari serambi depan kian terdengar. Panik! Nono mengeluarkan dan memasukkan lagi duit di sakunya kembali ke dalam kotak. Matanya tertumbuk pada sebuah penutup dari mika yang pastilah penutup kotak amal tersebut. Dia menutupnya dengan segera lantas berdiri menjauh.

Ketika Nono keluar dan berucap salam, sang marbut, yang baru saja datang, menjawab salamnya sambil terheran-heran. Ia tidak menyangka masih ada orang karena waktu asar sudah lewat jauh dan magrib masih lama. Namun, Nono tidak memberikan kesempatan untuk sebuah percakapan karena dirinya sendiri sudah begitu gemetar, entah karena ketakutan atau kelaparan. Dia menyunggingkan senyum lantas pergi.

Di sebuah belokan, di samping rumah makan padang. Nono kehabisan tenaganya. Dia bersandar di sebuah tiang listrik di depan rumah makan padang seraya mengamati angin musim kemarau yang mengarak awan-awan di kejauhan. Langit sekarang sudah menjingga keemasan. Lantunan salawat dari masjid ujung jalan pun telah membahana tanda marbut tadi tidak memperkarakan atau mungkin tidak tahu ada perkara apa yang terjadi selama ia belum datang. Satu-satunya perkara yang Nono kini hadapi hanyalah perut yang keroncongan.

 Kemudian, dia merasa ada sesuatu yang mengganjal di kantong bagian dalam. Nono merogohnya perlahan. Selembar uang 20 ribu itu pastilah tertinggal karena tadi terburu-buru mengembalikan gumpalan uang lainnya. Lama sekali dia memandanginya dengan bimbang hingga seorang penjaga warung mendekat dan menanyakan menu yang hendak ia pesan. Nono menengadah ke arah langit. “Saya makan di dalam saja Da,” pungkasnya kepada penjaga warung.

Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Slice of Life
Cerpen
Jawaban Tuhan
spacekantor
Cerpen
Dendam Sofia
hyu
Cerpen
Kompas
Hai Ra
Cerpen
Bronze
Mat Tabik
Bonari Nabonenar
Cerpen
Keseharian Yang Begitu Biasa
arkanaka
Cerpen
Menulis Haiku
Rafael Yanuar
Cerpen
Bronze
Kembalikan Senyum Ibu
Anggrek Handayani
Cerpen
Kamu Sudah Dicus
Mambaul Athiyah
Cerpen
Narasi Perempuan
Meilisa Dwi Ervinda
Cerpen
Refleksi
rdsinta
Cerpen
Bronze
Pendidikan Negeri Sipili (Bag-2)
spacekantor
Cerpen
HALTE
Billy Yapananda Samudra
Cerpen
Bronze
Persetan
Yuli Harahap
Cerpen
Ssstttt..Jangan Berisik!!!
Khairaniiii savira
Cerpen
Kalung Ini Ruby Pinjam
Rizky Siregar
Rekomendasi
Cerpen
Jawaban Tuhan
spacekantor
Cerpen
Bronze
Pendidikan Negeri Sipili (Bag-2)
spacekantor
Cerpen
Bronze
Si Pendidikan Negeri Sipil Bag-1
spacekantor
Cerpen
Bronze
Mandi Lumpur
spacekantor
Novel
Mimpi Buruk Ayub
spacekantor
Cerpen
Bronze
Pahlawan Negeri Sipil
spacekantor
Cerpen
Bronze
Pagar Depan Rumah
spacekantor
Cerpen
Bronze
Pemimpin Negeri Sipil
spacekantor
Cerpen
Bronze
Peneliti Negeri Sipil
spacekantor
Cerpen
Bronze
Balada Tes CPNS
spacekantor
Cerpen
Bronze
Menunggu Petang
spacekantor
Cerpen
Bronze
HRD Negeri Sipil
spacekantor
Cerpen
Bronze
Galau Mutasi Sang Peneliti
spacekantor
Cerpen
Bronze
Kerja, Kerja, Dikerjain
spacekantor