Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Horor
INDIGONIZATION
0
Suka
26
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

INDIGONIZATION

Penulis Teguh Santoso

Sosok teman yang selalu memusuhiku waktu sekolah dulu, tiba-tiba masuk kedalam mimpiku berkali-kali. Aku sudah tidak pernah memikirkannya lama sekali. Bahkan melupakan tentang dia. Herannya, dia membangkitkan kebiasaanku sleep walking.

“Kamu mesti terapi lagi, sleep walking mu kambuh lagi” nasehat ibuku sewaktu lagi sarapan dan aku hanya mengiyakan sembari siap-siap berangkat kerja.

“Kamu sering bicara dengan Maya tiap malam”

“Iya Bu nanti Nur atur buat terapi lagi. Bisa kesiangan nih Bu”

Kalau orang jawa bilang ini kamiweruhen. Suka nampak tiba-tiba sosok Maya dalam keseharianku belakangan ini. Teman SMP sewaktu di kampung dulu. Seingatku dia sangat membenciku. Pernah memasukkan ular ke dalam tasku. Mengempeskan ban sepedaku berkali- kali. Menyembunyikan sepatuku. Membawa buku pelajaranku tanpa ijin. Banyaklah. Kenapa tiba-tiba dia masuk dalam kehidupanku. Siapapun yang ku lihat sekilas yang kulihat Maya. Pernah aku ngigau ketiduran di Kereta Api Listrik , ku teriak menyebut namanya.

Sore itu sebelum pulang dari kantor, whatsapps grup SMP ada pesan masuk. Kubuka. Tertulis dari Dina ketua kelas dulu di SMP; Teman-teman yang pulang kampung ke Semarang jangan lupa tengokin Maya, sudah sebulan lebih Maya kesurupan belum sembuh-sembuh. Semua teman di grup tahu aku tidak bakal komentar apapun menyangkut tentang Maya. Bukan aku benci. Aku cuma tidak mau berurusan sama dia lagi.

Berkali-kali aku beusaha menghilangkan kehadiran sosok Maya dalam benakku. Namun bertubi- tubi flashes memori perilaku buruknya itu sungguh menghantuiku. Di setiap langkahku semakin jelas sosok dia itu muncul. Ojeg on line yang membawaku pulang ke rumah itu juga namanya Maya. Cara ngomongnya pleketiplek mirip dengan Maya itu. Judes sok manis.

Begitu turun Ojol itu, aku masih disekelilingi Maya, Maya, Maya yang lain. Ibu warung yang selalu sapa baru pulang Non, itu juga wajahnya Maya. Mbak-mbak londry kiloan tumben- tumbennya negur dengan senyuman Maya. Poster-poster iklan kecantikan berubah jadi wajah Maya. Penyiar berita di TV pos kampling juga berubah Maya. Wallpaper handphoneku yang berdua ibuku berubah berdua dengan Maya.

“Heh, Nur, jangan melamun. Dicari Bu Maya tuh”

Aku cuma bengong berhadapan dengan Isti yang berangsur-angsur berubah jadi Maya “Bu Maya siapa?”

“Bu RT kita Nur, kan namanya Mayangsari panggilannya Bu Maya. Masa gak tahu”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 1

Mataku terkeriap dari siuman. Sadar-sadar sudah di tempat tidur kamarku. Maya menyodorkan teh hangat pahit kesukaanku. Ku minum beberapa teguk. Dengan masih kebingungan sedikit. Ku patut diriku mengoreksi jiwaku yang masih kamiweruhen Maya.

“Kamu tadi pingsan di jalan. Dibawa orang-orang kemari. Isti yang nganterin kesini” ungkap Ibuku dengan suara khasnya.

Oh suara lembut itu pasti benar ibuku. Tenyata Mbak Isti tukang pijit langgananku itu yang menolongku. Aku masih belum punya bahan omongan. Masih mengingat-ingat sesuatu.

“Kamu kenapa?” tanya ibuku

“Gak apa-apa Bu, mungkin cuma kecapean”

Aku rebahan lagi. Ibuku menyelimutinya. Kudengar ibuku menutup pintu kamarku. Mata lelahku menggiring kantuk ke alam tidurku. Sketsa-sketsa mimpi mulai kulalui. Dalam mimpi itu aku berusaha menghindari Maya. Aku justru bermimpi bertemu dengan berbagai binatang. Bertemu dengan semut yang terpeleset dan jatuh ke air, maka kuangkat dia kutepikan ke daratan. Bertemu dengan itik yang tersesat, maka ku ambil dia kususulkan dengan induknya. Kemudian aku melihat batu-batu berserakan di jalanan, maka kusingkirkan semua batu itu. Akhirnya aku melihat seorang Nenek yang bertanya tentang rumahnya. Aku tidak tahu rumah Nenek itu. Dan Nenek itu berkata maukah kau membantu mencari rumahku? Maka ku iringi Nenek itu berjalan menuju rumahnya. Entah dimana rumahnya kami hanya terus berjalan. Nenek itu kurus semampai berkebaya. Sekalipun kerut wajahnya merata dari bentuk parasnya pasti dulu dia cantik. Selama berjalan dia selalu membagi senyumnya kearahku. Ketika kami istirahat di sebuah mata air. Nenek itu memintaku mengambilkan air untuk diminumnya. Aku katupkan kedua tanganku menampung air yang mengalir dari mata air itu. Begitu aku membalikkan badan, Nenek itu sudah tidak ada.

Aku terus berjalan mencari-carinya. Sambil terus terkatup kedua tanganku menahan air. Sampai kakiku terkelit. Air itu menciprat ke wajahku. Aku pun terkaget dan membuka muka. Tubuhku tersender di gapura kampung yang tidak asing bagiku. Gapura harimau yang selalu ku hindari setiap pulang sekolah. Di ujung kampung itu, pasti rumah Maya. Masih mimpikah aku selarut malam begini tiba di kampung rumahnya Maya. Jangan-jangan sleep walkingku menembus dimensi gaib seperti analisa Pamanku yang supranatural itu. Dia yakin suatu saat sleep walking ku menimbulkan kelebihan yang tidak diduga. Aku membalik badan ingin meninggalkan kampung itu. Nenek yang tadi muncul lagi dihadapanku.

“Itu rumahku Nak, ayo antar Nenek kesana,” ujar Nenek itu sambil menunjuk ke rumah Maya

“Kadang kita harus melupakan perbuatan buruk manusia terhadap kita apabila manusia itu butuh pertolongan kita. Perbuatan buruk manusia itu hanyalah bisikan kedengkian dari setan”

“Kenapa harus aku Nek ?”

“Siapapun kamu itu berarti yang ditunjuk untuk membantunya” “Aku tidak bisa apa-apa Nek, aku cuma wanita biasa”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 2

“Nanti kamu akan tahu kalau kamu tulus membantunya”

Di depan rumah Maya, Nenek itu memberi kode supaya aku mengetuknya. Aku masih ragu melakukannya. Sejenak berfikir kesekian lagi. Benarkah yang akan ku lakukan ini. Akhirnya ku ketuk juga. Pintu kayu rumah kuno itu terbuat dari jati murni. Temboknya yang putih tinggi juga masih terasa kokoh bangunan itu. Hanya saja sudah mulai kusam disana-sini. Beberapa kali ku ketuk pintu itu mulai terdengar suara-suara langkah orang menuju ke pintu.

“Siapa ya?” suara seorang perempuan bertanya dari dalam rumah “Saya Nuraini, temennya Maya dulu”

Kunci pintu terdengar dibuka. Aku mematut diri. Sosok ibu yang baru bangun itu membukakan pintu dengan terus mamandangi aku. Blues dan rok yang ku pakai bekas kerja masih ku kenakan.

“Nur? Ya ampun malam-malam begini datang dari Jakarta?”

“Eh saya kesini...” ku toleh ke belakangku Nenek itu sudah tidak ada

“Eh dapat kabar dari teman-teman tentang Maya”

“Ayo masuk dulu Nur.. sini masuk... duduk sini ... ibu bikinin teh hangat dulu ya”

Ibunya Maya menggandengku masuk ke ruang tamu yang masih tampak seperti dulu. Mempersilahkan aku duduk di ruang itu. Kursi dan meja rotan kuno masih di posisi sama seperti dulu. Setidaknya sama dengan ingatanku terakhir kali aku ke rumah Maya waktu dia sakit.

Si Ibu buru-buru menghambur ke dapur. Dan brakkk... brakkk.. brakkk... terdengar suara yang cukup keras dari gudang. Keingintahuanku terbesit. Membuatku berdiri dari tempat dulu. Tak lama Bapaknya Maya keluar dari kamar.

“Eh Nur” tegur Bapaknya, “Tunggu sebentar ya” “Itu suara apa Pak?”

“Biasa, mungkin minta kembang melati lagi”

Bapaknya membuka bungkusan kembang melati ditaruh ke bokor alumunium dan dibawanya ke arah gudang. Aku mengikutinya tanpa ijin. Si bapak membuka gembok gudang itu. Pintu gudang yang besar itu dibukanya. Sosok gadis terpasung dengan rambut acak-acakan dan tangan dirantai itu pasti Maya. Sekalipun rambutnya yang morat-marit menutupi wajahnya, masih ku kenali sosok itu. Si Bapak bergegas mau menyuapi kembang melati itu ke mulut Maya. Tapi disemburkannya.

“Mau apa kamu kemari?” yang keluar dari mulut Maya suara laki-laki tua yang serak tapi lantang.

“Saya kesini mau ketemu Maya” “Maya milikku”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 3

“Kamu tidak berhak punya Maya”

“Aku tahu semua rahasiamu sama Maya...”

“Saya tidak punya rahasia apa-apa sama Maya”

“Kenapa kamu kesini bawa Sekar Melati”

“Siapa Sekar Melati?”

“Kamu belum mengenal Nenek yang membawamu kemari?”

“Nenek?”

“Sekar Melati kamu jangan ikut campur... Minggir kamu... buat apa kamu bawa boneka mungilmu ini”

Zzzzreeepphh.. Aku terhempas berpudar dalam kisi-kisi partikel udara dan cahaya menembus dimensi yang baru sama sekali ku alami. Yang ku rasakan hanya cahaya di udara yang mengapung. Ringan tanpa beban. Seakan-akan aku bisa terbang. Di sekitarku seperti halusinasi uap panas dengan membentuk berupa-rupa wajah seram. Dan dihadapanku uap panas halusinasi itu perlahan mewujud sosok raksasa bermuka jelek dan bertaring. Apakah ini yang namanya dimensi alam gaib?

“Disuruh apa kamu sama Sekar Melati?”

“Saya mau ketemu Maya... dimana dia?”

“Buat apa kamu temui gadis yang sudah tidak punya rasa takut” “Saya tidak peduli...”

“Maya tidak suka sama kamu dari dulu, dan kamu tahu itu” “Maya tetap temanku!”

Aku tidak tahu tiba-tiba aku bisa berubah membela Maya. Mungkin pengaruh Nenek Sekar Melati itu. Semua yang kuucapkan spontan keluar dari mulutku. Atau ini dorongan Nenek itu yang mempengaruhi dengan caranya sendiri. Aku tidak tahu. Yang ada rasa pembelaan dari jiwaku untuk merebut Maya sungguh kuat.

“Kamu pasti akan menyesal kalau sampai Maya kubebaskan”

“Aku tidak akan menyesal”

“Maya lah yang dulu membunuh Bapakmu”

“Bohong, saya tidak mau percaya sama iblis seperti kalian”

“Kamu sama Maya anak sekandung dari benih Bapak yang sama. Bapakmu dulu selingkuh. Sebelum ketahuan sudah berpisah. Karena suaminya yang sah pulang.”

“Aku tidak mau dengar hasutan dari kamu. Semua perkataanmu bohong”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 4

“Kalau yang aku katakan menurutmu kebohongan. Tahu dari mana kamu tentang riwayat kelahiranmu? Kamu tidak pernah tahu yang sebenarnya. Karena manusia itu tukang sulap sejarah. Sampai tega harus mengelabui sejarah hitam hidupnya. Manusia tidak mau terbongkar kebodohannya, padahal dia dungu. Manusia tidak mau aibnya menyebar dimana-mana tapi dia raja aib untuk dirinya sendiri. Harusnya Tuhan jijik sama manusia.”

“Tidak perlu banyak ceramah kamu. Kembalikan Maya... Kalau tidak...”

Tubuhku seketika dalam cengkraman tangan raksasa itu.

“Kalau tidak mau apa kamu monyet kecil”

Tapi dengan reflek tubuhku dilepaskannya seperti terkena getaran listrik yang mengeluarkan kilat dari tubuhku.

“Kalau bukan Sekar Melati yang membetengimu sudah aku lumatkan kamu. Dasar gadis congkak”

“Mana Maya, cepat kembalikan dia”

“Dimana-mana yang namanya wanita pasti cerewet. Ngegas terus. Benar jadi salah. Salah apalagi.”

Plakk.. tiba-tiba muncul tangan berupa godam menampar wajah raksasa itu. Dan sekejap hilang lagi. Raksasa bengis itu manyun.

“Sorry Biyung, aku tidak bermaksud menyinggungmu. Ini lagi ngomongi manusia. Tuhan pilih kasih sama kita dari dulu. Biyung tidak usah ikut-ikut deh”

“Heh, mana Maya?”

“Hah heh hah heh... namaku Ifrit penguasa daratan. Baru kali ini ketemu bocah sekutil tidak takut sama Ifrit... Kalau kamu mau minta Maya ada syaratnya”

“Bullshit, kembalikan Maya sekarang!”

Asap bergemuruh penuh percikan uap yang memanas. Bergelombang-gelombang saling silang seperti sedang marah. Dari salah satu sudut asap tebal itu muncul wanita berkebaya dengan sepatu hak tinggi. Dia tersenyum kearahku

“Ibu?”

Tangan Ifrit langsung menyambarnya. Mencengkramnya dengan bengis. Dan hendak memakannya.

“Jangan... Jangan makan ibuku... baiklah apa mau kamu tapi lepaskan ibuku...”

Terdengar di telinga Nur berbisik; itu bukan ibumu.. dia mengelabuimu... kujawab dengan

bergumam; aku percaya dengan yang aku lihat dulu, urusan itu nanti kupikirkan “Apa mau kamu Ifrit?”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 5

Ifrit melepaskan ibuku dan membiarkan kembali menyeruak gelombang-gelombang asap yang mengepul memanas itu hingga menghilang disana.

“Tolong doakan pada Tuhanmu supaya kaum kami yang setia menggoda manusia ini diampuni. Karena kami semakin takut akan tabiat manusia. Kami hanya menggoda cuma sedikit.kit. Secuwil wil bisikan kami. Kami merasa hanya membisikkan emosinya, kalutkan pikirannya dan risaukan hatinya supaya mabok-mabokan, membunuh, dendam, saling membenci, saling berselisih, korupsi, suap menyuap, perceraian, jual diri, judi, zina, narkoba, sok kuasa, pokoknya semua itu hanya kompori saja, tapi yang bikin kebakaran manusia sendiri. Kemampuan setanik manusia sekarang lebih dahsyat dari sekedar bisikan. Memang cita-cita kami supaya manusia meninggalkan Tuhan dan masuk neraka bersama kami. Tapi manusia sudah kelewatan. Hanya sedikit kami hasut mereka sudah sangat bebas menikmati dunia dengan segala hawa nafsunya. Apalagi sejak tanah ini merdeka. Tidak ada yang ditakuti manusia. Ingin bertindak apa saja bisa. Setiap individu manusia semakin semena-mena. Apa saja diterjang. Sekalipun itu merugikan makhluk lain atau bahkan merugikan sesama manusia. Mereka pikir di alam bebas merdeka ini Tuhan tutup mata. Uang sudah jadi berhala. Kalau sudah begitu benarkah manusia sudah merdeka? Atau manusia lebih suka merasa merdeka. Padahal jiwa merea lebih nyaman dijajah iblis seperti kami yang menemaninya dengan kesenangan-kesenangan dunia? Tapi mereka akan diampun kalau bertobat. Kami ingin bertobat kenapa kami tidak punya kata terlambat. Adakah tobat bagi kaum kami. Kami ingin merdeka seperti manusia. Memiliki kebebasan tapi bisa dimaafkan bila bertobat”

“Kenapa kamu tidak minta sendiri sama Tuhan?” “Karena yang bisa berdoa hanya manusia yang didengar” “Kenapa baru sekarang kamu kepikiran tobat”

“Karena manusia semakin lebih setan daripada setan” “Mengada-ada kamu”

“Seperti dosa-dosa Maya. Setelah tahu sejarah hitamnya dia semakin menggila. Awalnya hanya kepepet urusan duit. Tapi tidak mau kerja dapat duit sedikit. Inginnya sekali kerja duitnya melangit. Sejak dia jual diri semua serba kecukupan. Banyak yang membooking dia.Sampai akhirnya malas bekerja. Manusia seperti itu bisa hidup dari dosa. Pada akhirnya dosa menggiringnya menemukan kalau ibunya pernah selingkuh dengan Bapakmu. Tidak tahan hatinya. Dia jebak Bapakmu yang suka perempuan itu dan dia racuni di hotel. Dan meninggal di rumahmu. Sudahkah dia bertobat Nur? Tahukah kamu dosa-dosa orang tuamu?”

“Bohong. Dasar pembohong kamu..saya tidak mau dengar”

“Kamu masih ingin membebaskan teman atau saudara sebapak yang telah membunuh bapak kandung kalian sendiri?”

“Saya tidak mau dengar kamu soal itu lagi. Saya hanya minta Maya”

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 6

“Jadi sepakat kamu akan mendoakan sama Tuhan, kalau kaum kami bertobat mendapat hak yang sama dengan manusia?”

“Saya tidak bisa jawab soal itu”

“Kalau begitu kita belum sepakat dan Maya akan jadi budakku disini”

Aku kebingungan. Tidak ada suara dari Sekar Melati lagi. Aku mengingat-ingatnya lagi. Apa yang telah aku katakan, sampai Sekar Melati tidak berbisik padaku; apa yang harus aku lakukan.

“Sekar Melati tidak membisikkanmu lagi sampai wajahmu seperti tersesat”

“Saya akan berusaha menyampaikannya tapi saya tidak bisa berkehendak dan kamu tahu itu”

“Oh rupanya manusia memang mental budak dalam jiwanya. Baru begitu saja sudah menyerah. Bagaimana aku yakin kamu bisa buat kaum kami merdeka seperti manusia.”

“Saya tidak akan pernah bisa menolong durhakamu pada Pencipta, saya hanya bisa mengingatkanmu untuk mengurangi siksamu kalau kalian lepaskan Maya”

“Malah ngajak tawar-menawar nih bocah. Sudah kami bilang sudah berkurang godaan itu. Tapi manusia sendiri yang mengembangkan dosa-dasanya dengan dalih yang penting bisa hidup. Manusia itu hanya takut mati tapi picik. Untuk bertahan apapun bisa dia tempuh dengan harapan nanti gampang bertobat. Seperti juga Maya. Dia berencana tobat. Enak banget kan dia bisa begitu. Makanya kami sekap dia biar mati tersiksa”

“Kalian memang penghuni neraka biadab. Kalian tidak akan pernah merdeka seperti yang kalian inginkan. Karena merdeka itu akar kebaikan. Yang menyalahgunakan seperti kalian biar urusan Tuhan yang akan menghukumnya.”

Ifrit tambah geram dan murka ingin melumatku dengan tenaga terbesarnya. Sekonyong-konyong bayangan Sekar Melati menyaut tubuhku. Dia membawaku menembus dimensi ke dimensi hingga kembali ke alam nyata. Ruhku memasuki tubuhku. Tubuhku terpelanting didepan Maya yang masih terpasung.

“Merdekaaaaa.... Merdekaaaa.... Kami mau merdeka..... “ teriak Maya berkali-kali Aku spontan mencengkram kepala Maya dan kuteriakkan;

“Kalau kalian berani memperbudak Maya, kalian akan semakin dilaknat sama Tuhan! Kembalikan Maya sekarang. Kembalikannnn.... Kembalikannn Mayaaaaa.....”

Seperti tenaga dalam yang dahsyat melempar tubuhku terpental dari tubuh Maya. Tubuhku menampar pintu gudang yang keras itu. Sakit kurasakan di punggungku. Bapak dan ibunya Maya bergegas menolongku. Membangkitkanku menepi di sudut gudang.

Syaraf-syaraf memerah di kulit tangan dan wajah Maya memudar. Warna kusam abu-abupun berangsur kembali menjadi warna kuning langsat. Sekalipun pilu dan kuyu auranya masih tersisa. Maya terhempas merasa sangat letih badannya.

Cerpen MERDEKA/INDIGO ditulis teguh santoso di apartemen kalibata city awal bulan Agustus 2019 - 7

“Aku haus....” bisik Maya pelan.

Bapak Ibunya menghambur membawakan teh hangatku untuk diminumkan Maya. Bapaknya melepas tali pasungnya satu per satu. Mereka tersenyum padaku. Senyum merdeka yang paling bahagia yang pernah aku lihat.

griya pringlangu indah u 2022

Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Horor
Cerpen
INDIGONIZATION
Teguh Santoso
Cerpen
Teror Ruko
Riana Dewi
Flash
Setangkai Mawar Biru
Tazkia Irsyad
Cerpen
Bronze
DIRUNDUNG
Ari S. Effendy
Novel
Bronze
SIMPLE MINUTES
K. Z. Asri
Novel
Bronze
Tumbal Pesugihan Tanah Kuburan
AWSafitry
Flash
Hadiah
Dark Specialist
Novel
Bronze
REMPANG-GALANG NIGHTMARE
Je Yatmoko
Novel
Gold
The Ho[S]tel 2
Bentang Pustaka
Cerpen
Hantu di Rumah Baru
Karang Bala
Novel
Gold
Fantasteen Scary Jangan Becermin Malam Ini
Mizan Publishing
Novel
Sebeh Pengasih
Iswara Putri Jilan
Novel
Gold
Fantasteen Mistery of Archelloite
Mizan Publishing
Flash
Foto
aleu
Flash
Mencari di Sawah.
Lialuck777
Rekomendasi
Cerpen
INDIGONIZATION
Teguh Santoso
Cerpen
Zoon Politicon
Teguh Santoso
Cerpen
CODET
Teguh Santoso
Skrip Film
Gajah Oling
Teguh Santoso
Cerpen
Papa Gue GENDERUWO
Teguh Santoso
Cerpen
Insyaallah Mualaf
Teguh Santoso
Cerpen
SZIZOFRENIA APARTEMEN
Teguh Santoso
Skrip Film
Titisan Siluman Harimau Putih
Teguh Santoso
Skrip Film
Kasmaran Sussi
Teguh Santoso
Cerpen
Tiket
Teguh Santoso
Cerpen
SIN-TREND
Teguh Santoso