Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Drama
Cahaya di Tengah Jalan Buntu
0
Suka
217
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Di sebuah desa kecil, di mana sawah dan pepohonan hijau mengelilingi setiap sudut, hiduplah seorang pemuda bernama Adit. Hidupnya sederhana, sama seperti kebanyakan orang di desa itu. Ayahnya seorang petani, dan ibunya buruh cuci yang bekerja membantu tetangga. Mereka tidak pernah berlimpah harta, tapi hidup mereka cukup. Sampai suatu hari, ayah Adit jatuh sakit. Kehidupan yang sebelumnya sudah berat, kini terasa semakin berat. Semua tanggung jawab keluarga jatuh ke pundak Adit.

Setelah lulus SMA, Adit terpaksa melepaskan mimpinya untuk kuliah. Biaya sekolah lebih tinggi dari yang mampu mereka bayarkan. Dengan hati berat, ia menerima kenyataan bahwa ijazah SMA-lah yang menjadi batas akhir pendidikannya. Namun, ia tak pernah menyerah. Adit yakin, meskipun hanya dengan ijazah SMA, ia bisa bekerja dan membantu keluarganya.

Sayangnya, mencari pekerjaan ternyata lebih sulit dari yang ia bayangkan.

Setiap pagi, Adit menaiki sepeda motornya dan pergi ke kota untuk mencari pekerjaan. Sudah berbulan-bulan ia berkeliling dari satu pabrik ke pabrik lain, dari satu kantor ke kantor lain, membawa map berisi lamaran kerja yang ia susun dengan penuh harapan. Tapi setiap kali, jawaban yang ia terima selalu sama, “Maaf, kami mencari lulusan sarjana,” atau “Kami butuh orang yang lebih berpengalaman.”

Hari itu pun sama. Adit baru saja pulang dari wawancara di sebuah pabrik tekstil, tapi lagi-lagi, ia ditolak. Ia singgah di sebuah warung kecil di tepi jalan untuk beristirahat. Dengan lelah, ia duduk di bangku kayu yang sudah usang, memesan segelas teh manis yang mulai dingin. Kepalanya penuh dengan pikiran tentang masa depan keluarganya.

“Dit, kok mukamu murung terus belakangan ini? Ada masalah, Nak?” tanya Pak Hadi, pemilik warung itu, yang sudah mengenal Adit sejak kecil.

Adit mencoba tersenyum. “Susah, Pak. Cari kerja sekarang makin susah. Saya cuma lulusan SMA, banyak perusahaan yang nggak mau terima saya.”

Pak Hadi mengangguk, lalu berkata, “Banyak orang di sini juga cuma lulusan SMA, Dit. Tapi lihat saja, mereka tetap bisa bertahan. Kamu juga pasti bisa. Mungkin bukan dari pekerjaan besar, tapi dari kerja keras.”

“Tapi saya ingin lebih, Pak,” Adit menundukkan kepala. “Ayah saya sakit, keluarga butuh uang. Kalau cuma kerja serabutan, kapan bisa cukup?”

Pak Hadi tersenyum bijak, “Jangan cepat putus asa, Nak. Kadang, jalan keluar itu datang dari tempat yang nggak kita duga. Tetap buka mata, siapa tahu ada kesempatan yang belum kamu lihat.”

Kata-kata Pak Hadi terus terngiang-ngiang di kepala Adit. Apakah mungkin ada sesuatu yang ia lewatkan? Adit teringat betapa ia selalu percaya bahwa bekerja di pabrik atau kantor adalah satu-satunya cara untuk sukses. Tapi mungkin, seperti kata Pak Hadi, ada cara lain.

Keesokan harinya, Adit melihat sebuah pengumuman di papan dekat pasar. Ada lowongan pekerjaan di sebuah bengkel elektronik, mereka mencari teknisi yang bisa memperbaiki alat-alat listrik. Syaratnya tidak rumit, hanya perlu sedikit keterampilan, tidak butuh ijazah tinggi. Adit teringat bahwa selama ini, ia selalu suka memperbaiki barang-barang elektronik di rumah, seperti radio rusak atau kipas angin tua.

Dengan penuh harapan, Adit mendatangi bengkel itu. Bengkelnya kecil, dipenuhi barang-barang elektronik bekas yang menumpuk di sudut. Pemilik bengkel, seorang pria paruh baya bernama Pak Rahmat, tampak sibuk memperbaiki televisi.

“Apa kamu punya pengalaman?” tanya Pak Rahmat ketika Adit menyampaikan niatnya untuk melamar pekerjaan.

“Saya nggak punya pengalaman kerja di bengkel, Pak. Tapi di rumah, saya sering memperbaiki radio atau alat elektronik lain. Saya bisa belajar cepat,” jawab Adit jujur, sambil berharap pria itu memberinya kesempatan.

Pak Rahmat memandang Adit dari ujung kepala sampai kaki, lalu mengangguk pelan. “Baiklah, kamu bisa mulai bantu-bantu di sini dulu. Kalau kamu bisa menunjukkan hasil, kita lihat nanti.”

Hari-hari Adit di bengkel Pak Rahmat dimulai dengan pekerjaan sederhana. Ia hanya diminta membersihkan barang-barang dan memperhatikan bagaimana Pak Rahmat memperbaiki alat-alat rusak. Meski awalnya hanya diam mengamati, Adit merasa seperti membuka lembaran baru dalam hidupnya. Ia mulai mengerti bagaimana cara kerja barang-barang itu, dan perlahan-lahan, Pak Rahmat mulai memberinya kesempatan memperbaiki barang-barang kecil, seperti kipas angin atau setrika.

Seiring waktu, Adit semakin percaya diri. Tangan-tangannya semakin terampil, dan ia mulai lebih memahami cara memperbaiki berbagai jenis alat elektronik. Pak Rahmat sering memujinya karena kemampuannya belajar yang cepat. Bahkan, suatu hari, Pak Rahmat memintanya memperbaiki televisi milik pelanggan secara mandiri.

Ketika televisi itu kembali menyala setelah berhari-hari mati, Adit merasakan kebanggaan yang luar biasa. Pelanggan yang puas itu tersenyum lebar, dan Pak Rahmat menepuk bahunya. “Kamu hebat, Dit! Kamu sudah bisa mandiri sekarang.”

Sejak hari itu, kepercayaan diri Adit tumbuh. Tidak hanya di bengkel, tetangga-tetangganya di desa pun mulai sering meminta bantuan Adit untuk memperbaiki barang-barang elektronik mereka yang rusak. Meski awalnya ia tidak meminta bayaran, mereka sering memberinya sesuatu sebagai tanda terima kasih: nasi bungkus, buah, atau uang kecil.

Perlahan-lahan, Adit mulai berpikir untuk mengambil langkah lebih besar. Pada suatu malam yang tenang, ia duduk di teras rumah bersama ibunya. Mereka berbicara tentang segala hal, dari kondisi ayahnya yang semakin parah hingga masa depan yang terasa semakin tak pasti.

“Ibu, saya punya rencana,” kata Adit pelan. “Saya mau buka bengkel kecil di rumah ini. Daripada saya terus bekerja di kota, mungkin lebih baik saya bekerja dari sini. Banyak tetangga yang sudah sering minta tolong, mungkin ini bisa jadi usaha saya.”

Ibunya menatap Adit dengan mata penuh harapan, tetapi juga ragu. “Nak, bukankah itu terlalu berisiko? Membuka usaha sendiri itu nggak gampang.”

“Saya tahu, Bu. Tapi saya nggak bisa terus-terusan menggantungkan harapan pada pekerjaan yang belum pasti. Saya sudah belajar banyak dari Pak Rahmat, dan di desa ini banyak yang butuh jasa seperti ini. Saya yakin bisa mencobanya.”

Ibunya terdiam sejenak, lalu mengangguk perlahan. “Kalau kamu yakin, Ibu mendukungmu, Nak. Cobalah. Siapa tahu memang ini jalannya.”

Adit pun memulai usahanya. Di depan rumah, ia memasang papan kecil bertuliskan **“Bengkel Elektronik Adit”**. Pada awalnya, pelanggan hanya datang dari tetangga terdekat. Mereka membawa radio, televisi, atau kipas angin yang rusak. Tapi lambat laun, kabar tentang keahlian Adit tersebar ke desa-desa sekitar. Semakin banyak orang yang datang membawa barang-barang elektronik mereka untuk diperbaiki.

Setiap hari, Adit bekerja dari pagi hingga malam. Ia menekuni setiap barang yang masuk dengan penuh perhatian dan semangat. Ia tahu, ini bukan hanya tentang memperbaiki barang rusak, tetapi juga tentang membuktikan pada diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya bahwa ia bisa sukses, meski tanpa ijazah tinggi.

Suatu sore, Pak Hadi, pemilik warung yang sering dikunjungi Adit, datang ke bengkelnya membawa kipas angin yang rusak. Setelah Adit memperbaikinya, Pak Hadi tersenyum lebar dan menatap Adit dengan bangga.

“Kamu benar-benar sudah menemukan jalanmu, Dit. Kamu buktiin kalau sukses itu nggak selalu soal gelar atau ijazah, tapi soal ketekunan dan nggak mudah menyerah.”

Adit tersenyum sambil menyerahkan kipas angin yang sudah kembali berfungsi. “Saya juga berterima kasih sama Pak Hadi. Kalau nggak karena obrolan kita waktu itu, mungkin saya masih terus berusaha cari kerja di kota dan terus ditolak.”

Pak Hadi menepuk bahu Adit, “Ingat, Nak, kadang jalan keluar itu datang dari tempat yang nggak kita duga. Yang penting, kamu nggak berhenti berusaha.”

Tahun demi tahun berlalu, usaha bengkel Adit semakin berkembang. Ia berhasil memperbaiki lebih banyak barang, bahkan menjual peralatan elektronik bekas yang sudah ia perbaiki. Dengan penghasilan yang stabil, Adit mampu membawa ayahnya ke rumah sakit yang lebih baik, dan kondisi ayahnya pun perlahan membaik.

Meski Adit tidak pernah mendapatkan gelar sarjana, ia membuktikan bahwa kesuksesan tidak selalu tergantung pada ijazah tinggi. Kerja keras, ketekunan, dan

 keberanian untuk mengambil langkah yang berbeda bisa membawa seseorang menemukan jalannya sendiri, bahkan dari tempat yang tidak pernah ia duga.

Dan di desa kecil itu, Adit menjadi contoh nyata bahwa meski hidup penuh tantangan, selama kita tidak menyerah, selalu ada jalan untuk meraih kesuksesan.

Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Drama
Novel
Bronze
1950
Onet Adithia Rizlan
Cerpen
Cahaya di Tengah Jalan Buntu
Hendra
Novel
Ruang Kata
Firsty Elsa
Novel
Pejuang Konten
Marlina Lin
Flash
Bronze
Tiket Mahal Say!
Emma Kulzum
Novel
Mr. Secret Melody
ChiciUzm
Novel
Bronze
Asa Tak Sampai
Yekti W. Widanti
Skrip Film
Maaf, Sungguh Aku Tak Bermaksud Jatuh Cinta Padamu
Deasy Wirastuti
Flash
MENDADAK TERKENAL
DENI WIJAYA
Novel
Letter
Langit_Berlari
Novel
Broken Pieces
Elsa Pebrianti
Novel
Gracias Mi Amor
Lucia Isabella Ari Valdiani
Novel
Bronze
Siluet
violia natha
Novel
Bronze
Arsa & Aleta
Clarecia Nathaniel
Novel
Mawar Biru
SZA
Rekomendasi
Cerpen
Cahaya di Tengah Jalan Buntu
Hendra
Flash
Bronze
Bayangan di Atas Kamar
Hendra
Flash
Kembali ke Warna
Hendra
Novel
Kisah dari Desa
Hendra
Skrip Film
Mencari Irama
Hendra
Flash
Sepotong Senja di Ujung Jalan
Hendra
Cerpen
Bronze
Lagu untuk Sahabat
Hendra