Halaman Author
Kontrol semua karyamu pada halaman author, kamu bisa memublikasikan karya baru atau mengatur karyamu dengan mudah dalam satu tempat.
Cerpen
Komedi
Akew yang Menyakiti
0
Suka
357
Dibaca
Cerpen ini masih diperiksa oleh kurator

Ola, Pembaca!

Nama gua Deni, alias Bro. Dan kali ini gua bakal lanjutin cerita cinta Andri K. Widyoseno (A.K.W) alias Akew dan pujaan hatinya Putri.

(Langsung ke inti cerita). Jadi, setelah Akew ditolak karena Putri udah punya cowok anak SMA, hidup Akew ancur-ancuran. Doi galau gila-gilaan. Kebangetan. Keterlaluan. Parah.

Masalahnya, kegalauan Akew bikin gua repot, ampir tiap hari doi ngunjungin kamar gua. Dan gak cuman gua yang jadi korban, Akew juga makin gila-gilaan mencurahkan isi hatinya ke Mbak Vivi (kakak gua). Doi bahkan gak malu lagi nangis di depan gua dan Mbak Vivi.

Yang masih gua inget sampe sekarang dari masa-masa galau Akew tuh doi selalu muter lagu ‘Tiada Lagi’-nya Mayang Sari saat ngegalauin Putri di kamar gua. Fyi, gua gak tau referensi musiknya si Anjing ini dari mana sampe-sampe lagu galau doi harus tembang kenangan yang biasa didengerin tante-tante buat nostalgia.

Keadaan Akew di sekolah lebih parah, doi sering murung dan gak pecicilan kayak dulu, doi gak aktif lagi buat caper ke Putri. Ini ngebikin semua orang ngerasa ada yang aneh sama Akew, bahkan ada guru yang nanya, "Andri, kok kamu sekarang sering diem?" Akew gak jawab, senyum doang. Mungkin Akew gak mau orang-orang tau soal penolakan Putri. Saat itu, di sekolah cuman tiga orang yang tau: gua, Akew, sama Putri. Dan salutnya gua sama Putri, Putri gak ngomong ke siapa pun kalo dia nolak Akew.

Penolakan Putri juga bikin Akew jadi besti gak asik. Seperti yang kita tau, patah hati itu mainnya mental, dan dampaknya ke Akew tuh doi jadi susah diajak ke mana-mana, nongki gak mau, becanda sulit, ngomong pun jarang. Selama beberapa saat, Akew bukan Akew yang dulu lagi.

Tapi, semua itu berakhir di kelas 3 SMP, berbulan-bulan setelah penolakan itu. Suatu sore, Akew datang ke rumah dan tanpa cacicu-babibu langsung ngomong, "Putri udahan! Putri putus, Bro!" Ekspresi doi riang gembira serta ada seutas senyum agak nyengir yang udah lama gak gua liat.

Ngeliat Akew ceria lagi setelah sekian lama, entah kenapa gua ngerasa kalo saat itu untuk pertama kalinya gua liat bukti orang yang sayangnya tulus banget ke orang lain. Oke, waktu itu kami emang masih SMP, tapi dari apa yang gua liat, gua berani bilang bahwa perasaan Akew ke Putri tuh bukan cinta monyet ‘mainstream’. Itu cinta dewasa yang biasa ada dalam novel, dan pertama kali gua liat di kehidupan nyata lewat Akew.

Dan hari itu juga, Akew bilang ke gua kalo doi punya rencana nembak Putri untuk kedua kalinya. Gua langsung gak setuju karena gua takut doi bakal ditolak lagi. Akew maksa. Gua bilang jangan. Akew bilang doi sayang banget sama Putri. Gua larang. Akew bilang doi gak bisa kontrol. Gua bilang bisa. Akew gak percaya. Dan seterusnya kami debat sampe Mbak Vivi muncul di teras dan nanya kami kenapa. Akhirnya, Akew cerita semua rencananya.

Setelah denger rencana Akew buat nembak Putri kedua kalinya, muka Mbak Vivi berubah kisut. "Kamu yakin, Dri?" Kata Mbak Vivi ke Akew. Dari intonasi suara dan ekspresi muka, keliatan kalo Mbak sependapat sama gua: Putri bukan untuk Akew.

"Yakin, Mbak. Mumpung sempat. Jangan sampe keduluan Putri balikan."

Seterusnya, Mbak Vivi bantuin gua cegah Akew bertindak gegabah. Menurut Mbak, akan jauh lebih baik kalo Akew coba lupain Putri. Tapi, Akew sebagai pelakon utama masih mau berjuang sekali lagi.

"Gimana kalo kamu pdkt dulu? Ajak Putri baik-baik. Tapi kali ini kamu harus pake cara yang beda dari yang sebelumnya," kata Mbak, ngusul.

"Maksud Mbak?"

"Coba kali ini kamu perlakuin Putri kayak temen aja. Jangan dulu ajak Putri jalan apalagi langsung nembak. Kamu observasi dulu."

"Caranya, Mbak?" Kata Akew, nampak tolol, persis beberapa bulan sebelumnya.

Waktu Mbak Vivi sama Akew ngobrol, gua yang ada di situ cuman planga-plongo kayak Jokowi, persis beberapa bulan sebelumnya.

"Den, tempat duduk kamu di belakang Putri, kan?" Kata Mbak Vivi ke gua.

Gua ngangguk.

"Besok, coba kamu pinjem pulpen Putri. Nah, waktu jam pulang, jangan dulu dibalikin, kamu sama Andri langsung jalan keluar kelas bareng-bareng,” kata Mbak Vivi ke gua, lalu natap Akew, “Setelah itu, kamu, Dri, balik sendiri ke kelas, temuin Putri, dan kasih pulpen itu. Setelah itu kamu coba ngobrol sama Putri."

“Ngobrol apa, Mbak?” Kata Akew.

“Ngobrol kayak temen ke temen.”

“Maksudnya, Mbak?” Kata Akew lagi.

“Tolol! Pikir sendirilah, Kew!” Kata gua, motong Akew karena kesel.

“Jadi diri kamu sendiri aja, Dri. Obrolan kalian jangan dibuat-buat! Jangan dicari-cari! Ngobrol biasa aja. Kayak temen ke temen aja,” kata Mbak.

Akew narik satu napas panjang, buang, dan diem.

"Tapi, Mbak, gimana kalo pas jam pulang Putri langsung minta pulpennya balik?" Giliran gua yang nanya.

"Berarti kalian butuh satu orang lagi sebagai pengalih perhatian yang ngajak Putri ngobrol pas jam pulang supaya kamu sama Andri bisa keluar bareng-bareng."

Kami setuju dengan rencana Mbak.

 

Singkat cerita, besoknya 90% rencana kami berjalan dengan baik. Masalahnya, setelah Akew balikin pulpen yang gua pinjem ke Putri, muka Akew kisut pas nemuin gua sama Wawan Ayam (si pengalih perhatian) di gerbang.

"Gimana? Ngobrolin apa kalian?" Kata gua.

"Gua gak sempet ngomong apa-apa. Gua balikin pulpen, bilang makasih atas nama lu, terus Putri cabut gitu aja."

"Tolol! Cari bahan obrolan, lah!" Kata gua.

Akew gak jawab. Mungkin doi emang ngerasa tolol.

Hari itu gagal.

Besoknya lagi, rencana sehari sebelumnya kami ulang lagi. Ngehenya Akew, doi nemuin gua sama Wawan di gerbang dengan muka kayak sehari sebelumnya.

Gagal lagi.

Hari ketiga rencana yang sama kami ulang lagi.

Dan gagal lagi.

Di titik ini gua mulai kesel karena Akew masih ngasih alasan yang sama. "Gua gak sempet ngomong panjang sama Putri, Bro. Dia langsung cabut."

Di hari keempat, tololnya kami, kami gak punya rencana lain, kami tetap akan ngulang rencana kami yang selalu gagal pada hari-hari sebelumnya karena gugupnya Akew di depan Putri.

Ngehenya, di pagi hari keempat, sebelum sempet gua minjem pulpen ke Putri, Putri duluan nyamperin gua terus ngasih pulpen, "Den, nih, gue beliin buat lo."

Di hari keempat ini, rencana kami udah gagal sebelum diikhtiarkan.

Gegara bingung harus gimana lagi, siang itu juga Akew ikut ke rumah gua buat minta saran dokter cinta.

Pertanyaan pertama Mbak ke Akew, “Kamu kenapa kayak gini sekarang, Dri?”

“Kayak ‘gini’ gimana, Mbak?”

Karena kesel, gua ngomong, “Lu sekarang bencong, Kew! Dulu lu gak punya malu sama Putri. Kenapa sekarang culun kayak gini?”

Akew seperti biasa, diem dulu agak lama buat mencerna pertanyaan. “Gak tau, Den. Sekarang, ada di deket Putri aja gua takut.”

“Kamu mungkin trauma, Dri,” kata Mbak ke Akew. “Wajar.”

Singkat cerita, sesi curhat kali itu gak menghasilkan rencana baru. Akew bimbang, antara berusaha lupain Putri atau terus ngusahain Putri.

 

Besoknya, setelah gua timbang-timbang soal nyali Akew yang kian hari kian ciut, gua berinisiatif buat ngomong ke Putri.

“Pulpen ilang lagi, Den?” Kata pertama Putri pagi itu ketika gua nyamperin dia.

“Gak, Put. Gua mau jujur.”

“Andri, kan?” Putri senyum, dia kayak bisa baca isi pikiran gua.

Karena gua punya firasat Putri udah ngebaca tingkah gua sama Akew sebelumnya, gua akhirnya cerita apa adanya sama Putri.

Denger cerita gua, Putri malah ketawa. “Kalian lucu.”

Gegara saat itu gua pengen banget Putri sama Akew jadian, tanpa cacicu-babibu gua ngomong, "Putri, lu boleh deketin Akew, gak?"

"Lo gila?"

"Tolong, Put."

"Masa gue yang harus deketin Andri? Gak mau!"

"Kalo Akew yang deketin lu gimana?"

Putri diem bentar. "Andri yang nyuruh lo ngomong itu?"

"Gak!" Gua panik.

Putri ketawa.

Karena takut Putri salah sangka sama Akew, akhirnya gua cerita tentang trauma Akew ke Putri.

Denger cerita gua, Putri senyum, "Bilang ke Andri, gue udah gak sama mantan gue yang itu."

"Akew udah tau soal itu."

"Pokoknya bilang ke Andri gini: ‘Putri nyuruh bilang, Putri udah gak sama mantannya.'"

 

Singkat cerita, pesan Putri itu gua sampein ke Akew. Dan gak lama dari itu, Akew pun nembak Putri. Dan harapan Akew terwujud. Beberapa bulan sebelum kami lulus SMP, setelah berjuang 2 tahun lebih, Akew akhirnya bisa jadian sama Putri. Fyi, gua sama Mbak Vivi bahagia banget pas denger berita mereka jadian.

Gak lama setelah resmi jadi pacarnya Putri, Akew sempat bilang ke gua: “Bro, pegang kata-kata gua, gua bakal bahagia sampe mati sama Putri. Suatu saat nanti, gua bakal nikah sama Putri, dan abis itu kehidupan gua cuma kenal yang namanya bahagia.”

Respon gua saat itu: “Lu berlebihan, Anjing!”

Kisah Akew dan Putri berjalan baik-baik aja sampe kami lulus SMP. Dan karena bucin, Akew milih gak satu SMA sama gua dan anak-anak. Doi milih masuk ke SMA sama Putri. Tapi, kami masih besti, Akew masih sering nongkrong di komplek dan juga masih sering ke rumah gua, bedanya sesi curhat sama Mbak Vivi udah gak pernah lagi kejadian.

Selama bertahun-tahun kemudian, setau gua Akew ama Putri baik-baik aja, malah makin hari dua-duanya keliatan makin bucin gila. Bucinnya mereka keterlaluan, sampe kadang-kadang bikin risih. Misalnya, mereka punya panggilan sayang 'Tinta' buat satu sama lain, dari kata 'cinta' yang seolah-olah disebutin ama bayi.

Waktu gua pacaran sama Mawar B. (bukan nama sebenarnya) si mantan terindah, beberapa kali kami sempet jalan berempat. Dan saat itu Mawar B. yakin banget kalo Akew dan Putri bakal nikah suatu saat nanti. Sebenarnya bukan cuman Mawar B., saat itu banyak orang yang yakin kalo si dua ‘Tinta’ itu bakal berjodoh. Walaupun gua kadang-kadang eneg sama mereka, gua juga sempat percaya kalo Akew sama Putri bakal nikah dan gua pasti ngasih 100% restu buat mereka. Fyi, menurut gua, restu gua penting banget kalo mereka mau nikah, bukannya apa-apa, gua adalah salah satu orang paling berjasa dalam hubungan mereka.

 

Tapi, keyakinan sekaligus harapan banyak orang itu—termasuk gua—pada akhirnya harus terpatahkan pada suatu malam minggu di sebuah pusat perbelanjaan.

Malam minggu itu, gua lagi iseng jalan-jalan ke mall sendirian buat ngilangin galau karena baru putus dari mawar B. yang ada di negeri orang. Nah, entah semesta lagi ngehe sama Akew apa gimana, waktu gua lagi ngantri KFC, tiba-tiba ketangkap mata gua dua orang yang masuk ke KFC sambil pegangan tangan, yang satu Akew (waktu itu udah sebulanan gak ketemu gua) dan satu lagi cewek yang gak gua kenal siapa.

Sejak ngeliat mereka gua sengaja gak nyapa, gua cuman perhatiin dua orang itu sampe akhirnya yang cowok, si Akew, tatap-tatapan sama gua, dan detik doi ngeliat gua, doi langsung lepasin tangannya dari si cewek terus nyamperin gua, "Bro!"

Malam itu, gua makan satu meja sama Akew dan cewek yang ngenalin namanya ke gua sebagai ‘Tantri’.

Selama kami makan, gua ngerasa ada yang gak beres sama tingkahnya Akew. Gegara penasaran, saat itu gua juga sempet curi-curi buka HP buat ngeliat Twitter-nya Akew sama Putri, dan akun mereka masing-masing masih majang foto yang sama, foto mereka berdua yang lagi rangkulan di kondangan orang.

Malam itu gua nahan diri, gua gak nanya ke Akew buat mastiin kecurigaan gua karena, pertama, mungkin Akew ama Putri udah putus tanpa sepengetahuan gua; kedua, kalaupun Akew selingkuh, doi pasti punya alasan, dan sebangsat apa pun alasannya, gua harus denger dari mulut Akew langsung.

Kira-kira dua hari setelah gak sengaja ketemu di KFC, Akew muncul di rumah gua. Nyebatlah kami di teras samping rumah. Waktu itu kongko-kongko kami canggung gila. Gua kayak bisa baca pikiran Akew, dan gua yakin Akew juga bisa baca pikiran gua. Kami berdua kayak dua musuh bebuyutan yang terpaksa harus kongko bareng. Kalo situasi saat itu ada di film, gelagat kami mungkin kayak dua orang yang bentar lagi akan saling bunuh.

Setelah setengah jam kongko tegang penuh basa-basi kayak dua orang yang baru aja kenalan, gua akhirnya gak tahan dan ngomong sambil nunjuk air mancur di samping rumah gua. "Lu masih ingat, gak, kita berdua pernah ngerokok sembunyi-sembunyi di belakang dinding air mancur itu?"

"Ingat, Bro."

"Ingat gak lu kita ngomongin siapa?" Kata gua dengan intonasi suara—yang gua sendiri—ngerasa judes abis. Saat itu entah kenapa gua marah sama Akew. Gua emang gak ada urusan di hubungan itu, tapi pikiran tentang perjuangan Akew ngedapetin Putri terus-terusan muter di kepala gua.

Doi gak jawab pertanyaan gua, malah balik nanya, "Mbak Vivi di mana?"

Tanpa ngejawab pertanyaan Akew, gua langsung ke kamar Mbak Vivi dan ngajak Mbak Vivi ke teras samping nemuin Akew.

Setelah basa-basi lagi sama Mbak Vivi, Akew curhat lagi sama Mbak Vivi setelah bertahun-tahun lewat. Dan gua tetap di situ ngedengerin mereka seperti bertahun-tahun lalu.

Di dalam curhatan mereka waktu itu, dari mulutnya Akew sendiri doi ngaku kalo doi selingkuh dari Putri.

Mbak Vivi kaget banget. Dan pertanyaan pertama Mbak ke Akew, "Kenapa, Dri? Kenapa?" Gua yakin, Mbak Vivi juga marah dan kecewa sama Akew.

Dan jawaban Akew: "Gak tau, Mbak. Aku juga bingung."

Seterusnya Akew cerita kalo masalahnya bukan di Putri. Putri sama sekali gak berubah, Putri masih sama kayak dulu. Akew juga ngaku kalo masalahnya itu di dia. "Aku gak bisa ngejelasin pake kata-kata, Mbak. Aku sayang sama Putri. Sayang banget. Tapi, setelah bertahun-tahun pacaran, kalo boleh aku jujur, kadang aku ngerasa bosen sama Putri. Aku juga sebenarnya gak mau kayak gini, Mbak. Aku kasihan sama Putri, dia baik banget, dia selalu maafin aku."

“‘Selalu maafin?’” Kata Mbak Vivi dengan mulut rada kebuka.

“Ini bukan pertama kalinya, Mbak."

Mbak Vivi geleng-geleng kepala. Keliatan banget kalo Mbak kecewa. "Kalo gitu kenapa kamu gak mutusin Putri aja?"

"Aku sayang sama dia. Aku gak bisa tanpa dia, gitu pun sebaliknya."

"Terus kenapa kamu selingkuh, Dri?"

Akew geleng-geleng kepala, nunduk, dan ngomong pelan banget, "Gak tau, Mbak."

"Dri, kamu harus inget, kalian pacaran dari SMP kelas 3 terus lewatin SMA bareng-bareng. Lima tahun pacaran buat anak belasan tahun itu sama kayak sepuluh tahun pacaran buat orang yang usianya 20-an. Gak gampang kalian lewatin itu. Kalian—." Mbak diem tiba-tiba.

Hening. Gak ada yang ngomong. Selama Mbak bareng kami, gua sama sekali gak ngeluarin suara.

"Mbak kecewa sama kamu, Dri. Kamu harusnya inget gimana Deden sama Mbak ikut bantuin kamu dulu. Kamu harusnya inget perjuangan kamu."

Akew masih nunduk, masih diem.

"Mbak punya ekspektasi sama kamu dan Putri, makanya Mbak kecewa." Tiba-tiba Mbak berdiri dan ninggalin kami.

Gua sama Akew tetap di teras samping.

Hampir sepuluh menit setelah Mbak pergi, gua ama Akew diem-dieman lagi. Cuma ada suara air mancur yang jatuh di atas kolam ikan. Canggung parah.

"Lu emang tai, Kew!" Akhirnya gua ngomong.

Akew diem.

Karena doi gak ngomong lagi, gua juga cabut dari teras samping rumah dan ninggalin Akew sendirian. Gua langsung ke kamar, telentang di kasur sambil ngadep langit-langit, dan gak lama pintu pagar depan kedengaran. Akew cabut. Gua bangun, muter lagu Tiada Lagi-nya Mayang Sari, balik lagi telentang di kasur, ngadep langit-langit lagi, dan gua nutup mata.

Pikiran gua banyak. Tiba-tiba, entah kenapa gua keinget kata-kata Mbak bertahun-tahun lalu ke Akew tentang ekspektasi. Ekspektasi yang harus diperlakukan dengan hati-hati, apalagi menyangkut hati.

Setelah gua pikir-pikir lagi sekarang, mungkin alasan gua sama Mbak Vivi kecewa banget sama Akew karena Akew gak bisa memenuhi ekspektasi kami. Gua gak pernah tau hubungan Akew dan Putri yang sebenarnya kayak gimana setelah bertahun-tahun pacaran, tapi dari mereka sekali lagi gua diperingatkan tentang ekspektasi saat berurusan dengan hati. Dulu, Akew tersakiti karena ekspektasi, dan mungkin setelah bertahun-tahun pacaran Akew pada akhirnya menyakiti karena ekspektasi. Mungkin alasan Akew selingkuh karena hubungan cinta doi sama Putri gak berjalan sesuai dengan ekspektasinya. Kata-kata doi bertahun-tahun lalu kalo doi bakal bahagia sampe mati sama Putri gak kejadian. Mungkin Akew pada akhirnya sadar kalo ‘bahagia itu gak sesederhana lu dapetin seseorang yang lu mau’.

Sambil nutup mata mikirin tentang ekspektasi, gua tetap dengerin lirik lagu ‘Tiada Lagi’ dan coba pahamin kata-katanya. Saat yang sama, gua keinget Mawar B., ekspektasi hati gua yang ternyata ketinggian.

Kalo bisa gua asal ngomong, menurut gua ekspektasi adalah pedang bermata dua dalam hubungan. Satu sisi, ekspektasi bisa jadi alasan rasa sakit; sisi lain, ekspektasi pun bisa jadi alasan untuk mencintai tanpa pamrih. Dua sisi itu bertolak belakang, karena cinta tanpa pamrih itu cinta yang gak punya ekspektasi, alias cinta sejati.

Selama gua nutup mata dan mikir, gua ikut nyanyi dalam hati lagu ‘Tiada Lagi’ yang lagi keputer: ‘Tiada lagi yang kuharapkan, tiada lagi yang kuimpikan ...’.

Dari Akew dan Putri gua belajar satu hal sederhana: ‘Mencintailah tanpa ekspektasi! Mencintailah tanpa pamrih!’ Karena, ada di tahap ketika kita udah gak punya harapan dan impian untuk hubungan yang sedang dijalani adalah tahap tertinggi atau terendah dalam mencintai. Tahap tertinggi—cinta sejati—saat kita mencintai tanpa harapan dan impian; atau tahap terendah—rasa sakit—saat kita merasa cukup dan siap merelakan.

Ciao!

Anda harus login atau daftar untuk mengirimkan komentar
Tidak ada komentar
Rekomendasi dari Komedi
Cerpen
Akew yang Menyakiti
E. N. Mahera
Flash
Bronze
Kamis Mengiris
Arif Holy
Cerpen
Cinta Segitiga Kang Taryo, Bandex, dan Neng
E. N. Mahera
Cerpen
Lestari Pedagang
Aviskha izzatun Noilufar
Flash
Kucing tetangga
Mahmud
Flash
DENDAM PUKI
Aston V. Simbolon
Flash
Menggoda Ayam
NUR C
Flash
Bronze
Jika Patah Hati Bisa Ngomong...
Shabrina Farha Nisa
Komik
Re-Draw
I Komang Nopan Adiputra
Cerpen
Hedonisme Bos Cendol
Doddy Rakhmat
Cerpen
Pak Tua Penunjuk Jalan
zain zuha
Flash
Bukan Anak Durhaka
Nunik Farida
Flash
Gabut!!
Aurelia Joelyn Angdri
Cerpen
PETAKA DI RUMAH KARDUS
Aulia Z
Flash
BELI SEKARANG, Call / WA : 0811-7252-169 Distributor pupuk organik agros di Lampung Barat.
Jual Pupuk Organik
Rekomendasi
Cerpen
Akew yang Menyakiti
E. N. Mahera
Cerpen
Cinta Segitiga Kang Taryo, Bandex, dan Neng
E. N. Mahera
Novel
Tak Ada Cinta, Kecuali Jakarta
E. N. Mahera
Novel
Mengabadilah Bersamaku
E. N. Mahera
Cerpen
Hipokondriasis
E. N. Mahera
Cerpen
Peristiwa Kemayoran
E. N. Mahera
Cerpen
Rahmat Insekyur
E. N. Mahera
Cerpen
Pukul 11 Malam di Peron Stasiun (POV 2)
E. N. Mahera
Cerpen
Antara Kopi, Hati, dan M*ki
E. N. Mahera
Cerpen
Dijodohin
E. N. Mahera
Cerpen
Nanti Urusan Nanti
E. N. Mahera
Cerpen
Bokap Selingkuh
E. N. Mahera
Cerpen
Rahmat Anti-Feminis
E. N. Mahera
Cerpen
Cerita Sekolah Minggu bersama Yaya
E. N. Mahera
Cerpen
Samudra yang Bisu
E. N. Mahera