Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Apakah Madu Mengandung Gluten?

Apakah Madu Mengandung Gluten

INDOZONE.ID - Banyak jenis madu di pasaran dan kamu mungkin bertanya-tanya apakah semua jenis madu aman dikonsumsi jika kamu menghindari gluten karena alasan kesehatan.

Jenis madu bervariasi berdasarkan sumber tanaman, cara ekstraksi, dan cara madu diolah atau diawetkan.

Meskipun kandungan nutrisinya bervariasi berdasarkan jenis madu, 1 sendok makan (21 gram) madu umumnya menyediakan 64 kalori dan 17 gram karbohidrat dan hampir tidak mengandung protein, serat, atau lemak.

Madu hanya mengandung sejumlah kecil berbagai mikronutrien tetapi merupakan sumber terkonsentrasi dari senyawa tanaman dan antioksidan yang bermanfaat.

Tapi apakah madu mengandung gluten?

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian sereal tertentu. Gandum, barley, rye, dan triticale, yang merupakan persilangan antara gandum dan gandum hitam yang mengandung gluten.

Secara alami madu bebas gluten, karena tidak ada biji-bijian ini yang digunakan dalam pembuatannya. Tapi mungkin ada risiko kontaminasi silang jika madu diproses di tempat yang juga memproduksi makanan yang mengandung gluten.

Dilansir dari Healthline, cara terbaik untuk memeriksa apakah madu bebas gluten adalah dengan membaca label dengan cermat.

Tapi karena pemberian lebel merupakan hal sukarela, jadi bisa saja madu yang dijual di pasaran mengandung gluten.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Ini Alasan Penyakit Komorbid Dapat Memperburuk Kondisi Pasien Virus Corona
Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Sering Pakai Hand Sanitizer
5 Faktor Gaya Hidup yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat
Komentar