GenPi.co Menulis artikel
@genpico

Awas! Pengidap 5 Penyakit Ini Dilarang Lakukan Pijat

Awas Pengidap 5 Penyakit Ini Dilarang Lakukan Pijat

GenPI.co - Pengobatan tradisional pijat masih menjadi alternatifbagi sebagian masyarakat Indonesia kala merasakan lelah dan masuk angin. Terapi non-medis ini dianggap mampu dengan cepat mengatasi kelelahan tanpa harus minum obat.

Hasilnya tak main-main, badan pun terasa segar bugar dan lincah kembali. Namun, terapi pijat rupanya tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, setiap orang memiliki ketahanan tubuh berbeda yang tak semuanya bisa menerima respon pijatan.

BACA JUGA:Mom, Melakukan Pijat Bayi Beri 4 Manfaat Luar Biasa bagi Si Kecil

Di antara golongan yang tak boleh dipijat adalah mereka dengan gangguan kesehatan tertentu. Di bawah ini ada 5masalah kesehatan yang tidak boleh diatasi dengan pijat. Simak ulasannya dirangkum berbagai sumber.

<[kwik-adsinhere]>

1. Flu

Jangan dipijat jika Anda sedang mengalami penyakit menular, seperti flu atau difteri, karena dapat menularkan penyakit kepada orang lain. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jangan mau dipijat oleh terapis yang sedang mengalami flu atau penyakit menular lainnya.

2.Varies

Memijat area yang mengalami varises hanya akan memperburuk kondisi ini. Tetapi, jika Moms memijat lembut area tubuh yang dekat dengan varises dengan arah pijatan menuju jantung, maka hal ini dapat membantu meringankan gejala varises.

3. Meningitis

Pasien pengidap meningitis tidak boleh dipijat. Selain karena sangat membahayakan nyawa pasien (memijat dapat memengaruhi otak dan tulang belakang), penyakit ini juga termasuk sangat mudah menular.

4.Inflamasi

Penyakit inflamasi atau peradangan tidak boleh dipijat, karena dapat memperburuk peradangan. Beberapa contohnya antara lain adalaharthritis(radang sendi),phlebitis(radang pembuluh darah),dermatitis(radang kulit),neuritis(radang saraf), dan sebagainya. Jika tetap ingin pijat, maka hindari area tubuh yang mengalami peradangan.

BACA JUGA:Wah, Gangguan Insomnia Bisa Diatasi dengan Pijatan Lembut di Kaki

5. Hernia

Hernia adalah penonjolan bagian organ tubuh (umumnya usus) yang keluar melalui dinding otot. Jangan coba mendorong bagian organ yang keluar dengan memijat, karena malah bisa memperparah keadaan. Melakukan tindakan medis seperti operasi adalah metode yang lebih efektif.(*)

Video populer saat ini:

Sumber: genpi.co
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Amalan Pembawa Rezeki, Silakan Diamalkan
Kamis yang Manis, Besok Shio Ini Dikejar Hoki Tak Bertepi
Januari Doanya Tembus Langit, Mendadak 4 Zodiak Bergelimang Uang
Komentar