Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Dini, Bukan Hanya Stres

5 Penyebab Rambut Beruban di Usia Dini Bukan Hanya Stres

INDOZONE.ID - Melanin merupakan alasan rambut kita memiliki warna. Melanin secara terus-menerus dilepaskan pada permukaan kulit yang juga dikenal sebagai folikel rambut, tempat rambut tumbuh.

Dengan bertambahnya usia, aktivitas melanosit pun akan melambat atau berhenti. Setelah rambut berhenti menerima pigmen, ia mulai berubah menjadi abu-abu. Kondisi perubahan inilah yang sering disebut uban atau rambut putih.

Ini adalah fakta yang ditetapkan bahwa hormon, adrenalin, dan kortisol dilepaskan ketika seseorang merasa stres, dan memungkinkan pergerakan sel melanosit menjauh dari folikel rambut yang menyebabkan rambut beruban prematur.

Penyebab Rambut Beruban di Usia Dini, Cek Apa Saja

Ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan rambut beruban prematur, baik pada pria maupun wanita, meskipun memang dokter dan ilmuwan belum dapat menemukan penyebab pastinya.

Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan rambut beruban prematur di usia dini, dirangkum Indozone dari news18.com, Kamis (9/7/2020):

1. Faktor genetik

Ilustrasi genIlustrasi gen (photo/Pixabay/Gerd Altmann)

Faktor genetik juga bisa dikaitkan dengan masalah uban ini. Jika seseorang memiliki riwayat uban prematur dalam keluarga mereka, maka mereka memiliki peluang mengalami rambut beruban lebih besar.

2. Kekurangan nutrisi

Ilustrasi makanan bernutrisiIlustrasi makanan bernutrisi (photo/Unsplash/Anna Pelzer)

Kekurangan mineral seperti besi dan tembaga dapat dikaitkan dengan rambut beruban prematur. Telah dilaporkan bahwa kekurangan vitamin B12 dan vitamin B3 (niasin) adalah alasan di balik sebagian besar kasus rambut beruban prematur.

Kehilangan protein kronis yang terlihat pada kasus penyakit seperti kwashiorkor, nephrosis, dan penyakit celiac juga merupakan salah satu alasan rambut beruban prematur.

3. Penyakit

Ilustrasi penyakitIlustrasi penyakit (photo/Pixabay/Syaibatul Hamdi)

Penyakit juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan seseorang mengalami beruban prematur.

Beberapa penyakit itu seperti vitiligo (sel-sel kekebalan yang menyerang sel-sel penghasil warna tubuh), neurofibromatosis (pertumbuhan tumor di sepanjang saraf), dan hipotiroidisme yang dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

4. Sindrom

Ilustrasi sindromIlustrasi sindrom (photo/Unsplash/Nathan Anderson)

Ketika beberapa gejala muncul bersamaan, kondisi ini disebut sebagai sindrom. Sindrom seperti Book's Syndrome, Down Syndrome, dan Werner's Syndrome memiliki rambut beruban sebagai salah satu gejalanya.

5. Obat-obatan

Ilustrasi obat-obatanIlustrasi obat-obatan (photo/Unsplash/Kendal)

Obat-obatan tertentu seperti chloroquine (digunakan untuk malaria), mephenesin (pelemas otot), phenylthiourea (digunakan dalam pengujian DNA), triparanol (digunakan untuk mengurangi kolestrol), dan dixyrazine (digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kejiwaan) diketahui menyebabkan rambut beruban.

Selain itu, pemakaian obat topikal seperti dithranol, chrysarobin dan resorsinol (digunakan untuk pengobatan psoriasis) juga dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

Nah, itulah beberapa penyebab rambut beruban di usia dini yang #KAMUHARUSTAU. Semoga artikel berikut memberikan informasi bermanfaat untuk kamu semua. 

Jangan lupa untuk terus ikuti berita maupun artikel terbaru lainnya ya, hanya di INDOZONE.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
3 Hal yang Jadi Pertimbangan Orangtua Sebelum Ajari Anak Berpuasa
#KAMUHARUSTAU Orgasme Memberikan Manfaat Kesehatan
Dear Parents, Jaga Berat Badan Anak Tetap Ideal agar Tidak Pubertas Dini
Komentar