Menulis artikel
@

Berkumur dengan Cairan Antiseptik Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Corona

Berkumur dengan Cairan Antiseptik Bisa Bantu Cegah Penularan Virus Corona

INDOZONE.ID - Kasus Covid-19 di Tanah Air masih terus bertambah hingga saat ini. Oleh karenanya, masyarakat harus tetap waspada agar terhindar dari penularan virus corona baru atau SARS-CoV-2. Salah satu cara untuk terhindar dari penularan adalah menjaga kebersihan diri atau personal hygiene seperti rajin mencuci tangan serta membersihkan mulut dan rongga hidung.

Dikatakan oleh Satgas Covid-19 PB Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Prof. Drg. Rahmi Amtha, MDS. Sp.PM, PhD, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menganjurkan penggunaan antiseptik sebagai bagian dari personal hygiene. Tujuannya untuk mengurangi paparan dan transmisi penyakit atau infeksi termasuk Covid-19.

“Selama masa pandemi Covid-19, praktik hand hygiene tidak cukup untuk mencegah transmisi, harus dilengkapi dengan praktik oral and respiratory hygiene seperti berkumur sampai dengan tenggorokan atau istilahnya gargle,” kata Prof. drg. Rahmi pada diskusi media ‘Update Terkini Studi In Vitro BETADINE (PVP-I) dalam Melawan Virus SARS CoV-2’, Rabu (8/7/2020).

Lebih lanjut dokter yang juga Guru Besar Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti itu menjelaskan, virus SARS-CoV-2 banyak ditemukan di nasofaring dan orofaring yang menjadi reservoir (tempat bersarang) utama penyebaran droplet atau aerosol.

Air liur atau saliva di rongga mulut mengandung konsentrasi Covid-19 yang tinggi yakni sebanyak 1,2 x 108 kopi/mL. Oleh karenanya, sesuai dengan jurnal kesehatan, direkomendasikan untuk berkumur dan gargle dengan PVP-I 0,5% - 1% guna membersihkan rongga mulut.

“Bagi tenaga kesehatan dan orang-orang yang rentan terpapar virus SARS-CoV-2 disarankan untuk berkumur dan gargle hingga tenggorok dengan cairan antiseptic PVP-I 0,5% - 1% selama 30 detik setiap 4 jam sekali hingga 4 kali sehari,” pungkas Prof. drg. Rahmi.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Tak Baik untuk Kesehatan, Ini Bahaya Tidur dengan Posisi Tengkurap
4 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi dengan Diet Ketogenik
Di Tengah Pandemi, Kapan Pasien Penyakit Jantung Harus ke Rumah Sakit?
Komentar