Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Unik! Ada Gua 'Mata Dewa' di Bulgaria

Unik Ada Gua 039Mata Dewa039 di Bulgaria

INDOZONE.ID - Sebuah fenomena alam unik ditemukan di Gua Prohodna tepatnya di kawasan Iskar Gorge, 2 km dari Desa Karlukovo di Provinsi Lovech yang berada di bagian utara Bulgaria.

Dilansir dari situs resmi Offical Tourism Portal of Bulgaria, Gua Prohodna itu berjarak sekitar 112 km dari Sofia, ibukota negara Bulgaria.

Menariknya dari gua ini, di langit-langitnya terdapat dua lubang yang menyerupai sepasang mata sehingga dinamakan 'The Eyes of God' atau 'Mata Dewa'.

Penemuan dua lubang mirip mata itu terjadi pada tahun 1962 oleh masyarakat setempat dan beberapa ahli speleologi saat melakukan penelusuran ke Gua Prohodna. Sejak itulah, pengunjung gua ini memberi nama 'The Eyes of God' alias 'Mata Dewa'.

Gua Prahodna denganGua Prahodna dengan 'mata dewa' di Bulgaria. (photo/Instagram/@itsawildzubat)

Gua Prohodna termasuk gua karst dengan rangkaian yang mencapai panjang 262 meter. Bagian dalamnya juga cukup luas dengan tinggi gua mencapai 35-45 meter.

Pengunjung Gua Prohodna dibebaskan mengabadikan momen di gua itu. Untuk masuk ke sana tidak dikenakan biaya tiket, hanya saja harus mendaftar terlebih dulu ke Peter Tranteev National Speleological Society di Desa Karlukovo sebagai pengelola gua.

Penampakan 'mata dewa' terlihat menakjubkan pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, saat bulan purnama bersinar, dua lubang di gua itu terlihat benar-benar seperti mata manusia. Kemudian saat hujan, kedua lubang itu mirip mata manusia yang sedang menangis.

Gimana traveler, tertarik untuk melancong ke Gua Prohodna Bulgaria?

Artikel Menarik Lainnya

Sumber: indozone.id
1
1 none
Artikel dari Indozone ID
Pergantian Status Hagia Sophia Tidak Membuat Si Kucing Gli Pindah
Bikin Merinding, Curhat Pendaki Alami Kejadian Mistis di Gunung Rinjani
Kenalin Ini Pika, Hewan Imut Si Pemakan Feses
Yang mungkin kamu suka
Tokek Setan Ekor Daun, Si Ahli Menyamar dari Madagaskar
Ternyata Suami Bisa Trauma setelah Istri Melahirkan, Ini Gejalanya
Tak Selalu Buruk, Ini Beberapa Hal Positif saat Kamu Pacaran dengan Rekan Kerja
Komentar