Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!

Sudah Siap Piknik ke Ancol Simak 5 Hal Ini Dulu Ya

INDOZONE.ID - Tiga bulan berdiam diri di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tentu bikin capek dan juga bosan. Nah, sebagian besar dari kalian tentu berpikir untuk segera pergi rekreasi selepas 'lockdown' dikendorkan.

Untuk warga Jakarta, obyek wisata Ancol merupakan salah satu tempat yang sangat favorit untuk dijadikan destinasi wisata, karena selain jaraknya tidak jauh dan tiket masuknya relatif murah, kawasan wisata Ancol juga menyediakan berbagai tujuan yang menarik, mulai dari Ancol Ecopark, Pantai Marina, hingga taman bermain Dufan dan juga Sea World.

Manajemen Ancol sendiri telah mengkonfirmasi bahwa objek wisata pantai itu akan mulai dibuka kembali mulai Sabtu, 20 Juni 2020 besok.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bagi kalian yang akan melakukan piknik ke objek wisata di Ancol. Beberapa hal itu Indozone rangkum sebagai berikut:

1. Pembelian Tiket Hanya Dilayani Secara Online

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!Pantai di Ancol. (Instagram/ancoltamanimpian)


Di masa transisi PSBB menuju new normal, manajemen Taman Impian Jaya Ancol hanya akan melayani pembelian tiket secara daring atau online. Pengelola tempat wisata itu memastikan tidak akan menjual tiket di loket seperti biasanya, demi untuk menjaga agar tidak terlalu banyak kontak fisik dan menjaga agar physical distancing tetap terjaga, agar penularan virus corona bisa diredam.

"Selama masa operasional terbatas, manajemen Taman Impian Jaya Ancol tidak melayani pembelian tiket di loket Ancol secara tunai, pembelian tiket hanya data dilakukan secara daring atau online melalui website resmi Ancol, www.ancol.com," ujar Dept. Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, saat dikonfirmasi Indozone pada Jumat (19/6/2020).

2. Pengunjung Dibatasi Hanya 50% dan  Dibuka Hanya untuk Warga ber-KTP Jakarta

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!Ilustrasi pengunjung di Ancol. (Instagram/ancoltamanimpian)


Meski Taman Impian Jaya Ancol mulai dibuka pada 20 Juni 2020, namun pihak manajemen tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Dalam kaitannya dengan protokol physical distancing, maka penjualan tiket dibatasi hanya 50% dari total kapasitas pengunjung di kawasan objek wisata Ancol. Tak hanya itu, pengunjung hanya diprioritaskan untuk warga yang ber-KTP DKI Jakarta saja.

"Perlu diketahui bahwa Manajemen Ancol melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50% dari kapasitas normal serta tidak memperbolehkan anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan usia di atas 50 tahun rekreasi di Ancol," ujar Rika Lestari.

"Selain itu selama masa PSBB transisi, manajemen hanya mengizinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol, di luar area tersebut akan dilakukan penyesuaian di kemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi covid-19," sambungnya.

3. Operasional Dibatasi

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!Ilustrasi pengunjung di Sea World, Ancol. (Instagram/ancoltamanimpian)


Selama masa PSBB transisi, jam operasional Taman Impian Jaya Ancol juga dibatasi, termasuk juga destinasi wisata lainnya yang ada di kawasan Ancol. Rika menyebut, unit rekreasi dilakukan pembukaan secara bertahap. Adapun unit rekreasi yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol dan penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya.  
 
Adapun untuk penyesuaian pembukaan Pintu Gerbang Ancol, saat hari biasa (weekdays), pengunjung dapat melalui Pintu Gerbang Timur dan Busway, sementara untuk akhir pekan (weekend) dapat melalui Pintu Gerbang Barat, Timur dan Busway.
 
Berikut ini informasi jam operasionalnya:
•    Pintu Gerbang Ancol : pukul 06.00 – 18.00 WIB
•    Pantai dan Kawasan Ancol : pukul 06.00 – 20.00 WIB
•    Dunia Fantasi : pukul 10.00 – 17.00 WIB
•    Ocean Dream Samudra dan Seaworld Ancol : pukul 09.00 – 17.00 WIB
•    Allianz Ecopark : pukul 07.00 – 17.00 WIB.

4. Pemberlakuan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!Ilustrasi pengunjung di Ancol. (Instagram/ancoltamanimpian)


Selain upaya-upaya di atas, manajemen Taman Impian Jaya Ancol juga memberlakukan protokol kesehatan bagi pengunjung secara ketat. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 diterapkan kepada seluruh pengunjung, karyawan dan mitra yang ada dalam kawasan Ancol.

Batas suhu maksimal yang ditetapkan adalah 37,3 derajat Celcius. Melewati batas tersebut, maka yang bersangkutan tidak dapat memasuki kawasan Ancol atau menjadwalkan kembali kunjungannya.

Kemudian penggunaan masker yang menutup hidung dan mulut serta membawa masker cadangan merupakan juga diwajibkan, termasuk juga pengaturan jaga jarak fisik di semua area dengan jarak 1,5 - 2 meter.


 
"Para calon pengunjung diwajibkan untuk mentaati semua protokol yang ditetapkan dan mempersiapkan diri dengan membawa peralatan pribadi seperti alat makan serta alat ibadah, juga dianjurkan untuk membawa hand sanitizer pribadi bila diperlukan setiap saat. Imbauan juga akan terus dilakukan baik oleh petugas maupun papan informasi agar semua pihak dapat mencuci tangan dengan sabun lebih sering dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih," jelas Rika.

5. Pemberlakuan Harga Khusus

Sudah Siap Piknik ke Ancol? Simak 5 Hal Ini Dulu Ya!Ilustrasi pengunjung di Sea World, Ancol. (Instagram/ancoltamanimpian)


Berikut adalah informasi harga tiket Gerbang utama Ancol, hingga tiket masuk kawasan wisata dan objek-objek wisata di area Taman Impian Jaya Ancol. Harga tiket pintu gerbang Ancol Rp25.000 per orang, mobil Rp25.000, dan motor Rp15.000.
 
Tiket Dunia Fantasi, termasuk Gerbang Ancol dan Dufan pada Senin hingga Jumat adalah Rp225.000. Pada hari Sabtu, Minggu, dan libur harganya Rp320.000. Tiket Sea World Ancol, termasuk Gerbang Ancol & Sea World, pada Senin hingga Jumat adalah Rp110.000. Pada hari Sabtu, Minggu, dan libur seharga Rp130.000.

Tiket Ocean Dream Samudra pada Senin hingga Jumat harganya normal, Rp120.000. Harga pembelian di website Ancol Rp95.000. Pada Sabtu, Minggu, dan libur harga normal Rp155.000, harga pembelian di website Ancol Rp105.000
 
Tiket bundling Sea World Ancol dan Ocean Dream Samudra pada Senin sampai Jumat Rp165.000. Pada Sabtu, Minggu, dan hari libur harganya Rp210.000.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Miris! Badak Bercula Satu Semakin Diburu di Tengah Pandemi Corona
Cerita Turis yang Terjebak Lockdown di Argentina
Tahun 2023, Rusia Siap Bawa Traveler Melancong ke Luar Angkasa
Yang mungkin kamu suka
Kemenkes Gandeng Ojek Online, Cek Apakah Kamu Terinfeksi Covid-19?
Studi: Ternyata Masih Banyak Perempuan Tak Puas dengan Kehidupan Seksualnya
Tutorial Sulam Alis Pakai Cat Rambut, Hasilnya Bikin Ngakak
Komentar