Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Makanan Dihinggapi Lalat Apa Masih Boleh untuk Dimakan?

Makanan Dihinggapi Lalat Apa Masih Boleh untuk Dimakan

INDOZONE.ID - Makanan dihinggapi lalat karena lupa menutupnya, apa masih boleh dimakan?

Lalat akan membawa setidaknya 100 patogen berbeda, sehingga saat lalat menghinggapi makan 100 patogen tersebut akan tinggal di makanan. Patogen tersebut bisa di antaranya ialah virus, bakteri dan telur parasit.

Menurut ilmuwan penelitian dan Direktur Laboratorium Ekologi Vektor Universitas Fordham di Louis Calder Center, Thomas J. Daniels, juga mengatakan bahwa saat lalat membawa kuman maka dapat menyebarkan penyakit dengan beberapa cara.

Virus dan bakteri pada makanan yang terkontaminasi, pupuk kandang, dan titik-titik lainnya yang mengandung kuman akan menempel pada tubuh lalat dan rambut-rambut kecil di kakinya.

Sehingga saat ia mendarat di tempat lain, misalnya saja makanan, lalat akan meninggalkan beberapa kuman.

Bahkan yang sangat dikhawatirkan ialah, kalau lalat sampai muntah dimakanan tersebut. Tapi ini bukan yang terburuk, Muntahan lalat penuh dengan kuman dari makanan terakhirnya dan patogen di dalam lalat hidup lebih lama daripada yang ada di kakinya. Itu sama saja, kemungkinan bakteri dan virus akan tetap hidup.

Menurut spesialis penyakit menular sekaligus penulis buku "How to Avoid Contagious Diseases", Brent W. Laartz, MD, mengatakan lalat dapat menyebarkan E. coli, salmonella, hepatitis A, dan rotavirus.

Meski banyak kuman yang menakutkan saat makanan sudah dihinggapi lalat. Tapi perlu kamu ketahui bahwa tidak semua lalat membawa kuman, karena risiko penyakit tergantung pada banyaknya kuman yang dibawa lalat, berapa lama lalat berdiam di makanan dan seberapa kuat sistem kekebalan tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Kunyit Dipercaya Bisa Menangkal Virus Corona, Ini Alasannya
Cegah Dampak Alergi pada Anak, Ini yang Perlu Dilakukan Orangtua
Pasien Virus Corona Bisa Sembuh dengan Obat Remdesivir?
Yang mungkin kamu suka
Sinopsis "The Quiet Ones (2014)" - Kekuatan Gelap Tak Terduga Dalam Diri Seorang Gadis
Fatigue Zone, Jalan Panjang Tanpa Belokan di Australia
Setelah Oplas, Nenek Ini Suka Pamer Tubuh Seksinya, Bikin Lelaki Salfok
Komentar