Indozone ID Menulis artikel
@indozone

5 Alasan Kamu Masih Dehidrasi Walau Sudah Minum 8 Gelas per Hari

5 Alasan Kamu Masih Dehidrasi Walau Sudah Minum 8 Gelas per Hari

INDOZONE.ID - Tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen cairan. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Idealnya setiap orang disarankan untuk minum 2 liter air atau setara 8 gelas per harinya.

Akan tetapi, beberapa orang mungkin masih ada yang bisa mengalami dehidrasi meskipun mungkin sudah meminum air sesuai yang disarankan. Melansir Bustle, Rabu (27/5/2020), inilah lima penyebab tubuh tetap mengalami dehidrasi walaupun sudah minum cukup air.

1. Ketidakseimbangan Elektrolit

Elektrolit seperti natrium, klorida, magnesium, dan kalium diperlukan untuk mengantarkan cairan ke sel tubuh. Terlalu banyak minum air putih dan berkeringat dapat menghilangkan elektrolit serta serat dalam tubuh.

Oleh karenanya, tubuh tidak hanya memerlukan air putih saja. Cobalah untuk mengonsumsi minuman elektrolit seperti air kelapa. Jangan lupa makan buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat.

2. Minum Ketika Haus

Banyak orang yang baru minum ketika merasa haus. Padahal rasa haus merupakan tanda awal tubuh mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minumlah sesering mungkin bukan hanya ketika haus.

5 Alasan Kamu Masih Dehidrasi Walau Sudah Minum 8 Gelas per HariIlustrasi minuman bersoda. (Pexels/Breakingpic)


3. Konsumsi Minuman yang Menyebabkan Dehidrasi

Ada beberapa minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi seperti kopi dan soda. Kafein dalam kopi bersifat diuretik sehingga membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

Rehidrasi dengan minuman ringan seperti minuman bersoda juga tidak berjalan baik. Oleh karenanya, minumlah minuman yang kaya akan elektrolit dan air putih jika mulut terasa kering.

4. Mengonsumsi Garam dalam Jumlah Tidak Seimbang

Sodium yang terkandung dalam garam adalah salah satu zat Goldilocks. Terlalu banyak atau terlalu sedikit mengonsumsi sodium keduanya dapat membawa masalah pada tubuh.

Konsumsi sedikit garam membuat tubuh berhenti mempertahankan jumlah air dalam organ sehingga memperbesar risiko dehidrasi. Sebaliknya, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa membuat frekuensi buang air kecil lebih sering sehingga berdampak pada dehidrasi.

5. Belum Cukup Minum Air

Kebutuhan cairan pada setiap orang berbeda. Tergantung dari berat badan dan aktivitas fisik yang dilakukan. Oleh karenanya, untuk orang-orang yang aktivitasnya tinggi, tentu 8 gelas air per hari tidak cukup. Kamu perlu lebih banyak lagi untuk menggantikan cairan yang keluar.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Jaga Kesehatan Otot Sampai Tua, Begini Caranya
Tidak Perlu ke Rumah Sakit, Ini Cara Mudah Sembuhkan Gejala Ringan Akibat Infeksi Virus
Mengenal Dexamethasone, 'Obat Warung' yang Diklaim Ampuh Sembuhkan COVID-19
Yang mungkin kamu suka
Vaginal Douche yang Sering Dilakukan Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini 3 Bahayanya
Masjid St. Petersburg di Rusia, Saksi Bisu Kepemimpinan Soekarno
Mana yang Lebih Baik, Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?
Komentar