Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kunjungan Wisman Turun 30% Akibat Corona, Wishnutama: Sesuai Perkiraan

Kunjungan Wisman Turun 30 Akibat Corona Wishnutama Sesuai Perkiraan

INDOZONE.ID - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Maret 2020 mengalami penurunan akibat virus corona (Covid-19). Menurut data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisman pada Maret turun sebesar 45,50% dibandingkan Februari 2020.

Sedangkan jika dibandingkan dengan Maret 2019, kunjungan wisman pada Maret 2020 mengalami penurunan sebesar 64,11%.

"Secara kumulatif pada Januari hingga Maret 2020, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 2,61 juta kunjungan atau turun 30,62% dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2019 yang berjumlah 3,76 juta kunjungan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dalam pernyataan resmi yang diterima Indozone, Selasa (5/5/2020).

Penurunan kunjungan wisman ke Indonesia diakibatkan pandemi Covid-19. Wishnutama mengatakan penurunan ini sudah sesuai perkiraan, mengingat pemerintah Indonesia memutuskan menutup akses keluar-masuk wisman untuk mencegah penyebaran virus corona.

Kunjungan Wisman Turun 30% Akibat Corona, Wishnutama: Sesuai PerkiraanIlustrasi wisman. (Kemenparekraf)


"Kemenparekraf sendiri saat ini fokus dalam upaya bersama mencegah penyebaran Covid-19 serta memastikan dan menjalankan langkah mitigasi dampak dari pandemi Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Wishnutama.

Dia juga mengajak para pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk sama-sama berjuang dan tetap optimis membangkitkan pariwisata usai pandemi.

"Pembangunan pariwisata ke depan, kita akan fokuskan ke hal-hal yang sangat prinsip guna mengantisipasi tren dan paradigma baru pariwisata atau yang dikenal 'new normal’ yang lebih peduli pada masalah sanitasi dan higienitas, misalnya. Termasuk meningkatkan pendekatan teknologi dan digital dalam layanan wisata dan ekonomi kreatif," kata Wishnutama.


Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Bisa Terbang lagi, Masakapai Penerbangan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat
Imbas Corona, Jumlah Penumpang Kapal Batam - Johor Bahru Menurun
FOTO: Pameran Bali Philately Exhibition 2020
Komentar