Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Cara Efektif Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

Cara Efektif Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

INDOZONE.ID - Bagi pasangan pengantin baru, segera mendapat momongan adalah impian terbesar. Namun, tidak sedikit pula pasangan suami-istri yang berpikir menunda kehamilan lebih dulu.

Tidak ada salahnya memang menunda kehamilan pasca menikah. Biasanya, ada alasan khusus bagi pasangan, mungkin belum siap secara finansial atau karena hubungan jarak jauh.

Terlepas dari apapun alasannya, tentu menjadi pertimbangan juga bagi pasangan setiap kali akan berhubungan intim.

Artinya, pasangan harus mencari tahu bagaimana cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim terkait rencana menunda punya anak.

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

Jika sudah disepakati bersama, maka kedua pasangan harus konsisten menerapkan beberapa cara mencegah kehamilan setelah berhubungan seksual.

Berikut ulasan terkait cara efektif agar tidak hamil setelah berhubungan seksual, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Konsumsi Pil Kontrasepsi Darurat

mencegah kehamilan setelah hubungan intim minum pil kontrasepsi daruratIlustrasi konsumsi pil kontrasepsi darurat (The Sun)

Apabila sudah terlanjur berhubungan seks tanpa pengaman (alat kontrasepsi), maka cara mencegah kehamilan paling efektif yaitu mengonsumsi pil kontrasepsi darurat (morning-after pill).

Melansir Queensland Health Government, pil kontrasepsi darurat dapat segera diminum paling lama lima hari setelah berhubungan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi kontrasepsi darurat dapat mencegah lebih dari 95% dalam waktu 3-5 hari usai hubungan intim tanpa pengaman.

Semakin cepat dikonsumsi, maka akan semakin efektif pula pil kontrasepsi darurat bekerja.

Namun, ada efek samping yang ditimbulkan usai minum pil ini yaitu mual dan muntah, seperti disebutkan dalam jurnal Pediatrics and Child Health.

Efek samping lain yang mungkin dialami para wanita setelah mengonsumsi pil dosis pertama yaitu sakit kepala dan nyeri payudara selama beberapa hari.

Pendarahan di antara periode haid dan nyeri perut bagian bawah (kram) juga merupakan efek samping pasca konsumsi morning-after pill.

Selain itu, bagi wanita yang telah mengalami kekerasan seksual dan tidak menggunakan metode kontrasepsi apa pun, disarankan segera minum pil kontrasepsi darurat.

Dengan catatan, morning-after pill bukanlah sebagai kontrasepsi utama, melainkan hanya kontrasepsi cadangan.

2. Konsumsi Beberapa Makanan Tertentu

makan nenas mencegah kehamilan setelah berhubungan seksBuah nenas dipercaya dapat mencegah kehamilan (Pexels/Alizee Marchand)

Ada makanan-makanan tertentu yang dipercaya bisa mencegah kehamilan. Di antaranya, buah nanas, pepaya, daun neem, daun peterseli, aprikot, jahe, dan kayu manis.

Meskipun memang, keefektifan makanan tersebut masih belum dibuktikan dari studi ilmiah atau penelitian terkait.

3. Metode Kontrasepsi IUD Darurat

mencegah kehamilan setelah berhubungan seksualIlustrasi pasangan berhubungan intim (Pexels/W R)

Cara lain agar tidak hamil setelah berhubungan intim tanpa kondom yaitu metode kontrasepsi IUD darurat.

Nantinya, IUD akan dimasukkan ke dalam rahim hingga 120 jam atau lima hari setelah hubungan seks.

Jenis alat kontrasepsi yang disebut KB spiral ini bersifat jangka panjang dan efektivitas tinggi menunda kehamilan hingga 99%.

Dalam arti, metode IUD menjadi pilihan bagi pasangan yang sepakat tidak ingin lagi memiliki keturunan dalam waktu 10 tahun ke depan.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Tingkatkan Gairah Seksual dengan Konsumsi 3 Vitamin Ini
Cara Mudah Redakan Stres, Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Setiap Hari
Bisa Berbahaya, Ini Pentingnya Deteksi Alergi pada Anak Sejak Dini
Yang mungkin kamu suka
6 Situs Blog Terbaik dan Gratis untuk Menulis Online
Virus Corona Bikin Masyarakat Cemas Berlebihan, Begini Caranya biar Bisa Tidur Nyenyak
Lagi Cari Sunscreen? Ini 3 Rekomendasi Sunscreen Bisa Dicoba
Komentar