Indozone ID Menulis artikel
@indozone

Kisah Naskah Voynich, Tulisan Misterius pada Abad Pertengahan

Kisah Naskah Voynich Tulisan Misterius pada Abad Pertengahan

INDOZONE.ID - Naskah Voynich diperkirakan dibuat pada tahun 1400-an jika dilihat dari usia bahan yang digunakan. Naskah dengan 240 halaman ini, diasumsikan memuat pengetahuan mengenai ilmu pengobatan dan alchemy dari abad pertengahan. Terdapat beberapa ilustrasi pada naskah tersebut yang meliputi anatomi, tumbuh-tumbuhan dan gambar mengenai ilmu pengobatan.

mitos dan faktaIlustrasi (extremetech.com)

Meskipun bahasa yang digunakan sekilas mirip dengan beberapa bahasa di Eropa, akan tetapi naskah Voynich merupakan salah satu peninggalan yang paling sulit untuk diterjemahkan. Naskah tersebut bahkan masih belum dapat diartikan sepenuhnya walaupun para ahli telah mencoba memecahkan misterinya selama ratusan tahun.

Bahkan tidak menutup kemungkinan jika sebagian makna dari tulisan pada naskah Voynich yang telah diterjemahkan tersebut dapat berubah arti ketika seseorang mencoba menerjemahkan kembali naskah tersebut dengan menggunakan referensi bahasa yang berbeda. Ada yang berpendapat bahwa tulisan pada Naskah Voynich dapat dikaitkan dengan bahasa Latin, Ibrani, Hebrew, atau bisa juga Sino-Arab.

Faktor yang menjadikan naskah Voynich sulit untuk diterjemahkan karena naskah tersebut merupakan peninggalan intelektual yang unik dan satu-satunya di dunia. Berbeda dengan peninggalan sejarah peradaban kuno lainnya, seperti hieroglyphs bangsa Mesir Kuno. 

Meskipun berasal dari ribuan tahun yang lalu, hieroglyphs masih dapat ditemukan di berbagai situs peninggalan bersejarah. Dengan demikian, para ahli sejarah masih dapat membandingkan antara satu artefak dengan artefak lainnya, sehingga referensi yang dapat mereka andalkan lebih banyak dalam menerjemahkan bahasa kuno tersebut.

Hingga saat ini, belum ada penemuan lainnya yang dapat dihubungkan dengan Naskah Voynich. Sehingga dapat diasumsikan, seakan-akan naskah tersebut merupakan satu-satunya kumpulan dari ilmu  pengetahuan yang diwariskan oleh suatu peradaban yang telah musnah dan dihapuskan dari catatan sejarah.

Sebab tidak ditemukannya peninggalan sejarah lain yang ada kaitannya dengan Naskah Voynich tersebut, maka tak heran jika sebagian orang bahkan ada yang berpendapat kalau Naskah Voynich bisa jadi merupakan sebuah tulisan yang dibuat oleh penyihir, makhluk misterius, atau bahkan karangan tak bermakna dari seorang pembual di waktu senggang mereka.

Artikel Menarik Lainnya:

Sumber: indozone.id
0
0 none
Artikel dari Indozone ID
Taman Gantung Babilonia di Irak, Satu dari 7 Keajaiban Kuno Dunia
Dimakan Burung hingga Dibuat Manik-manik, Ini Ritual Pemakaman Tak Biasa di Dunia
Asal-Usul Kata Rupiah sebagai Mata Uang Indonesia
Yang mungkin kamu suka
Warga Jabar yang Berada di Jakarta Dilarang Mudik
Tahap Produksi dari Kamera Canon EOS R5 Terganggu Akibat Virus Corona
Tak Bisa Akur dengan Pemain, Coach Evil Geniuses dari Divisi CS:GO Hengkang!
Komentar