J_astor Menulis artikel
@jastor

Jajanan Legendaris yang Ini Bakal Buat Kamu Flashback Masa Kecil

Jajanan Legendaris yang Ini Bakal Buat Kamu Flashback Masa Kecil
Jajanan berikut ini mengingatkan kita akan kenangan masa kanak-kanak. Terutama seseorang yang menikmati masa kanak-kanaknya di era 90-an dan awal 2000an. Pasti kamu pernah menjadikan makanan berikut ini sebagai jajanan favorit saat sekolah.

Camilan atau jajanan menjadi makanan ringan yang menjai makanan selingan selain makan besar atau makan makanan pokok. Di berbagai daerah, biasanya ada jajanan unik yang jadi ciri khas. Seperti daerah di Jawa Barat yang cenderung menjajakan makanan berbahan dasar aci. Namun sepertinya ada beberapa jenis makanan tempo dulu yang memang cukup luas penyebarannya. Pada masanya, jajanan ini begitu fenomenal hingga digemari anak-anak. Flashback ke masa lampau yuk dengan kembali mengenal jajanan legen berikut ini:

1. Permen Kapas

Kwikku, Permen Kapas
Sumber: humorpoin.blogspot.com

Permen kapas ini tidak lazim juga disebut permen karena bentuknya yang super jumbo dan mengembang seperti bantal. Memiliki warna cerah lembut dan bentuk yang lucu menjadi daya tarik jajanan yang satu ini. Sekarang ini bentuknya banyak dikreasikan. Seperti pada gambar diatas, jika dulu bentuknya hanya bulat tak beraturan, maka sekarang ada bentuk lucu seperti pinguin juga bunga.

2. Telur Gulung

Kwikku, Telur Gulung
Sumber: travelingyuk.com

Bentuknya sih simpel. Bahan dasar pembuatannya juga simpel. Kamu yang zaman SD suka jajan telur gulung mana suaranya? Pembuatannya mirip sekali dengan cara membuat telur dadar pada umumya, hanya saja telur ini diangkat dengan cara digulung dengan sebatang lidi hanya dengan memutar lidinya, telur sudah melekat semputna di lidi.

Jajanan ini masih bisa kita jumpai di taman-taman kota, di pedagang kaki lima pinggiran kota, atau bahkan di depan sekolah-sekolah. Bahkan ada inovasi dengan menambahkan sosis atau bakso di dalamnya. Sehingga disebut juga telur gulung isi. Dimakan dengan saos sambal. Mantaap!

3. Cilok

Kwikku, Cilok
Sumber: atmago.com

Cilok atau aci dicolok adalah makanan ringan yang disajikan dengan sambal pedas. Rasanya gurih kenyal. Paling enak dimakan pas panas. Jajanan ini rupanya tidak pernah surut dan lekang oleh waktu. Sampai sekarang masih saja eksis. Bahakan termasuk salah satu jenis jajanan favorit yang mudah dicari karena banyak tukang cilok berkeliling dengan gerobag. Bisa juga dijumpai di taman-taman kota bahkan dipinggiran jalan.

4. Es Pelangi

Kwikku, Es Pelangi
Sumber: youtube.com

Rasanya empuk manis dan dingin. Warnanya berlapis-lapis seperti pelangi, tak heran jika makanan ini disebut dengan es pelangi. Tapi dibeberapa tempat, es ini disebut dengan es gabus karena teksturnya yang empuk seperti gabus. 

5. Mie lidi

Kwikku, Mie lidi
Sumber: bukalapak.com

Mie lidi merupakan pasta yang digoreng dan kemudian dibubuhi bumbu kering sebagai pelngkap rasanya. Meskipun sekarang juga banyak diinovassikan dengan bumbu basah. Rasanya gurih, yang suka pedas pasti akan meminta penjualnya membubuhkan cabai kering banyak-banyak agar lebih lezat. Ada banyak varian rasanya sekarang, seperti keju, jagung manis, original asin, balado dan super pedas. Jajanan bebentuk seperti ijuk ini sekarang banyak dijajakan di media online. Bagi yang mau mengenang masa kanak-kanak mudah deh mencarinya.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
6 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Temukan di Dark Web
5 Bintang Porno yang Meninggal Secara Tragis. Ada yang Dibunuh
Meja Makan Jungkat Jungkit Unik Keren dan Lucu
Komentar