J_astor Menulis artikel
@jastor

Dokter-Dokter Berhati Malaikat, Mengagumkan!

Dokter-Dokter Berhati Malaikat Mengagumkan
Semasa kecil, banyak anak-anak yang menjawab ingin jadi dokter ketika ditanya apa cita-cita mereka. Jika ditanya lagi kenapa ingin jaid doket? ingin membantu banyak orang katanya. Mungkin itu juga yang pernah diucakan beebrapa dokter berikut ini.
Cocok buatmu

Dokter merupakan salah profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat. Keberadaannya sangat krusial dan tidak boleh nihil. Karena kesehatan sendiri telah mendjadi kebutuhan utama tubuh manusia. Tak heran jika kemudian di wuatu wilayah dibangun fasilitas medis demi penanggulangan wabah penyakit ataupun sebgai akses kesehatan masyarakat setempat. Dokter menjadi pahlawan yang menjadi aktor utama dalam pertarungan nyawa seseorang. seperti beberapa dokter berikut ini :

1. Prof. dr. RM Padmosantjojo

Kwikku, Prof dr RM Padmosantjojo
Sumber: ilovelife.com

Seorang ahli bedah saraf yang lahir pada Februari 1938 ini pernah berhasil dalam operasi pemisahan bayi kembar siam bernama Yuliana-Yuliani. Dokter Padmo itu juga memiliki jiwa sosial tinggi. Ia tidak pernah mematok harga saat melakukan pekerjaannya. ia pernah mengatakan bahwa ia tidak tahan melihat penderitaan orang lain, hal tersebutlah yang membuatnya ingin selalu membantu orang lain.

idealisme sedikit aneh Dr. Pram ini tidak praktik membuka ruang praktek seperti doter lainnya. Ia fokus bekerja di rumah sakit-rumah sakit. dokter yang lahir di Kediri ini memiliki mobilitas tinggi. Ia juga bahkan tak pernah mematok harga saat akan melakukan tindakan operasi atau melakukan pekerjaannya.

"idealisme saya mungkin aneh, sudah tidak praktek, tidak terima duit, mana ada?" begitu katanya.

2. dr. Lie Agustinus Dharmawan

Kwikku, dr Lie Agustinus Dharmawan
Sumber: berita.baca.com

RSA dr.Lie Dharmawan merupakan salah satu jasa besar yang telah berhasil diwujudkannya. Dokter yang pernah mengenyam pendidikan kedokteran di Jerman ini bekerjasama dengan aktivis pergerakan '98 Lisa Suroso untuk membangun doctorSHARE. Dimana organisasi ini fokus pada layanan bantuan medis dan kemanusiaan. Rumah Sakit Apung yang berbentuk kapal inilah wujudnya.

RSA ini digunakan untuk membantu masyarakat pelosok yang kurang terjamah dan kesulitan dalam akses fasilitas kesehatan, terutama mereka yang tinggal di daerah pesisir. ia benar-benar menanamkan ajaran yang diberikan oleh sang ibu : "Tek Bie kalau kamu jadi dokter, jangan memeras orang kecil atau orang miskin. mungkin mereka akan membayar kamu berapapun. Tapi, diam-diam mereka menangis di rumah karena tidak punya uang untuk membeli beras".

3. dr. Lo Siauw Ging

Kwikku, dr Lo Siauw Ging
Sumber: brilio.net

Suatu prinsip yang dipegang teguh oleh dokter berdarah China ini adalah ia ingin membantu tanpa pamrih. "jika ingin menjadi dokter jangan berdagang, sebaliknya jika ingin berdagang maka jangan menjadi dokter". Dokter yang pernah menempuh pendidikan di Universitas Airlangga dan lahir di Magelang ini bahkan diangkat menjadi direktur RS Kasih Ibu (1981-2004), beliau memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Ia berpendapat bahwa mereka yang ada dalam kesulitan tetap punya hak untuk ditolong. Ia tidak setuju dengan uang muka yang harus dikeluarkan pasien ketika harus dirawat inap, mereka yang tidak mampu mengurus KTP pasti tidak mempunyai cukup uang untuk mengurusnya. Mereka yang kecelakaan dan ada dalam kondisi kritis, juga butuh pertolongan segera.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Dubai Frame, Berikut 9 Foto Unik Bangunan Berbentuk Bingkai Terbesar di Dunia
Para Bintang Dunia ini Pernah Berada Pada Momen Memalukan di Penghargaan Oscar
Bakal Dibuat Baper Sama Park So Dam di Serial Record Of Youth
Komentar