J_astor Menulis artikel
@jastor

Mendaki Gunung untuk Pemula? Persiapan Ini Jangan Lupa!

Mendaki Gunung untuk Pemula Persiapan Ini Jangan Lupa
Jangan asal berangkat saja, pendaki pemula perlu persiapan matang sebelum muncak di atas gunung.
Cocok buatmu

Suka berlibur ke tempat wisata berbau alam atau lebih memilih mali? Kalau kalian lebih memilih wisata alam, sudah pernah mencoba mendaki gunung belum? Sebuah wisata sekaligus olahraga yang bisa jadi pilihan untuk kalian yang mungkin penat dengan rutinisas keseharian.

Jangan salah, mendaki gunung dapat meningkatkan kepekaan kalian terhadap alam, belajar menanggalkan ego dan melawan diri, bahkan berusaha bertahan hidup dan pantang menyerah. Banyak filosofi dan pelajaran hidup yang akan kalian dapat dengan melakukan perjalanan mendaki gunung. Bingung mau harus bawa apa saja saat mendaki?

Sebagai seorang yang akan menjadi pendaki pemula, pasti kalian bingung barang bawaan apa saja yang harus dibawa dan persiapankan. Sebagai informasi penting, bisa nih simak ulasan berikut ini :

1. Pilih gunung dengan tingkat kesulitan rendah

Kwikku, Pilih gunung dengan tingkat kesulitan rendah
Sumber: alidesta.wordpress.com

Sebagai pemula, kalian perlu perkenalan dahulu terhadap medan gunung. Jadi jangan langsung pilih gunung tertinggi sebagai tujuan kalian, bisa-bisa kalian akan kaget dan kapok karena belum terlatih. Tentukan lokasi gunung yang mudah jalur dakinya dan tidak terlalu tinggi. Kalian bisa mencari informasinya dari internet ataupun teman-teman pendaki gunung

2. Ajak teman

Kwikku, Ajak teman
Sumber: wawanadie.com

Kalau ini adalah pendakian pertama kamu, jangan ambil resiko sendirian, kalian butuh pemandu ataupun teman dalam perjalanan menyenangkan ini. Setidaknya kalian tidak akan kesepian, dengan mendaki bersama akan terasa lebih asik, juga bisa saling membantu dalam perjalanan nanti. Jika ada yang berpengalaman diantara kelompok ndaki kalian itu justru lebih bagus. Akan ada yang mengarahkan dan meminimalisisr resiko yang mungkin terjadi.

3. Pantau cuaca

Kwikku, Pantau cuaca
Sumber: situsehat.indohun.org

Menentukan tanggal berapa akan berangkat adalah satu hal penting, selain untuk menyesuaikan dengan jadwal libur kalian.kalian juga harus memantau prakiraan cuaca di hari tersebut. Nah, jika cuacanya buruk, jangan paksakan diri. Itu berbahaya, dan kalian tidak akan mendapatkan pemandangan epic di sana, mending ditunda.


4. Persiapkan diri sebelum keberangkatan

Kwikku, Persiapkan diri sebelum keberangkatan
Sumber: today.line me

Persiapan ini bisa kalian lakukan dengan olahraga kecil rutin beberapa hari sebelumnya, agar otot tubuh kalian nantinya tidak stress dan kaget karena mendaki memerlukan tenaga yang fit. Jangan lupa juga asupan makanan. Tidak mungkin dong mendaki saat berpuasa bagi pendaki pemula? Bisa pingsan di perjalanan nanti. Belum lagi adanya kemungkinan suhu dingin di atas.

5. Bawa perlengkapan penting dan secukupnya

Kwikku, Bawa perlengkapan penting dan secukupnya
Sumber: zos.adventure.com

Membawa perlengkapan mendaki salah satu hal terpenting. Jangan bawa barang-barang tidak penting berlebihan. Bawalah perlengkapan yang sangat dibutuhkan nanti. Sebab jika terlalu berat fisik kalian bisa lelah karena kalian harus menggendong tas selama naik ke puncak.

 Terutama untuk kalian yang mendaki dengan rencana ngecamp dan menginap, berikut ini bebrapa hal yang perlu dibawa : kantung tidur, senter, cadangan makanan termasuk air putih, pemantik api, identitas diri, m=tenda dan matras. Jangan lupa juga menggunakan perlengkapan ndaki khusus agar lebih aman seperti sepatu pendakian, jaket, dan celana dengan bahan tebal. Untuk menghindari resiko terkena tanaman breduri dan sebagainya juga haewa dingin.

Gimana sudah siap mendaki? Yuk cuss!!!

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Pecinta One Piece, Sudah Tahukah Tentang Fakta-Fakta Supernova? Simak Ulasannya, Yuk!
10 Lagu K-Pop Cocok Banget Dijadikan Opening Serial Anime
11 Temuan Unik Asal Jepang Yang Bikin Kamu Tercengang!
Komentar