J_astor Menulis artikel
@jastor

Manfaat Berkutik dengan Dunia Seni Bagi Kesehatan Jiwa

Manfaat Berkutik dengan Dunia Seni Bagi Kesehatan Jiwa
siapa suka mendengarkan dan bermain musik? siapa suka gambar dan fotografi? siapapun yang suka seni dan keindahan, ini loh manfaatnya untuk jiwa dan otak kalian

Berbicara soal keindahan, maka kita berbicara soal seni. Seni sendiri berbagai macam bentuknya. Mulai dari musik, lukisan, gambar, fotografi, pahatan, dan masih banyak lagi. Banyak orang memiliki cara sendiri menikmati sebuah seni, bahkan terlibat langsung dalam penciptaan sebuah seni. Ternyata detail sebuah seni dan keindahan yang diciptakan punya pengaruh positif bagi jiwa manusia loh apa saja itu? beberapa diantaranya ada di bawah sini :


1. Memperbaiki emosi

Kwikku,  Memperbaiki emosi
Sumber: image.bacaanasik.cc

Sering kita temui orang-orang yang sedang tidak mood mendengarkan sebuah lagu kesukaan untuk menghapus kesedihan. Sebuah alunan musik yang indah dapat memberi dampak positif asal tidak lagu kesedihan yang diputar saat sedih. Ada juga beberapa metode seni yang digunakan sebagai terapi emosi bagi seseorang lho. diantaranya adalah terapi mewarnai.

2. Menstimulasi perkembangan otak manusia

Kwikku, Menstimulasi perkembangan otak manusia
Sumber: blog.sribu.com

Terutama pada anak-anak seni akan membuat mereka penasaran dan berpikir untuk mengkreasikannya semaunya. Misal saja saat bermain mewarna. Ia akan menggunakan warna yang hanya mereka suka, dengan coba-coba ini, mungkin saja mereka akan menemukan kreasi warna baru.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang sudah dewasa. Misalnya jika seseorang sudah berhasil membuat sebuah karya, maka ia akan tergugah untuk menciptakan lagi sebuah karya yang lebih baik dari sebelumnya. Tak hanya bagi pelaku seni, bagi mereka yang hanya selaku penikmat seni, bisa juga para penikmat ini mendapat inspirasi setelah menikmatinya sehingga dapat moodboster untuk lebih produktif dalam malakukan pekerjaannya.

3. Memperkuat memori

Kwikku, Memperkuat memori
Sumber: capitoltheatrewindsor.co

Ketika seseorang berkutat dengan seni yang diseriusinya, secara tidak langsung ia sedang melatih kemampuan ingat memorinya. Misal saat seeorang sedang tampil memainkan lagu melalui sebuah alat musik, pasti ia harus mengingat-ingat tangga nada yang harus dimainkannya agar menjadi sebuah simphoni yang pas dan sesuai.

4. Menjadi sebuah ekspresi perasaan

Kwikku, Menjadi sebuah ekspresi perasaan
Sumber: republika.com

Sebagai sebuah bentuk ekspresi perasaan seni bisa membuat tumpahan emosi secara positif. Misalnya saja, para musisi yang dari kegalauannya malah justru membawa dampak baik seperti menciptakan sebuah lagu, menulis sebuah buku, menciptakan sebuah lukisan bernilai tinggi dan masih banyak lagi.

Nah, dari pada melampiaskannya pada hal-hal negatif, seni bisa jadi pilihan baik bagi mereka yang harus berekspresi. Tak hanya soal emosi negatif, emosi-emosi positifpun bisa diluapkan dalam sebuah karya seni. Musik, lukisan, fotografi, sastra, apapun itu. Jadi nggak ada lagi dong, alasan untuk menumpahkan emosi secara brutal dengan hal negatif yang merugikan? Hehe

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Liga Champions: Lyon VS Juventus 1-0 di Babak Pertama
Ngotot Minta Ampun! 7 Chat Nyasar Ini Bikin Kamu Banting Hape Saking Keselnya!
5 Dampak Buruk Penggunaan WiFi Terhadap Kesehatan Manusia! Salah Satunya Sangat Mematikan!
Komentar