Deretan Jenis Mikrofon Cocok untuk Merekam Video, Biar Makin Kece!
Deretan Jenis Mikrofon Cocok untuk Merekam Video  Biar Makin Kece  - Reyhan Ivandi deretan,jenis,mikrofon,cocok,untuk,merekam,video,biar,makin,kece

Membuat video itu tak hanya soal gambar, video juga harus memiliki audio yang jernih untuk tampil lebih menarik. Kualitas rekaman audio juga ditentukan oleh jenis mikrofon untuk merekam video juga.

Hal ini juga sama seperti kamera yang banyak memiliki pilihan di pasaran. Kemudian, kamera yang memiliki kemampuan merekam video biasanya sudah dilengkapi mikrofon built in atau yang ada di dalamnya.

Namun, jangan harapkan kualitasnya langsung sebagus itu. Apabila tak ingin ada noise atau keberisikan yang terekam, sebaiknya anda membeli mikrofon eksternal yang tentunya memiliki keunggulan lebih jernih dan akurat dalam menangkap audio.

Mikrofon camcorder ternyata ada tiga jenis yakni dinamakan shotgun, lapel atau yang biasa disebut lavaliere dan mic tangan.

Jenis-Jenis Mikrofon yang Perlu Kamu Ketahui, Calon YouTuber.

1. Mikrofon Shotgun

Deretan Jenis Mikrofon Cocok untuk Merekam Video  Biar Makin Kece  - Reyhan Ivandi deretan,jenis,mikrofon,cocok,untuk,merekam,video,biar,makin,kece

Sumber: sony.co.id / ECM-CG60

Mikrofon jenis Shotgun ini, memiliki ciri khusus. Hal ini karena mikrofon shotgun menerima sinyal suara hanya dari satu arah.

Dan dengan bentuknya yang silinder, mikrofon Shotgun yang satu ini jadinya malah mampu menangkap dengan baik kualitas suara dari bagian depan. Tak heran apabila jenis yang satu ini dinamakan Shotgun.

Dengan kemampuannya yang cukup baik ini membuat shotgun menjadi salah satu mikrofon andalan untuk para filmmaker dalam membuat film.

Namun, para YouTuber juga suka jenis ini apabila mengandalkan kamera dslr sebagai senjata utama saat membuat video.

Yang perlu diperhatikan adalah tak semua mikrofon yang memiliki bentuk silinder seperti ini masuk di dalam kategori shotgun, anda perlu juga memerhatikan polar polanya. Hal ini bisa jadi dapat merekam sumber suara dari segala arah.

2. Mikrofon Lavaliere 

Mic jenis Lavaliere alias Lavs yang satu ini lebih sering digunakan oleh host di dalam sebuah cara televisi. Hal ini karena memang mikrofon Lavaliere bagus untuk merekam wawancara. Mikrofon model Lavs ini juga sangat cocok untuk melakukan vlog di luar ruangan oleh para YouTuber, salah satu misalnya untuk jenis video travel. 

Hal ini juga karena lavs mic yang satu ini merupakan yang paling dekat dengan mulut kita dan hanya dapat merekam suara yang benar-benar keras.

Maka dari itu, mikrofon yang satu ini cocok banget untuk mengurangi suara-suara lain yang mengganggu. Kemudian, untuk tipe Lavs sendiri ada yang memakai kabel maupun yang sudah wireless.

Ukuran Lavs mic yang sangat kecil juga menambah nilai tambah. Hal ini karena ia tidak mencolok sehingga penampilan anda tidak akan terlihat aneh.

Kemudian, cukup jepitkan di baju dan berbicaralah sambil bergerak seperti biasa dan hasilnya pun sangat jernih. Pastikan mikrofon yang satu ini tidak jauh-jauh dari mulut. Cukup pas jadi jenis mikrofon untuk merekam video.

3. Mikrofon Handheld

Lanjut ke mikrofon jenis Handheld, jenis yang satu ini pasti semua orang sudah mengetahuinya. Ya, mikrofon tangan atau handheld ini biasa digunakan oleh penyanyi maupun untuk pidato, lalu bisa dipegang tangan maupun dipasang di standing mic saat menggunakannya.

Mikrofon jenis handheld biasanya memiliki bobot yang cukup terasa di tangan serta memiliki keawetan. Lalu, keunggulannya adalah merekam dengan baik suara terdekat.

Namun, jenis yang satu ini memberikan kesan yang kaku atau terlalu resmi apabila anda menggunakannya untuk rekaman video yang gaul.

4. Mikrofon Condenser Andalan Penyanyi YouTube

Deretan Jenis Mikrofon Cocok untuk Merekam Video  Biar Makin Kece  - Reyhan Ivandi deretan,jenis,mikrofon,cocok,untuk,merekam,video,biar,makin,kece

Sumber: unsplash.com

Apabila anda ingin merekam video ala penyanyi cover yang ada di YouTube dan berada dalam studio musik, maka gunakan mikrofon condenser.

Jenis mikrofon yang satu ini memang paling keren dan mengubah suara akustik menjadi sinyal digital.

Mikrofon condenser ini pun biasanya lebih sensitif yang tinggi dan noise lebih sedikit. Selain itu, mikrofon yang satu ini juga memiki kemampuan merespon frekuensi paling komplit diantara jenis mikrofon lainnya. Mic yang satu ini juga stabil sebagai andalan para Youtuber Game dengan narasi dalam rekaman video.

5. Mikrofon Boompole alias Fish Pole

Apabila ketiga jenis mikrofon yang di atas didesain khusus untuk melakukan perekaman audio jarak dekat dan middle, untuk jauh mungkin anda bisa mencoba menambahkan boompole.

Mikrofon yang kemudian ditambah boompole akan mampu merekam dengan baik suara dengan jarak hingga 3 meter. Kemudian hal itu tidak bisa dilakukan oleh shotgun yang sangat baik sekalipun.

Mikrofon boompole yang satu ini memiliki bentuk tongkat panjang dan mikrofon dipasang di bagian ujungnya. Hal ini juga ditujukan untuk mendekatkan mic ke obyek suara. Sebenarnya, mikrofon shotgun juga bisa digunakan sebagai mikrofon di bagian ujungnya.

Deretan jenis mikrofon untuk merekam video ini memang bisa anda pilih sesuai selera. Pastinya, sesuaikan dengan kebutuhan anda, mana mikrofon yang cocok dan akan anda kenakan di saat merekam sebuah video agar mendapatkan hasil yang baik.

    Dilihat .
Saran dari Discover
19 Maret 2018

Sering Dibandingkan, Ini Perbedaan Kedekatan Vanesha Prescilla Dengan Adipati dan Iqbaal Ramadhan

17 Februari 2018

Demi Berperan Layaknya Benyamin, Reza Rahadian Ganti Gaya Rambut 12 Kali

21 Agustus 2019

Baterai Smartphonemu Cepat habis? Ini Sebabnya

25 Januari 2018

Terungkap! Ini Alasan Vanesha Prescilla Dekat Dengan Kang Adi (Pati)