Aturan Sosial Tak Tertulis di Jepang yang Harus Kamu Tahu
Aturan Sosial Tak Tertulis di Jepang yang Harus Kamu Tahu - J astor meskipun,tidak,aturan,tertulisnya,kalian,harus,tahu,beberapa,suapaya,nanti,liburan,kesana,nggak,kaget
Meskipun tidak ada aturan tertulisnya, kalian harus tahu beberapa hal ini. Suapaya nanti pas liburan kesana nggak kaget.

Jepang, sepertinya tak ada habisnya membahas negeri sakura yang satu ini. negeri yang juga terkenala akan kecanggihan teknologi, kemajuan, dan keuletan warganya ini selalu saja menarik perhatian. meskipun hidup dalam lingkungan canggih serba modern, mereka masyarakat Jepang tetap tidak melupakan adat dan aturan sosialnya loh. Bisa dibilang mereka tetap tak melupakan sejarah dengan menjaga adat yang berlaku disana.

Nah, beberapa adat atau aturan sosial masyarakat Jepang ini masih berlaku, meski tidak ada aturan secara tertulis yang mengaturnya. Mau tau apa saja?

1. Tidak merokok di jalanan/tempat umum
Tidak merokok di jalanan tempat umum
gentokyo.moe

Merokok sambil berjalan, atau merokok di area publik adalah suatu hal yang tabu di negeri sakura ini. Mereka yang ingin merokok berarti harus masuk ke ruang rokok. Mereka sadar betul bahwa merokok di tempat umum dapat mengganggu orang lain asapnya. Jadi saat kamu suatu saat berkunjung ke Jepang, jangan sekali-kali deh merokok sembarangan kaya disini, bisa-bisa diusir nanti. hee

2. Betsu-betsu
Betsu-betsu
anibee.tv

apa itu betsu-betsu? adalah istilah yang maknanya mengacu pada 'sendiri-sendiri'. Ketika kalian diajak makan oleh orang jepang. Itu artinya kalian hanya diajak untuk makan bersama, bukntuk di traktir makan bersama. jadi selalu siap sedia deh bawa dompet. tidak seperti di Indonesia atau di beberapa tempat, ketika kalian diajak makan bareng, maka akan dibayari makanannya itu tidak. Apa yang kamu makan ya silakan bayar sendiri.

3. Buang sampah di tempatnya atau bawa ke rumah
Buang sampah di tempatnya atau bawa ke rumah
grid.id

Negara yang beribu kota di Tokyo ini memang sangat terkenal bersih dan rapi. tak heran jika sampah menjadi salah satu masalah yang amat diperhatikan. Ketika seseorang tidak menemukan tempat sampah di suatu tempat, misal di area publik atau dijalanan. Maka mereka lebih memilihnya untuk membawanya pulang sampai menemukan tempat sampah.

4. Memberi kartu nama dengan menghadapkan ke penerima
Memberi kartu nama dengan menghadapkan ke penerima
techsigntic.com

Ketika berkenalan dengan sesoorang dan bertukar kartu nama, maka kalian harus menghadapkan kartu nama kalian ke penerima kartu. Jangan sampai terbalik, agar penerima dapat mudah membacanya langsung. Hal ini juga dinilai sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi lawan bicara. Nah loh, jangan sembarangan ya... kertas kartu nama saja diperhatikan sebegitu detailnya.

5. Makan mie sambil disruput sampai berbunyi
Makan mie sambil disruput sampai berbunyi
selerasa.com

Tradisi ini sama dengan tradisi Korea ya guys. mereka yang menyantap makanan berupa mie berkuah harus memakan dengan di sruput sampai berbunyi. Hal ini sebagai bentuk penghargaan mereka yang menyajikan dan hal ini juga menunjukkan kalau mie yang mereka santap itu memiliki rasa yang lezat. Tapi bagi kalian yang awal-awal nyruputnya hati-hati ya, sangan sampai deh tersedak mie karena nggak ekspert nyruputnya hehe.

    Dilihat .
Saran dari Discover
16 Agustus 2019

5 Pendaki Cantik ini adalah Aktris Tanah Air

23 Oktober 2019

Musisi-musisi Dengan Kostum Nyentrik, Beda!

30 Mei 2017

Jangan Lakukan Ini Ketika Kehilangan Dompet

15 Agustus 2019

Bikin Masker dari Buah-buah Lezat Ini Yuk!