J_astor Menulis artikel
@jastor

Ini Dia Tradisi Tahun Baru Hijriyah dari Berbagai Daerah Tanah Air

Ini Dia Tradisi Tahun Baru Hijriyah dari Berbagai Daerah Tanah Air
Tahun baru hijriyah adalah salah satu momen yang diperingati sebagai hari sakral di berbagai daerah di Indonesia. Malam satu suro ini terkesan mistik dan dianggap punya banyak keberkahan

Pergantian tahun tidak hanya berlaku pada penanggalan masehi yang jatuh pada 1 Januari saja. Namun, bagi masyarakat Indonesia, malam satu Suro (1 Muharram) dalam penanggalan Hijriyah juga malam tahun baru. Kedatangannya dianggap begitu penting, Sebuah harapan akan banyak dipanjatkan pada malam ini. Bahkan beberapa daerah mengadakan upacara khusus untuk memperingatinya.

1. UPACARA TABUT

Kwikku, UPACARA TABUT
Sumber: medcom.id

Adat yang bernuansa religi ini berasal dari Bengkulu. Upacara Tabot ini dibuat untuk mengenang perlawanan dan peristiwa meninggalnya cucu dari Nabi Muhammad SAW yakni Husein bin Ali di padang Karbala, Irak. Upacara ini sudah berlangsung sejak kepemimpinan Sultan Burhanuddin di tahun 1685

2. GREBEG SURO

Kwikku, GREBEG SURO
Sumber: detik.com

Tradisi adat ini berlaku di Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Ponorogo. Acara ini digelar tiap tahun dengan konsep tiap tahun. tak hanya berisi kirab pusaka dan gunungan tumpeng serta larungan doa ke telaga ngebel, dalam acara ini juga diadakan festival reog, di sana akan tampil pertunjukkan reog dari bebagai komunitas kelompok. Festival ini dilombakan, sehingga akan ada satu kelompok yang keluar sebagai juara. Wah selain doa bersama, kumpul bersama, warga juga dapat hiburan ya.

3. KIRAB KEBO BULE

Kwikku, KIRAB KEBO BULE
Sumber: akurat.co

Acara arak-arakan yang dipimpin (cucuk lampah/petunjuk arah) oleh kerbau albino berwarna putih ini berlangsung di kasultanan Surakarta. Kerbau bule ini dipercaya adalah keturunan milik kiai Slamet. Menurut kepercayaan disana, kerbau ini juga membawa berkah, tak heran jika dalam arak-arakan ini warga akan berebut menyentuhnya. Bahkan menurut warga, jika mereka bisa mendapat kotoran kerbau itu malah lebih bagus. Karena jika kotoran tersebut dan digunakan di tanah sawah/ladang mereka maka dipercaya hasilnya bisa melimpah.

4. BUBUR SURO

Kwikku, BUBUR SURO
Sumber: phinemo.com

Sebuah tradisi unik dan sosialis terkait tahun baru islam 1 Muharram tanah jawa selanjutnya adalah membagi-bagikan bubur suro. Bubur beras ini biasanya akan dibuat dengan campuran hasil-hasil bumi seperti palawija, sayur, maupun umbi-umbian. semua bahan tersebut dimasak menjadi satu. Tradisi ini juga berlaku di kalimantan. dengan membuat dan membagi bubur ini kepada sesama, dipercaya dapat menolak bala.

dibeberapa tempat ada juga bubur putih biasa, dengan diberi toping berbagai lauk dan disiram kuah santan. Setiap daerah punya ciri khasnya masing-masing. Selain itu bisa jadi ajang untuk mereka berbagi juga sih ya.

5. SEDEKAH LAUT BARITAN

Kwikku, SEDEKAH LAUT BARITAN
Sumber: pesona.travel

Tradisi sedekah laut ini berlangsung di desa Asemdoyong kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Tradisi ini sudah berlangsung lama, dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram. para nelayan akan melarungkan perahu kecil (ancak) yang telah dihias dan berisi berbagai macam sesajian.

Sebelum melarungkan ancak, diadakan upacara sambutan dan tarian. Pelarungan sedekah bumi dalam ancak ini dimaksudkan untuk menolak bala, agar tidak ada wabah atau hal buruk lainnya ke kampung mereka.Tradisi ini merefleksikan hubungan interaksi antara manusia, alam dan tuhan yang dibuat dalam bentuk sebuah tradisi larung hasil alam dan kapal kecil.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
5 Peraturan Unik yang Ada di Kerajaan Inggris, No 4 Sayang Banget!
5 Fakta Mengenai Tubuh Manusia yang Pasti Kalian Belum Ketahui
Ayu Ting-Ting dan Aura yang Dimilikinya, Meleleh Jangan?
Komentar