5 Tips Kece Cetak Undangan Pernikahan yang Hemat!
5 Tips Kece Cetak Undangan Pernikahan yang Hemat  - Reyhan Ivandi kamu,menikah,coba,tips,supaya,cetak,undangan,pernikahanmu,makin,hemat,namun,hasilnya,tetap
Kamu mau menikah? Nah, coba deh 5 tips supaya cetak undangan pernikahanmu makin hemat namun hasilnya tetap Wah.

Sebagai salah satu elemen penting dalam pesta pernikahan, undangan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. 

Sayangnya undangan tersebut hanya akan berakhir di tempat sampah setelah pesta pernikahan Anda selesai. 

Tentu Anda tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk hal tersebut, bukan? Tips cetak undangan nikah hemat di bawah ini sangat bermanfaat untuk memotong anggaran. 

Pada prinsipnya, biaya undangan pernikahan dapat dipangkas seminimal mungkin. Mulai dari memilih kertas dengan kualitas biasa hingga membuat desain otwhalal.com>undangan pernikahan sendiri, Anda bisa menghemat banyak biaya untuk hal yang satu ini. 

Penasaran? 

Simak tips bermanfaat berikut dan bersiaplah untuk mempraktekkannya! 

1. Desain Undangan Sendiri
Desain Undangan Sendiri
pexels.com

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dari sebelumnya.

Terkait undangan pernikahan, Anda tidak perlu lagi repot-repot mendatangi agen percetakan untuk membuat undangan. Hanya dengan mengakses beberapa situs seperti Pinterest, Anda bisa mendapatkan beragam ide undangan yang bisa digunakan.

Pilih desain undangan yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Atau jika Anda mempunyai latar belakang desainer grafis, tidak ada salahnya untuk membuat sendiri desain undangan yang diinginkan. Terdapat berbagai aplikasi dan situs yang memungkinkan Anda untuk membuat desain undangan sendiri.

Sebut saja Canva, Elli, atau Greeting Island. Aplikasi tersebut menyediakan desain undangan dengan berbagai konsep. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menyalurkan kreativitas melalui undangan pernikahan yang dibuat.

Sementara itu, untuk inspirasi undanngan pernikahan Anda bisa menemukannya via instagram, pinterest, YouTube, atau situs blog seperti otwhalal.com>otwhalal.com.

2. Cetak Mandiri
Cetak Mandiri
unsplash.com

Anda telah menemukan desain undangan yang tepat?

Kini saatnya untuk mencetak undangan tersebut. Manfaatkan printer yang ada di rumah Anda. Apabila Anda hendak mencetak undangan secara online, pastikan koneksi internet Anda tidak terganggu agar proses pencetakan tidak terhambat.

3. Pilih Kertas yang Sesuai dengan Budget
Pilih Kertas yang Sesuai dengan Budget
unsplash.com

Pemilihan kertas juga memegang peranan penting dalam menghemat pengeluaran. Apabila Anda berniat untuk mencetak undangan sendiri, carilah kertas yang cenderung tipis namun mempunyai kualitas yang baik serta tidak mudah sobek.

Selain itu, kertas yang digunakan juga dapat digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar berwarna dengan baik.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan kertas daur ulang. Jenis kertas yang satu ini mempunyai warna coklat yang unik sehingga memberikan nuansa rustic bagi undangan pernikahan Anda.

Serat kertas yang terlihat juga semakin menambah manis undangan yang Anda buat. Berikan sedikit ornamen seperti tali rami agar undangan tersebut memunculkan kesan rustic yang unik.

4. Lakukan Bersama Pasangan
Lakukan Bersama Pasangan
pexels.com

Tips berikutnya yang penting untuk diperhatikan ketika mencetak undangan nikah secara hemat adalah dengan melakukan persiapan bersama pasangan.

Anda tidak harus melakukannya sendiri karena pernikahan merupakan momen istimewa bagi Anda dan pasangan. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk membuat undangan secara mandiri sehingga dapat menghemat anggaran.

Manfaat lain mengerjakan undangan bersama pasangan adalah untuk menambah kekompakan. Pastinya dibutuhkan komunikasi dan koordinasi agar undangan Anda bisa terselesaikan dengan baik meski tidak menggunakan jasa agen percetakan.

Dengan demikian, undangan pernikahan bak karya profesional siap untuk disebarkan kepada orang-orang terdekat.

5. Cetak Sesuai Kebutuhan
Cetak Sesuai Kebutuhan
unsplash.com

Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh para calon pengantin adalah mencetak undangan dalam jumlah banyak. Hal inilah yang menyebabkan anggaran pembuatan undangan menjadi membengkak.

Alih-alih mengirimkan undangan fisik kepada seluruh tamu, Anda bisa mulai membuat daftar siapa saja yang memungkinkan untuk diundang secara online.

Undangan fisik dapat Anda gunakan untuk orang-orang yang Anda hormati seperti atasan atau kerabat yang telah berumur sehingga tidak memungkinkan untuk mengirimkan undangan secara online.

Namun untuk sahabat maupun kerabat, tidak ada salahnya untuk mengirimkan undangan secara online. Pastikan mereka bisa mengakses undangan yang Anda kirimkan.

Cara yang satu ini sangat efektif untuk memotong anggaran undangan.

Toh inti dari undangan adalah informasi yang ada di dalamnya, bukan fisik undangan tersebut. Meskipun masih ada beberapa orang yang menganggap undangan online kurang sopan, Anda dapat menyesuaikan undangan online tersebut agar lebih dapat diterima.

Jadi, Anda siap mencoba tips cetak undangan nikah hemat di atas?

Semoga bermanfaat, ya!

    Dilihat .
Saran dari Discover
02 Januari 2018

Sempat Dibilang Tak Cocok Perankan Dilan, Iqbal Buktikan Diri Mampu Menaklukan Hati Milea

25 April 2017

Dear Gebetan Tersayang, Ini Adalah Surat Terbuka Untukmu

02 September 2019

Tips Buat Para Suami, Biar Istri Makin Cinta!

07 Oktober 2019

Nikah Dijodohin ? Beneran Lanjut Enggak, Nih?