J_astor Menulis artikel
@jastor

Emosi dan Kesehatan, Hubungan Keduanya Nggak Boleh Anggep Remeh Lho

Emosi dan Kesehatan Hubungan Keduanya Nggak Boleh Anggep Remeh Lho
Tau nggak sih kalian, ternyata emosi seseorang dapat mempengaruhi kesehatan lho. Perasaan emosional dalam otak manusia berpengaruh pada pelepasan hormon-hormon dari sistem endokrin, yang berakibat pada tubuh kita, termasuk kesehatan.
Cocok buatmu

Sepertinya kita harus punya kontrol jauh lebih bagus setelah membaca ulasan ini. Psikoneuroimunologi adalah istilah yang kerap digunakan untuk menggambarkan hubungan antara kekebalan tubuh manusia dengan kondisi psikologis seseorang. Telah banyak penelitian yang membenarkan adanya Psikoneuroimunologi dalam tubuh manusia.  Akibatnya seperti diantaranya seperti :

1. Sedih berlebihan – sakit paru-paru

Kwikku, Sedih berlebihan  sakit paruparu
Sumber: dream.co

Orang yang terlalu besedih dan menahannya akan merasa sesak di dada, sulit bernafas, dalam jangka panjang bisa berpengaruh ke paru-paru. Harus bisa bahagia dong, bahagia dengan hobi dan kesibukan positif misalnya.

2. Marah - Liver

Kwikku, Marah  Liver
Sumber: mommyasia.com

Jangan marah-marah ya nanti livernya kasian, kantung empedu bisa kehilangan fungsinya ketika seseorang tak dapat mengendalikan emosi marahnya. Still kalem, hadapi dengan kepala dingin. Bukan berarti marah itu tidak boleh. Hanya saja kontrol diri bagaimanapun dapat mencegah ke dalam masalah baru yang mungkin akan timbul setelah kemarahan itu.

3. Stress - otak dan jantung

Kwikku, Stress  otak dan jantung
Sumber: caregivewarriorcom

Ketika terlalu banyak beban pikiran yang belum mampu diselesaikan jantung manusia menjadi makin tidak stabil detaknya, tekanannya makin meningkat karena pembuluh darah melebar. Hal ini menandakan bahwa stress dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh manusia. Coba kendalikan pikiran ya, cari link pertemanan dan lingkungan yang membawa pengaruh positif kepada kita. 

4. Khawatir - lambung

Kwikku, Khawatir  lambung
Sumber: erabaru.com

Pernahkah kalian merasakan perih dibagian perut lambung dan uluh hati ketika khawatir menghadapi sesuatu? Hal tersebut merupakan salah satu bagian kecil bahwa kekhawatiran tidak bagus untuk tubuh. Coba atur nafas, tarik dan keluarkan dengan irama. Rileksasi, meditasi, bisa jadi solusi sepertinya.

5. Takut - ginjal

Kwikku, Takut  ginjal
Sumber: khoahoc.tv

Pernah nggak sih kalian lihat adegan dalam film, dalam film horor misalnya, ketika mereka ketakutan mengompol. Itu salah satu contoh dari ketakutan berpengaruh ke ginjal. Ginjal sebagai penyaring darah yang hasil buangnya adalah urin cukup terganggu kinerjanya karena tak terkontrol oleh emosi ketakutan.

Jadi, yuk berusaha mengolah emosi sebaik mungkin, karena ternyata efek negatif kesehatan bisa muncul ketika emosi negatif itu menguasai diri. Bukan hanya makin membuat runyam keadaan dan orang lain ikut emosi, ujung-ujungnya yang rugi kita sendiri bukan?

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Kreatif! 7 Case Hp Ini Uniknya Gak Ketulungan, No 3 Jangan Dibawa Ke Masjid!
Tingkah Konyol Bintang K-pop yang Membuktikan Bahwa Mereka Adalah Manusia
Fakta-Fakta Anime Sailor Moon Ini Bikin Tercengang! Kamu Sudah Tahu?
Komentar