J_astor Menulis artikel
@jastor

Ini Dia Potret Alam Akibat Ketidakteraturan Cuaca

Ini Dia Potret Alam Akibat Ketidakteraturan Cuaca
Alam sepertinya juga bisa protes ya dengan caranya sendiri. Yuk introspeksi gaya hidup kita supaya alamnya lebih sehat.
Cocok buatmu

Tak bisa dipungkiri, cuaca dan suhu ekstrem bisa tiba-tiba saja menyelimuti bumi. Jadwal musiman cuaca kian tak menentu, suhu bumi makin naik dan alam sekitar seakan makin sulit untuk diprediksi. Mungkin nggak sih, ini hanya faktor alam murni? sepertinya cara hidup manusia perlu diatur lagi deh. penggunaan spray, AC, penebangan hutan berlebihan, kendaraan bermotor sepertinya juga punya andil cukup besar dalam perubahan lapisan ozon dan atmosfer bumi kita ini.

1. Air terjun Niagara beku, Amerika Serikat

Kwikku,  Air terjun Niagara beku Amerika Serikat
Sumber: times.com

Air terjun setinggi 53,6 meter ini beku oleh suku ekstrem yang melanda benua Amerika. suhu tersebut bahkan mencapai -31 derajat Celsius. Bisa kalian bayangkan nol derajat saja sudah sedingin es. Apa lagi minus tiga puluh satu, bisa jadi patung es mungkin ya.

2. Ikan mati massal, Swiss

Kwikku, Ikan mati massal Swiss
Sumber: merdeka.com

Ikan-ikan itu bergelimang di sungai Rhine dan danau Constance karena tak bisa bertahan hidup akibat cuaca ekstrem yang melanda negara ini. setidaknya ada 1 ton ikan harus di bersihkan dari danau ini. kebanyakan jenisnya adalah ikan perairan dingin yaiktu ikan grayling, ikan ini masih masuk dalam keluarga salmon. Penurunan suhu dan kadar oksigen dalam air diindikasi jadi penyebab matinya jutaan ikan ini. tak hanya melanda Swiss, Australia pun mengalami hal serupa.

3. India, suhu capai 51 derajat Celsius

Kwikku, India suhu capai  derajat  Celsius
Sumber: republika.com

Gelombang ini bahkan dikabarkan memakan korban sebanyak 36 jiwa. secara geografis, memang wilayah India sangat rentan untuk terpapar panas matahari dengan intensitas suhu jauh lebih tinggi dibanding wilayah lain, sehingga gelombang panas menjalar di kawasan negara bollywood ini.

4. Es, embun upas di dataran tinggi Dieng Indonesia

Kwikku, Es embun upas di dataran tinggi Dieng Indonesia
Sumber: okezone.com

Beberapa tahun terakhir Dieng juga diselimuti oleh kristal es, yang terbentuk dari embun yang membeku orang-orang disana menyebutnya dengan embun upas. Fenomena ini biasanya terjadi di pertengahan tahun hingga bulan Agustus. Bahkan suhunya dimusin kemarau tahun 2019 mencapai minus 8 derajat celsius.

5. Es kutub mencair, Antartika

Kwikku, Es kutub mencair Antartika
Sumber: bumoe.id

Pemanasan global juga mengakibatkan pencairan es di kutub-kutub planet bumi. Dikutip dari nationalgeographic.grid.id, mencairnya es di kutub selatan Antartika dikabarkan mengalami peningkatan hingga 6 kali lipat lebih cepat dibanding 40 tahun lalu. Antara tahun 2009-2017 saja es mencair sampai 252 miliar ton pertahun. Hal ini meningkatkan juga kemungkinan tenggelamnya kota di pesisir pantai di dunia karena peningkatan volume laut akibat mencairnya es di kutub ini.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Jadi Seram! Gambar Tokoh - Tokoh Sponge Bob Square Pants Disulap Menjadi Seperti Monster. Mau Lihat?
11 Gaya Fashion Elegan Selebriti Wanita Pada Red Carpet Blue Dragon Awards ke-40
10 Penampilan Terbaik MAMA Selama 10 Tahun Terakhir
Komentar