Ifa Alif Menulis artikel
@ifaalifk

Apa Itu Sprint Retrospective pada Scrum?

Apa Itu Sprint Retrospective pada Scrum

Sprint Retrospective dilakukan setelah Sprint Review dan sebelum Perencanaan Sprint berikutnya. Umumnya merupakan pertemuan tiga jam selama satu Sprint yang memakan waktu sekitar satu bulan. Untuk Sprint dengan jangka waktu yang lebih pendek, biasanya waktu pertemuan juga lebih singkat. Scrum Master memastikan bahwa tim development memahami tujuan dari diadakannya Sprint Retrospective. Momen Ini adalah kesempatan bagi Tim Scrum untuk meningkatkan kinerja dan semua anggota harus hadir.


Selama Sprint Retrospective, tim mendiskusikan:

Apa yang sudah berjalan dengan baik di Sprint lalu?

<[kwik-adsinhere]>

Apa yang sebaiknya diperbaiki?

Apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan performa Sprint berikutnya?


Scrum Master mendorong Tim Scrum untuk meningkatkan proses pengembangan agar lebih efektif dan menyenangkan pada Sprint selanjutnya. Selama Sprint Retrospective, Tim Scrum merencanakan cara untuk meningkatkan kualitas produk dengan meningkatkan proses kerja untuk mengakomodasi Definition of Done.

Pada akhir Sprint Retrospective, Tim Scrum harus mengidentifikasi perbaikan untuk diimplementasikan pada Sprint berikutnya. Meskipun perbaikan dapat dilaksanakan kapan saja, Sprint Retrospective memberikan waktu khusus untuk fokus pada inspeksi dan adaptasi dengan tujuan menyukseskan sprint-sprint selanjutnya. (Alif)

4
4 none
Yang mungkin kamu suka
Teliti Sebelum Belanja Online Guys, 7 Kejadian Zonk Ini Patut Untuk Di Jadikan Sebagai Contoh
Kamu Harus Tahu, Inilah Daftar Tradisi Seksual Terekstrem Pada Suku-Suku di Dunia
Kisah Brigpol Rochmat Tri Marwoto Pahlawan Masa Kini Yang Berhasil Hidupi 64 Anak Asuh
Komentar