I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

5 Hal Mistis Ini Bisa Kamu Temukan di Bali

5 Hal Mistis Ini Bisa Kamu Temukan di Bali
Inilah berbagai macam kemistisan di Bali.
Bali, disebut juga sebagai pulaunya para dewa. Kebudayaan dan keagamaan di tempat ini masih sangat kental dan terjaga sampai sekarang. Masyarakta Bali sangat menghormati leluhur mereka dan segala sesuatu yang niskala. Inilah mengapa akan sering kamu temui upacara-upacara berbau mistis atau pun cerita-cerita seputar makhluk mistis di Bali.

Dari sekian banyak kisah, berikut ini adalah 5 hal mistis yang paling populer di Bali.


1. Pengleakan

Kwikku, Pengleakan
Sumber: http://gamabali.com
Pengleakan adalah istilah untuk menyebut ilmu hitam. Ilmu ini dianggap bisa membuat seseorang menjadi abadi, alias tidak bisa mati. Di dalam pengleakan, ada tingkat-tingkat tertentu yang menandakan seberapa tinggi ilmunya. Di tingkat terendah, mereka yang ngeleak hanya bisa berubah menjadi anjing, tetapi jika sudah tinggi, maka bisa mewujud sebagai kera. Saking saktinya pengelak, biasanya masyarakat jadi enggan membicarakannya, dan mereka pun takut untuk mendatanginya. Sebab, konon pengleak yang sakti mandraguna bisa menghabisi nyawa penduduk satu desa dalam semalam saja. 

2. Leak

Kwikku, Leak
Sumber: blogspot.com
Apabila ada pengleak yang merupakan pelaku ilmu hitam, maka Leak adalah sosok dari makhluk halus yang suka mengganggu. Beberapa mungkin hanya sekadar iseng pada manusia, tetapi yang lainnya konon bisa membunuh dengan cara yang keji.

3. Rangda

Kwikku, Rangda
Sumber: balinesedancesite.files.wordpress.com
Diceritakan bahwa Rangda sebenarnya adalah perwujudan dari kemarahan Dewi Durgha. Ia dideskripsikan punya wajah yang menyeramkan, dengan kuku dan taring sangat panjang, dan lidahnya menjulur hingga kaki. Rangda juda dipercaya muncul di Pura Dalem, yang digunakan untuk memuja Dewa Shiwa. Ratu para Leak ini juga dikisahkan dapat membuat orang yang melihatnya sakit selama 3 hari, dan apabila tersentuh kain putihnya, maka dia bisa mati tanda dapat reinkarnasi.

4. Celuluk

Kwikku, Celuluk
Sumber: youtube.com
Makhluk mistis ini juga erat kaitannya dengan Rangda. Celuluk diceritakan sebagai salah satu pengikut Rangda, dan memang wujudnya pun tidak kalah menyeramkan. Wujud seramnya itulah yang biasa digunakan untuk menakut-nakuti manusia. Namun, ketika kita mengancamnya, dia akan takut sendiri karena sebenarnya Celuluk sangatlah penakut.

5. Calonarang

Kwikku, Calonarang
Sumber: alitmd.com
Calonarang sebenarnya merupakan pertunjukan kesenian, yang dilakukan oleh seorang Balian dengan kekuatan tinggi. Mereka akan memanggil Leak dan mengadu para Leak satu sama lain. Risiko permainan mistis ini sangat besar, karena yang kalah akan mati. Selain itu, para penonton pun harus menonton pertunjukan sampai habis, atau kalau tidak dia akan mati diganggu para Leak yang dipanggil para Balian.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Suka Teriak-teriak, Tokoh-tokoh Ini Dikenal Paling Berisik!
Chen EXO Akan segera Menikah, Calon Pengantin Wanita Telah Hamil?
Chelsea Menyerah 0-3 dari Bayern Muchen
Komentar