Black Hole, Si Lubang Hitam Penghisap Bintang dan Planet
Black Hole  Si Lubang Hitam Penghisap Bintang dan Planet - Indahhikma masing-masing,galaksi,memiliki,lubang,hitam,tapi,sebenarnya,benda,luar,angkasa,yang,disebut-sebut,penuh,misteri
Masing-masing galaksi memiliki lubang hitam. Tapi apa sih sebenarnya benda luar angkasa yang disebut-sebut penuh misteri ini?

Para ilmuwan sudah mencari tahu tentang keberadaan Black Holes sejak tahun 1783. Saat itu John Mitchell untuk pertama kalinya mencetuskan ide tersebut. Tapi setelah itu banyak misteri dari berbagai sudut pandang yang hingga kini masih sulit dipecahkan.

Faktanya, penelitian dari Universitas Peking membuktikan bila luas dari Black Holes mencapai 12,8 milyar tahun cahaya dari bumi. Itu artinya, cahaya yang mengelilingi lubang hitam memulai perjalanannya ke bumi kurang dari 1 miliar tahun setelah ledakan Big Bang.

Tapi apa sebenarnya Lubang Hitam itu?

1. Black Hole dulunya bintang
Black Hole dulunya bintang
www.thespaceacademy.org

Bintang hidup dalam waktu yang lama. Namun sama seperti kita, mereka tidak bisa hidup selamanya. Perlahan-lahan mereka terbakar dan menjadi bahan bakar yang selalu bersinar. Kemudian melalui proses yang tergantung dari massanya.

Para bintang kemudian bertransformasi menjadi butiran putih, hingga akhirnya terbentuklah lubang hitam. Sedangkan mereka yang berukutan besar akan meledak jika sudah waktunya. Kemudian ledakan tersebut akan menelan dirinya sendiri. Sehingga ukurannya semakin kecil namun massanya tidak. Sementara gravitasi yang diciptakan begitu kuat hingga menyerap segala sesuatu yang di sekitarnya. 

2. Ada tiga macam lubang hitam
Ada tiga macam lubang hitam
www.smithsonianmag.com

Lubang hitam terdiri tiga macam, yakni Primordial yang memiliki ukuran kecil namun beruang cukup luas. Kemudian Stellar yang paling sering ditemukan, ukurannya 20 kali lebih besar dari matahari. Terakhir, supermasif yang baru ditemukan dan beratnya satu juta kali dari matahari. 

3. Tidak bisa dilihat dari mata telanjang
Tidak bisa dilihat dari mata telanjang
interactive.wttw.com

Alasan Black Hole berwarna hitam adalah tarikan gravitasi di pusatnya yang begitu kuat sehingga menghabiskan segala sesuatu yang ada di sekitarnya termasuk cahaya. Namun menariknya setiap benda dan cahaya yang masuk tidak memantul sebagai mana mestinya.

Bintang yang ditarik ke dalam lubang akan pecah dan menjadi terdistorsi. Saat tersedot masuk, potongan materi dari bintang bergerak lebih cepat, menciptakan panas yang hebat dan memancarkan sinar X. Proses itulah yang digunakan oleh astronom untuk mengidentifikasi lubang. 

4. Lubang hitam membantu menciptakan galaksi
Lubang hitam membantu menciptakan galaksi
www.spaceanswers.com

Meski masih menjadi perkiraan, namun para astronom meyakini bila bintang besar meledak, maka lubang hitam akan terbentuk. Kemudian sisanya akan membentuk galaksi.

5. Ada lubang hitam di Bima Sakti
Ada lubang hitam di Bima Sakti
astrochara.wordpress.com

Para ilmuwan meyakini bila ada lubang hitam supermasif di setiap galaksi, termasuk Milky Way. Ada satu pusat di tengah galaksi kita yang dikenal dengan Sagittarius A.

Kalau kamu mungkin khawatir apakah bumi berada dalam bahaya karena akan tersedot ke dalamnya? Tak perlu khawatir, sebab lubang hitam di Bima Sakti berjarak 26.000 tahun cahaya dari Bumi.

Lubang hitam disebut juga sebagai ruang penuh kegelapan yang bahkan memiliki gravitasi kuat. Sehingga benda-benda di sekitarnya bisa tersedot masuk. Hingga kini para ilmuwan masih meneliti tentang Black Hole, guys. (ind)

Source: Cbc.ca

    Dilihat .
Saran dari Discover
10 Juni 2018

10 Gambaran Galaksi di Luar Angkasa Bikin Kamu Ngerasa Bagai Butiran Debu

27 April 2018

Saking Cintanya Pada Buku, Pria Ini Buat Kreasi Mengagumkan dari Buku Koleksinya!

23 Oktober 2018

Buat Rumahmu Makin Ciamik dengan Pagar Kayu, Ini Cara Membangunnya

09 Agustus 2017

17 Karya Photoshop yang Beda Banget sama Aslinya. Teknik Jitu Membuat Foto jadi Lebih REALISTIS!