Jelajah Nusantara Sembari Menilik Kelezatan Takjil Dari Berbagai Daerah Berikut!
Jelajah Nusantara Sembari Menilik Kelezatan Takjil Dari Berbagai Daerah Berikut   - Indahhikma selain,campur,kopyor,indonesia,juga,punya,takjil,khas,dari,berbagai,daerah
Selain es campur dan kopyor, Indonesia juga punya takjil khas dari berbagai daerah lho

Puasa belum lengkap bila tidak mencicipi takjil saat berbuka. Di Indonesia sendiri, selama menjelang Adzan Magrib banyak berjajar pedagang-pedagang yang menawarkan makanan ringan. Ada pula yang memberinya secara cuma-cuma.

Bahkan bulan Ramadhan jadi ajang untuk mencari takjil, baik di masjid hingga jalanan. Jika selama ini kamu hanya mengenal es campur, kopyor, dan kolak sebagai makanan pembuka untuk berbuka. Ternyata di lima daerah di Indonesia ini punya makanan ringan khas yang hanya ada di bulan Ramadhan, lho.

Apa saja?

1. Lomang
Lomang
mstar.com.my

Lomang berasal dari Bahasa Batak. Sementara dalam Bahasa Melayu berarti Lemang, dan Lamang untuk Minangkabau.

Sebenarnya kata tersebut berasal dari cara memasak dari kue itu sendiri dengan menggunakan wadah bambu. Dengan dibalut daun pisang, cara memakannya yakni dicocol dengan tapai hitam atau diiris tipis. Cara lainnya yakni dengan dimakan bersama srikaya atau selai durian. 

2. Es Pallu Buntung
Es Pallu Buntung
ksmtour.com

Es pallu buntung memiliki bentuk sama dengan es pisang ijo yang biasanya ditemukan di pinggir jalan. Jenis minuman sekaligus makanan segar ini berbahan dasar pisang namun tak memiliki lapisan kulit layaknya es pisang ijo.

Cara penyajiannya yakni dengan dicampur serutan es, sirup dan susu kental manis. Rasanya yang manis dan enak bukan main, benar-benar bisa melegakan tenggorokan.

3. Es Selendang Mayang
Es Selendang Mayang
satujam.com

Penampilannya yang berwarna pink, merah dan kuning membuat siapa pun yang melihatnya tergugah untuk mencicipi. Es selendang mayang yang berasal dari Betawi terbuat dari kuah santan, gula, sagu, tepung beras, dan tepung hunkwe. Meski jajanan ini sulit ditemukan, tapi saat bulan puasa jadi minuman favorit banyak orang.

4. Kicak
Kicak
100resepmasakan.com

Kicak merupakan jajanan khas Kota Yogyakarta. Kendati demikian makanan ini hanya dijual selama bulan puasa. Dulunya dibuat dengan singkong. Namun kini para penjual telah berinovasi dengan campuran ketan dan kelapa parut, gula, vanili, garam, daun pandan masak serta potongan nangka.

Rasanya yang manis bercampur dengan kesegaran parutan kelapa menjadikan kuliner khas ini banyak diminati. Aroma dari nangka dan daun pandan begitu terasa sehingga benar-benar menggugah selera. 

5. Bubur kampiun
Bubur kampiun
cookpad.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bubur sumsum, bukan? Tapi bagaimana bila jajanan tersebut dipadukan dengan kolak ubi, pisang, candil, bubur delima, dan ketan hitam. Maka jadilah bubur kampiun.

Banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, bubur ini memiliki nama asli Kampioen (Bahasa Belanda) yang berarti pemenang. Berawal dari seseorang yang mengikuti lomba masak pada tahun 60-an dan keluar sebagai juara, maka terciptalah bubur Kampiun.

Menggugah selera semua, bukan? Kekayaan Indonesia akan suku dan bangsa menjadikan kulinernya juga berankea ragam. Yuk dipilih mana favoritmu? (ind)

Source: Tiket.com


    Dilihat .
Saran dari Discover
01 Mei 2018

Biasanya Diganjal Pakai Batu atau Balok Kayu, Tapi Ganjal Pintu Ini Justru Bikin Ruangan Jadi Cantik

15 September 2017

Wajib Tahu! Ini 7 Fakta Unik Padang Pasir

08 Mei 2018

Capai Miliaran, 4 Seleb Ini Gelar Pernikahan Mewah Banget!

25 Juni 2018

Tidak Tamat Sekolah, 5 Selebriti Tanah Air Buktikan Kesuksesan Dengan Jalannya