Sosok Minke di Bumi Manusia Akan Diperankan Oleh Iqbaal Ramadhan, Kok Bisa?
Sosok Minke di Bumi Manusia Akan Diperankan Oleh Iqbaal Ramadhan  Kok Bisa  - Indahhikma banyak,yang,bertanya,mengapa,harus,iqbaal,yang,memerankan,minke,dalam,bumi,manusia,berikut,alasannya
Banyak yang bertanya mengapa harus Iqbaal yang memerankan Minke dalam Bumi Manusia? Berikut alasannya!

Penggemar sastra klasik dikagetkan dengan salah satu buku tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia akan diangkat ke layar lebar. Yang lebih membuat takjub lagi salah satu pemeran penting dalam novel adalah Iqbaal Ramadhan.

Dalam film terbaru kali ini, pemeran Dilan itu akan memainkan sosok Minke yang menjadi jantung dari tetralogi Pulau Buru. Sontak hal tersebut banyak diperbincangkan oleh netizen yang tak lain adalah fans dari Pramoedya Ananta Toer. Kendati demikian, sang sutradara Hanung Bramantyo memiliki alasan tersendiri.

Kira-kira apa ya alasannya? Simak ulasannya berikut ini yuk!

1. Minke adalah sosok modern
Minke adalah sosok modern
tribunnews.com

Meksi dikisahkan Minke hidup di era 1900-an, namun sebenarnya ia merupakan sosok pemuda modern. Usianya baru 20 tahun, ia juga mengalami gejolak-gejolak anak muda seperti pada umumnya.

Ia juga seorang pemuda yang tidak mau terpaku paka adat Jawa, salah satunya adalah menggunakan kain jarik. Dia maunya pakai celana panjang, persis seperti anak muda modern masa kini.

Sementara Iqbaal merupakan sosok pemuda milenial yang kini tengah menjadi inspirasi anak-anak lainnya. Hanung ingin pemeran Minke juga merasakan gejolak anak muda, dan Iqbaal adalah karakter yang pas untuk itu. 

2. Minke adalah Indonesia
Minke adalah Indonesia
www.kapanlagi.com

Hanung menyampaikan bahwa melihat sosok Minke sama halnya melihat Indonesia. Meski di tahun 1900 Indonesia di bawah kolonial Belanda namun pergerakan globalisasi berjalan begitu cepat.

Sama halnya di masa Iqbaal hidup. Di mana segala sesuatu berbau barat, modernisasi mengalir begitu saja memasuki kehidupan anak muda. Sehingga Hanung dan tim tak mau salah pilih dan Iqbaal adalah salah satu perwakilan anak muda yang merasakan hal tersebut.

3. Minke berusia 20 tahun
Minke berusia 20 tahun
hot.detik.com

Tertulis jelas di dalam novel bila sosok Minke masih berusia 20 tahun. Ia seperti pemuda pada umumnya yang mengalami pergolakan batin. Sementara Iqbaal baru saja menginjak usia 18 tahun.

Dunianya juga hampir sama dengan Minke yakni hasrat anak muda, dan segala perputaran kehidupan ala anak yang baru saja beranjak. Untuk itu Hanung dan tim produksi memilih yang benar-benar cocok dengan karakter tersebut.

4. Minke dan Iqbaal sama-sama cerdas
Minke dan Iqbaal sama-sama cerdas
thejakartapost.com

Digambarkan dalam novel bila Minke merupakan sosok pemuda cerdas dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Hanung tidak ingin karakter ini jatuh pada orang yang salah. Akhirnya ia dan Aristo selaku penulis skenario menjatuhkan pilihan pada Iqbaal yang dinilai menggambarkan sosok tersebut di masa kini. 

5. Iqbaal dan Minke menjaga haknya sebagai Warga Negara Indonesia
Iqbaal dan Minke menjaga haknya sebagai Warga Negara Indonesia
tribunnews.com

Diketahui Iqbaal tengah menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Kendati demikian ia tetap berusaha menjadi Warga Negara Indonesia seutuhnya di negeri orang. Baginya, walau bagai manapun ia membawa nama Indonesia di kancah internasional. Sedangkan Minke adalah sosok yang berani melawan haknya saat arus dan budaya Eropa mulai memasuki negerinya. Keduanya saling berelasi.

6. Iqbaal dan Minke tak ingin terbawa arus globalisasi
Iqbaal dan Minke tak ingin terbawa arus globalisasi
sidomi.com

Meski Minke bergaul dengan orang-orang Eropa dan berpenampilan layaknya mereka, namun ia tak ingin terbawa arus globalisasi yang kala itu sangat keras.

Sementara Iqbaal berpendapat bahwa selama dirinya di Amerika Serikat, ia tak ingin terbawa arus globalisasi meski Indonesia menjadi sasaran empuk. Ia tetap ingin menjadi orang Indonesia dan mengusung budayanya kapan dan di mana pun.

Dari segi cerita dan karakter, Bumi Manusia merupakan kisah tanpa celah. Segala aspek kehidupan kini tergambar jelas dalam karya Pram tersebut. Jadi, tunggu tanggal mainnya Iqbaal akan menjadi Minke di layar lebar ya. (ind)


    Dilihat .
Saran dari Discover
19 Januari 2018

Pidi Baiq Tak Hadiri Gala Premier di Jakarta, Kecewakah Dengan Film Dilan 1990?

21 Januari 2018

Promo di Depok Tanpa Dilan, Cast Tetap Semangat!

23 September 2019

Cincin Permata Chic yang Patut Dilirik dan Dikoleksi

04 Desember 2017

Musim Hujan, Lihatin Deretan Meme Gorengan yang Bikin Kepedesan Sambil Nahan Tawa