5 Firaun Wanita Penguasa Mesir Kuno Ini Dikenal Paling Hebat dan Cantik
5 Firaun Wanita Penguasa Mesir Kuno Ini Dikenal Paling Hebat dan Cantik - I D Pran firaun,wanita,mampu,memimpin,mesir,kuno,dengan,baik
Firaun wanita ini mampu memimpin Mesir Kuno dengan baik.
Sumber foto header: blogspot.com

Pharaoh atau Firaun, adalah penguasa Mesir Kuno yang selalu diagung-agungkan memiliki kehebatan layaknya dewa. Para Firaun biasanya digambarkan sebagai sosok lelaki lalim yang memimpin semena-mena. Namun, rupanya bukan hanya lelaki, beberapa tampuk kepemimpinan sebagai sang Firaun juga pernah dimiliki oleh para wanita.

Para wanita ini dikenal tidak hanya cantik tapi juga berpengaruh dalam tampuk kepemimpinannya. Diketahui juga bahwa tampaknya Firaun wanita pertama, sempat ingin dihilangkan dari sejarah. Lalu, siapa saja kah para Firaun wanita tersebut? Berikut ini 5 yang saja yang akan kita ulas.

1. Ratu Cleopatra
Ratu Cleopatra
haikudeck.com
Cleopatra, putri Ptolemy Auletes, adalah salah seorang pemimpin yang menjadi ikon kecantikan dunia, dari dulu sampai sekarang. Namanya begitu tersohor berkat kecantikannya, yang bahkan bisa membuat Julius Caesar memuja dirinya. Cleopatra sendiri menjadi ratu di usia 18, usai dia menikahi adil laki-lakinya yang berusia 12 tahun. Meskipun dapat membawa Mesir ke peradaban yang maju dan sukses, tapi ia dikenal sebagai ratu yang sadis. Ia pun kemudian wafat di usia yang masih 39 tahun.

2. Ratu Nefertiti
Ratu Nefertiti
daily.jstor.org
Awalnya, Nefertiti adalah istri dari seorang Firaun bernama Akhenaten. Kemudian suaminya tersebut meninggal dan dia menggantikan sebagai Firaun selanjutnya, sambil menunggu Firaun baru. Nefertiti dikenal sebagai putrinya para dewa dan dialah yang berkuasa di sungai nil. Hal ini karena memang pada masa kekuasaannya, dia sangat gencar menyebarkan hal-hal berbau keagamaan. Sampai-sampai hanya dewa Aten yang disembah pada saat itu. Meskipun Nefertiti dulunya sempat terlupakan, tetapi ia menjadi populer usai patungnya ditemukan.

3. Ratu Hatshepsut
Ratu Hatshepsut
ancient-origins.net
Ada yang mengatakan bahwa Hatshepsut adalah Firaun wanita pertama di Mesir. Selain itu, jabatannya juga paling lama daripada Firaun wanita lainnya. Ia sendiri merupakan pemimpin ke lima dari dinasti ke delapan. Hatshepsut sempat diperkirakan tewas akibat kanker tulang, tetapi setelah diselidiki sepertinya ia meninggal akibat zat beracun pada kosmetiknya. Kuilnya sendiri masih populer sampai sekarang.

4. Ratu Sobekneferu
Ratu Sobekneferu
wikimedia.org
Tampuk kepemimpinan Sobekneferu mungkin hanya empat tahun, tetapi dia dikenal sebagai pemimpin yang cukup sukses pada masanya. Sobekneferu sendiri memimpin sebagai Firaun di dinasti ke 18, hingga akhirnya dia digantikan oleh Firaun selanjutnya. Ia juga sering digambarkan selalu memerintah dengan pakaian laki-laki dan didampingi laki-laki.

5. Ratu Khentkaus I
Ratu Khentkaus I
wonderslist.com

Bisa dibilang kehidupan Khentkaus I memang ditakdirkan menjadi Firaun. Ayahnya sendiri merupakan Firaun bernama Menkaure, kemudian kedua anaknya pun menjadi Firaun selanjutnya. Khentkaus I memimpin Mesir bersama suaminya, Shepsekaf di dinasti ke empat.

    Dilihat .
Saran dari Discover
16 Desember 2017

10 Meme 'Kebanyakan Micin' yang Bisa Buat Ketawamu Semakin Gurih

13 September 2017

Negara Paling Dermawan di Dunia Tahun 2017, Ternyata Indonesia Termasuk!

27 Juni 2018

5 Kematian Tragis Para Seleb Ini Disebabkan Oleh Penggemarnya Sendiri

08 Januari 2018

Ternyata! Beginilah Dibalik Layar Proses Pembuatan Film Titanic yang Melegenda!