I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Inilah 5 Dewa-Dewi Mesir yang Paling Sering Dipuja pada Masanya

Inilah 5 Dewa-Dewi Mesir yang Paling Sering Dipuja pada Masanya
Mesir Kuno dan keberagaman dewa-dewinya
Mesir kuno memang dikenal sebagai peradaban yang sangat maju. Terlihat dari bagaimana mereka membangun piramid-piramid raksasa yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Mereka juga dikenal dengan mumi-mumi para rajanya yang masi awet sampai sekarang. Selain itu, dari relif-relif yang terukir di dinding-dinding pun diketahui bahwa dulunya bangsa ini memuja banyak sekali dewa.

Dewa-dewa di mesir tidak kalah populernya jika dibanding dewa-dewi Yunani. Mereka digambarkan begitu kompleks dan misterius, serta begitu dipuja oleh masyarakat. Namun, dari sekian banyak dewa, berikut ini adalah 5 dewa-dewi Mesir Kuno yang paling banyak dipuja dan paling populer.

1. Dewa Matahari Ra

Kwikku, Dewa Matahari Ra
Sumber: quoracdn.net
Dewa Ra, dikenal juga denga nama Amun Ra setelah penggabungannya dengan Amun, merupakan dewanya para dewa. Dialah sang tertinggi dalam status kedewaan Mesir Kuno. Ra dipercaya akan tertelan langit setiap sore menjelang, ia menempati alam kematian di malam hari yang petang, dan akan terlahir di pagi hari. Begitu terus sepanjang hari. Bahkan di dinasti ke 5, Firaun yang agung pun dipercaya sebagai putra Ra. Sehingga kekuasaannya memang sangat mutlak. Hal itu juga yang menjadi alasan mengapa setiap tahta Firaun selanjutnya, selalu disisipi nama Ra.

2. Dewa Kematian dan Kehidupan Osiris

Kwikku, Dewa Kematian dan Kehidupan Osiris
Sumber: ancient-origins.net
Bisa dibilang, Osiris adalah dewa yang multitalenta. Dewa satu ini menguasai kekuatan kebangkitan, kesuburan, serta kematian. Inilah mengapa dia juga paling banyak disembah oleh masyarakat. Namun, Osiris dibunuh oleh Seth dan ia pun meninggalkan kebijaksanaan untuk Horus, anaknya. Dari kebijaksanaan tersebut pula, Horus berhasil mengalahkan Seth. Osiris juga dipercaya sebagai raja di alam baka.

3. Sang Ratu Tahta, Aset

Kwikku, Sang Ratu Tahta Aset
Sumber: pinterest.com
Aset lebih dikenal dengan nama Isis, dia merupakan dewi yang menjadi istri Osiris. Isis adalah dewi yang dipercaya sebagai dewi kesuburan, di mana pengikutnya biasanya berprofesi sebagai bidan maupun tabib. Isis juga lah yang mengenalkan proses mumifikasi. Dia memumkan suaminya, Osiris, yang telah dibunuh oleh Seth.

4. Dewa Badai Seth

Kwikku, Dewa Badai Seth
Sumber: pinterest.com
Inilah Seth, dewa yang menjadi pencabut nyawa Osiris. Awalnya, Seth merupakan dewa penguasa badai dan gurun, tetapi kemudian segala hal buruk seperti gerhana dan gempa bumi dipercaya adalah akibat Seth. Di kelahirannya pun, Seth digambarkan menyobek perut sang ibu. Inilah mengapa gambar Seth banyak dihapus dari kuil-kuil. Masyarakat Mesir juga kerap kali menggambarkan bentuk rupanya sebagai babi, kalajengking, buaya bahkan kuda nil. Meskipun dikenal sebagai dewa yang jahat, dia tetap banyak dipuja sebagian orang.

5. Dewa Kebijaksanaa dan Pengetahuan Thoth

Kwikku, Dewa Kebijaksanaa dan Pengetahuan Thoth
Sumber: http://i-cias.com
Thot adalah dewa yang menjadi sumber segala bentuk pengetahuan di dunia. Dia dipercaya memberikan berkah sehingga orang-orang bisa menulis, terutama tulisan hieroglyphic. Dia juga yang dipercaya menemukan obat-obatan serta ilmu sihir. Thoth juga merupakan dewa yang netral, dia berada di sisi baik maupun buruk, karena pengetahuan memang bentuknya netral dan tidak memihak.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Samsung Galaxy M31 Resmi Dirilis, Hadirkan Baterai Jumbo 6.000 mAh!
Anime Eizouken ni wa Te o Dasu na! Umumkan Pengisi Suara untuk Para Karakter
Lucu, Motif Pakaian dan Aksesoris Orang Ini Sama Dengan Benda Sekitar
Komentar