I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Serem Gila! Bukan Hanya Lintah, 10 Hewan Vampir Ini Juga Suka Menghisap Darah

Serem Gila Bukan Hanya Lintah 10 Hewan Vampir Ini Juga Suka Menghisap Darah
Makhluk penghisap darah biasanya identik dengan hal-hal berbau mistis, dan kerap digambarkan sebagai vampir. Namun, binatang pun ternyata ada yang berperilaku demikian, mereka ini disebut sebagai hematophagous alias hewan pemakan darah. Ngeri.
Kamu yang sering membaca novel fiksi atau film fantasi, pasti sangat mengenal dengan makhluk jejadian bernama vampir. Di cerita-cerita, para vampir digambarkan punya tabiat yang menyeramkan karena suka menghisap darah dan bahkan bisa membuat si tergigit berubah menjadi vampir juga. Rupanya, di dunia nyata pun ada hewan-hewan yang punya karakteristik seperti vampir. Mereka menghisap darah sebagai makanan untuk bertahan hidup. Contohnya saja lintah, yang spesiesnya tersebar hampir di seluruh dunia, terutama di wilayah-wilayah tropis.

Namun, ternyata bukan lintah saja yang seperti itu. Berikut ini 10 hewan penghisap darah lainnya.

1. Kutu Busuk

Kwikku, Kutu Busuk
Sumber: /penjagarumah.com
Salah satu hewan penghisap darah yang cukup mengganggu adalah kutu busuk, atau yang biasa dikenal sebagai kepinding. Hewan ini mungkin dulunya lebih sering ditemukan di goa-goa atau tempat gelap lainnya, tetapi sekarang sudah mulai menyebar hingga rumah-rumah. Mereka menggigit, menghisap darah dan menyebabkan gatal-gatal di kulit.

2. Kutu(Louse)

Kwikku, KutuLouse
Sumber: kompas.com
Kutu yang satu ini paling sering ditemukan bersarang pada rambut-rambut makhluk hidup, entah itu manusia atau hewan. Mereka biasanya menetap di rambut atau tempat-tempat lain di are tubuh. Perkembangannya pun cukup pesat dan kerap kali meninggalkan infeksi bakteri tifus atau demam pada tubuh inang yang dihisap darahnya.

3. Nyamuk Betina

Kwikku, Nyamuk Betina
Sumber: serbaonline.com
Nyamuk adalah hewan penghisap darah yang paling sering dijumpai. Mereka menyedot darah manusia maupun hewan mamalia. Namun, sebenarnya hanya nyamuk betina yang melakukannya, supaya mereka bisa mendapat protein yang cukup untuk mengandung anak-anaknya. Sedangkan nyamuk jantan lebih suka mengonsumsi nektar pada bebungaan. Selain itu, beberapa jenis nyamuk juga kerap kali membawa penyakit seperti malaria, demam berdarah dan lain sebagainya, yang jika tidak ditangani dengan baik bisa menimbulkan kematian.

4. Pinjal(Flea)

Kwikku, PinjalFlea
Sumber: blogspot.com
Jenis kutu yang satu ini memiliki bentuk yang sangat pipih dan sangat ahli dalam melompat dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, mereka juga tidak begitu saja pergi dari inangnya setelah kenyang menghisap darah. Parahnya, ketika sudah mendiami tikus, mereka bisa menjadi penyebab tersebasnya wabah pes.

5. Caplak(Tick)

Kwikku, CaplakTick
Sumber: wikihow.com
Caplak punya daya konsumsi yang sangat tinggi terhadap darah, mereka bahkan bisa meminum darah sebanyak 600 kali lipat berat tubuh sendiri. Mereka juga tipe serangga yang bisa menyebarkan penyakit terhadap mangsanya.

6. Serangga Penghisap Darah/Kissing Bug

Kwikku, Serangga Penghisap DarahKissing Bug
Sumber: nbcdfw.com
Binatang satu ini selain menghisap darah juga menyebarkan penyakit untuk mangsanya. Hanya dari gigitannya pada salah satu anggota tubuh, maka bisa menimbulkan kulit yang melepuh. Jika reaksi alerginya tinggi bisa membuat korbannya sampai sesak napas dan kejang-kejang. Gigitan mereka juga dapat memicu parasit dan menimbulkan penyakit Chagas. Jadi sebaiknya hati-hati dengan kissing bug.

7. Candiru

Kwikku, Candiru
Sumber: http://allthatsinteresting.com
Candiru adalah hewan yang tersebar di sungai Amazon maupun Orinoco. Ukuran tubuh mereka sangat kecil, sehingga bisa masuk ke saluran tubuh manusia. Jika sudah menginang di dalam tubuh, mereka akan menyedot darah inang. Bisa dibilang, hewan satu ini adalah teror mengerikan yang dihadapi manusia.

8. Lamprey

Kwikku, Lamprey
Sumber: worldbook.com
Apakah kamu seperti melihat alien? Memang benar bahwa Lamprey punya bentuk yang aneh dan mengerikan pada mulutnya. Ketika lapar, mereka pun sangat ganas karena bisa menancapkan gigi-gigi menyeramkan itu ke tubuhmu dan menyedot darahmu tanpa ampun. Hidup mereka pun bisa di air asin maupun tawar. Benar-benar seperti alien.

9. Kelelawar Vampir

Kwikku, Kelelawar Vampir
Sumber: okezone.com
Sebenarnya rata-rata kelelawar adalah hewan pemakan buah-buahan. Namun, beberapa spesiesnya memang ada yang meminum darah, inilah mengapa mereka dinamakan kelelawar vampir. Bahkan mereka pun bisa menyebarkan rabies pada para korbannya. Tidak heran jika zaman dulu kerap kali penderita rabies disebut-sebut sebagai manusia yang terjangkit vampir.

10. Burung Finch

Kwikku, Burung Finch
Sumber: blogspot.com
Sama seperti spesies kelelawar yang sebagian mengonsumsi buah-buahan, burung finch pun demikian. Namun, beberapa spesies lebih suka mengonsumsi darah dari makhluk lainnya, terutama pada burung laut yang kerap mereka lukai dan diminum darahnya.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Kocak! 11 Bocah Ini Mirip Pesohor Dunia
Momen Emansipasi Pada 2018 Untuk Wanita Di Dalam K-Entertainment
Taraaaa, Inilah Rahasia Awet Muda Ala Jepang yang Wajib Kamu Ketahui
Komentar