Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Fakta Unik Dari Bob Dylan yang Namanya Disebut-sebut Digunakan Pidi Baiq Untuk Karakter Dalam Novel

Fakta Unik Dari Bob Dylan yang Namanya Disebut-sebut Digunakan Pidi Baiq Untuk Karakter Dalam Novel
Katanya sih nama Dilan di novel Dilan 1990 diambil dari nama musisi legendari, Bob Dylan. Siapa sih sebenarnya sosok tersebut?

Bob Dylan dikenal sebagai penyanyi dan pencipta lagu asal Amerika yang hingga kini musiknya masih dinikmati penggemar. Sebagai seorang musisi legenda, ia telah menelurkan banyak album mulai dari Bob Dylan (1962) hingga Triplicate (2017).

Meski kini usianya tidak lagi muda, namun Bob Dylan masih kekeuh dengan musiknya yang bergenre folk, blues, rock, country hingga gospel. Sebagai penyanyi serba bisa, tak ayal jika junjungan Ayah pencipta Dilan, Pidi Baiq juga menggemarinya.

Bahkan nih, menurut kabar nama karakternya yang terkenal itu diambil dari nama belakang sang musisi. Terlepas dari benar tidaknya, penggemar Dilan dan Milea harus tahu nih fakta tentang musisi legenda berikut ini!

1. Nama aslinya bukan Bob Dylan

Kwikku, Nama aslinya bukan Bob Dylan
Sumber: pitchfork.com

Sebagai musisi tenar, Bob Dylan lahir dengan nama asli Robert Allen Zimmerman. Ia mulai mengenal dunia pada 24 Mei 1941 di Duuluth, Minnesota. Kemudian namanya resmi diganti pada tahun 1962 karena terisnpirasi dari pujangga terkenal, Dylan Thomas.

2. Memulai karir di usia 20 tahun

Kwikku, Memulai karir di usia  tahun
Sumber: rollingstone.com

Dylan menandatangani kontrak dengan Columbia Record di usianya yang ke 20 tahun. Itu artinya ia harus meminta persetujuan terlebih dahulu kepada orang tua namun tak direstui. Sampai akhirnya ia meyakinkan John Hammond jika dirinya adalah anak yatim piatu agar bisa menandatangani kontrak tersebut.

3. Dijuluki Master of War

Kwikku, Dijuluki Master of War
Sumber: newstatesman.com

Pada tahun 1963, ia menciptakan sebuah lagu yang berisi protes kuat terhadap militer kala itu. Musik dan liriknya pertama kali muncul di sampul majalah Broadside. Sejak saat itu ia dijuluki pemberontak dan Master of War.

4. Menciptakan lagu paling berpengaruh

Kwikku, Menciptakan lagu paling berpengaruh
Sumber: rollingstone.com

Pada tahun 1965, ia menciptakan sebuah lagu berjudul Like a Rolling stone. Kemudian single tersebut dianggap paling berpengaruh pada musik modern. Meski nyaris tanpa editan, namun lagu itu kaya akan nada dan uniknya lirik ditulis dalam 6 hingga 20 halaman. Wow!

5. Mengenalkan The Beatles pada marijuana

Kwikku, Mengenalkan The Beatles pada marijuana
Sumber: esquire.com

Pada 28 Oktober 1964, Dylan pertama kali mengenalkan The Beatles pada marijuana di Hotel Delmonico, New York. Merasa momen yang tak pernah bisa dilupakan, akhirnya Paul McCartney meminta manajernya untuk menuliskan semua itu di buku. Namun akhirnya catatan tersebut disita oleh polisi.

6. Single-nya tak pernah diurutan satu

Kwikku, Singlenya tak pernah diurutan satu
Sumber: huffingtonpost.com

Meski musikalitasnya patut diacungi jempol, namun percaya atau tidak jika lagu-lagu Dylan tak pernah berada di posisi satu tangga lagu. Bahkan Like a Rolling Stone saja menduduki peringkat 12 pada tahun 1965. Sedangkan Rainy Day Women ada di posisi 35 pada 1966. 

7. Bergabung dengan Rock N Roll Hall of Fame

Kwikku, Bergabung dengan Rock N Roll Hall of Fame
Sumber: rollingstone.com

Pada tahun 1988, ia bergabung dengan Rock N Roll Half of Fame dan dilantik oleh Bruce Springsteen. Dylan juga sempat berpidato atas diterimanya di grup tersebut dan mengucapkan terima kasih pada Muhammad Ali dan Little Richard.

8. Muncul di iklan Victoria Secret

Kwikku, Muncul di iklan Victoria Secret
Sumber: twitter.com/ernietedeschi

Pada tahun 2004, Dylan muncul di iklan televisi untuk perusahaan pakaian dalam, Victoria Secret. Love Sick (1997) dipilih sebagai lagu latar dari iklan yang juga menampilkan Adriana Lima itu.

Bagi penggemar Dilan 1990 mungkin pada penasaran kan bagaimana sosok dari sumber namanya? Sekarang sudah pada tahu deh siapa dia sebenarnya. (ind)

Source: clashmusic.com

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Suka Duka Punya Teman Jahil
Hewan-Hewan Peliharaan yang "Mencengangkan", Apakah Kamu Berani Memeliharanya?
Sulit Dipercaya! Wanita Ini Melukis Tubuhnya dan Hasilnya Sungguh Menggemparkan Dunia!
Komentar