Hamdan Menulis artikel
@dankers89

Beberapa "Civil War" Inilah Yang Biasanya Terjadi Saat Bulan Ramadhan !

Beberapa quotCivil Warquot Inilah Yang Biasanya Terjadi Saat Bulan Ramadhan
Tidak terasa sebentar lagi kit akan memasuki bulan suci ramdahan. Di bulan yang penuh berkah tersebut semua pahala akan dilipatgandakan nilainya.

Semua orang menyambut dengan gembira akan datangnya Ramadhan dan makin mempererat tali silaturahmi. Namun, kadangkala ada beberapa momen yang menjadi gesekan saat ramadhan dan kadang menimbulkan "civil war" baik secara psikis maupun fisik. Apa saja hal tersebut ? berikut diantaranya.

1. Penentuan Awal Puasa dan Lebaran

Kwikku, Penentuan Awal Puasa dan Lebaran
Sumber: anaktelkom.com

Hal klasik yang selalu menjadi perdebatan menjelang Ramadhan adalah awal puasa. Biasanya terjadi antara pengikut dua ormas yang berbeda, wajar sih jika terjadi perbedaan karena metode penghitungannya juga berbeda. Biasanya sih ya sindir-menyindir halus saja oleh jamaahnya tapi ya tetap saja tidak boleh ya ? karena sesama muslim bersaudara.

2. Petasan

Kwikku, Petasan
Sumber: dimasbagus.web.id

Kalau ini sih tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Buat anak-anak wah pasti seneng banget kalau membunyikan petasan. Tapi buat orang dewasa, hal ini sangat mengganggu. Apalagi kalau mereka bermain ditengah hari boloh, kita sedang tidur, dan cuaca sangat terik. Bisa-bisa puasa kita batal gara-gara marahin bocah-bocah yang main petasan.

3. Warteg Bertenda

Kwikku, Warteg Bertenda
Sumber: memecomic.id

Di beberapa daerah di Indonesia, ada peraturan larangan membuka warteg atau tempat makan selama bulan ramadhan dari pagi sampai sore. Hal ini bertujuan untuk menghormati orang yang berpuasa. Namun ternyata, banyak juga pedagang yang menentang peraturan ini. Menurut mereka puasa ya urusan pribadi, kalau imannya kuat nggak akan tergoda. Kalau penulis sih setuju aja mereka buka, asal ya tetap pakai gorden. 

4. Tempat Hiburan Malam

Kwikku, Tempat Hiburan Malam
Sumber: djoybeat.com

Nah, kalau ini penulis setuju mereka ditutup dulu selama bulan ramadhan. Seperti yang kita tahu tempat hiburan malam ya pasti banyak hal seperti minuman keras, wanita penghibur dan sebagainya yang dapat menodai kesucian ramadhan. namun, ya lagi-lagi banyak pemiliknya ngeyel tetap buka. Akhirnya terjadilah "civil war" antara warga sekitar dan pemilik hiburan.


5. Saur On The Road

Kwikku, Saur On The Road
Sumber: beritabogor.com

Istilah ini adalah sebutan buat kegiatan sahur yang dilakukan di luar rumah atau di jalanan oleh rombongan orang. Emang sih, sahur berjamaah positif. Namun nggak jarang pula banyak masyarakat yang protes. Hal ini disebabkan seringkali mereka menggangu ketertiban lantaran bunyi kendaraan mereka yang bising dan mengganggu kenyamanan warga. Selain itu juga banyak yang ujung-ujungnya pada nongkrong nggak jelas.

Nah, kwikkers itulah tadi beberapa "Civil War" yang umumnya terjadi di bulan ramadhan. Terlepas dari pro dan kontra, pokoknya semua harus saling menghormati agar semuanya dapat beribadah secara khusyu dan meraih kemenangan saat Idul Fitri.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Tak Perlu Jauh-jauh ke Luar Negeri, 10 Obyek Wisata Ini Ada di Indonesia
Ditolak Itu Ternyata Ada Untungnya Juga Loh, Lah Kok Gitu?
10 Meme Perbuahan Bentuk Tubuh 'Before' 'After' Setelah Menikah Bikin Kalian Ngakak
Komentar