Seperti Hiasan Saja, Ternyata Ini Alasan Biskuit Punya Lubang-lubang Kecil
Seperti Hiasan Saja  Ternyata Ini Alasan Biskuit Punya Lubang-lubang Kecil - Indahhikma sengaja,dibuat,dengan,lubang-lubang,kecil,ternyata,alasan,tersendiri,balik,pembuatan,biskuit
Sengaja dibuat dengan lubang-lubang kecil, ternyata ada alasan tersendiri di balik pembuatan biskuit.

Biskuit pertama kali dikenalkan oleh orang Eropa. Kerajaan Inggris menjadikan makanan ini sebagai sarapan pagi yang dihidangkan bersama dengan teh hangat. Sejak abad ke 16 hingga 18, kue kering renyah ini biasa disebut dengan besquite atau bisket. Rasanya yang enak, manis dan cocok dihidangkan saat bertamu membuatnya digemari oleh semua kalangan.

Di Indonesia sendiri, biskuit pertama kali dikenalkan apda masa kolonial Belanda dan mereka biasa menyebutnya Koekje atau Cookie. Seiring dengan berkembangnya zaman, makanan ringan ini tak hanya dikonsumsi oleh kalangan atas. Bahkan di minimarket dan toko klontong bisa didapatkan.

Rasa dan bentuknya pun semakin beraneka ragam. Mulai dari lemon, jeruk, original, manis, dan lain sebagainya. Tapi pernah tidak kamu memperhatikan tampilannya yang memiliki lubang-lubang kecil? Ternyata di balik itu semua ada alasannya lho Kwikkers.

1. Sebagai saluran udara tempat uap mengalir

Mark Greenwell, manajer United Bicuit di Carlisle Amerika Serikat menjelaskan bila fungsi lubang-lubang kecil pada biskuit sebenarnya diperuntukkan sebagai saluran udara tempat uap mengalir. Suhu panas selama pemanggangan membutuhkan jalan keluar dari biskuit tersebut. 

2. Biskuit akan hancur jika tidak berlubang

Bukan tanpa alasan lubang-lubang kecil dibuat. Jika uap selama pemanggangan terbentuk dan tak ada lubang untuknya keluar maka biskuit akan retak, hancur, hingga lembek. Selain itu, kualitas makanan ringan itu pun jadi kurang bagus. Sehingga lubang sebenarnya juga dapat memperkuat strukturnya.

3. Mengapa biskuit kacang dan choco chip tak berlubang?

Sebenarnya boleh saja bila kue kering dibuat tanpa lubang. Seperti yang dijelaskan pada point di atas, biskuit menjadi retak dan kurang bagus. Namun kini, inovasi makanan ringan justru menampilkan biskuit kacang dan choco chip tanpa lubang.

Karena lubang tak ditambahkan, uap pun tidak bisa keluar dan tampilannya pun retak-retak. Keduanya memang sengaja dibuat demikian untuk menyuguhkan cita rasa yang berbeda.

Oh jadi begitu ya alasannya. Sudah terjawab kan Kwikkers rasa penasarannya? (ind)

    Dilihat .
Saran dari Discover
15 November 2017

Karya Unik dengan Bodypainting Mampu Menipu Mata, Perhatikan Baik-Baik

06 Mei 2018

Kreasi Kreatif Dari 8 Lampu Unik Berdesain Stickman, Cocok Buat Di Pasang Di Rumah

11 Mei 2018

Serupa, Kuliner Indonesia dan Luar Negeri Ini Bahkan Hampir Sama! Enak Mana?

25 Agustus 2017

13 Rumah Pohon Paling Kece yang Bikin Kamu Pengen Punya Salah Satunya!