Keluarga Curie, Kisah Peraih Hadiah Nobel Terbanyak Dalam Catatan Sejarah
Keluarga Curie  Kisah Peraih Hadiah Nobel Terbanyak Dalam Catatan Sejarah - Indahhikma menginspirasi,keluarga,dapat,penghargaan,nobel,terbanyak
Menginspirasi, keluarga ini dapat penghargaan Nobel terbanyak.

Nobel merupakan sebuah penghargaan yang khusus diberikan oleh orang atau lembaga dalam bidang kimia, fisika, literatur, fisiologi, kedokteran, perdamaian hingga ekonomi. Selama 117 tahun, sudah 584 penghargaan diberikan kepada 923 penerima.

Dari jumlah tersebut ada seorang penerima yang memiliki kisah tak biasa di balik kesuksesannya. Yup, siapa lagi kalau bukan keluarga Curie yang 5 anggota keluarganya mendapatkan 4 hadiah Nobel. Wah hebat banget ya. Bagaimana kisahnya?

1. Suami istri pertama peraih Nobel

Memang bukan hanya satu pasangan saja yang pernah mendapatkan hadiah Nobel. Tercatat, beberapa pasangan suami istri memperolehnya, seperti Edvard I. Moser dan Mat-Britt Moser pada tahun 2014 dalam bidang kedokteran.

Namun, menariknya suami-istri Curie adalah peraih pertama prestasi tersebut. Mereka berdua mendapatkan Nobel Fisika tahun 1903 berkat penelitian fenomena radiasi. Selain itu, tercatat pula bila Marie Curie merupakan perempuan pertama yang mendapatkan hadiah Nobel. Sampai-sampai unsur kimia bernomor atom 96 diberi nama Curium (Cm) untuk menghormati jasa keduanya di bidang radioktivitas.

2. Marie Curie adalah satu-satunya orang yang dapat dua Nobel

Pada 19 April 1906, Marie Curie mengalami guncangan dikarenakan sang suami, Pierre Curie meninggal karena kecelakaan. Tetapi, justru itulah ia terpacu untuk melakukan penelitian sebagai bentuk penghargaan terhadap suaminya. Ia melakukan penelitian di University of Paris dan Radium Institute.

Berkat kerja kerasnya, Marie berhasil mengisolasi polonium dan radium. Selama bertahun-tahun ia dan suami melakukan penelitian mengenai radioaktif dan berhasil pada tahun 1898. Sedangkan pada tahun 1910, ia berhasil mengisolasi logam radium murni. Berkat jasanya itu, akhirnya dia kembali mendapatkan hadiah Nobel pada tahun 1911.

Sejarah mencatat bila Marie merupakan perempuan pertama dan satu-satunya yang mendapatkan hadiah Nobel sekaligus dalam dua bidang berbeda, yakni Fisika dan Kimia.

3. Anak dan menantu Pierre-Marrie juga dapat hadiah Nobel

Tak cukup Pierre dan Marie saja yang mendapatkan hadiah Nobel. Putrinya yang bernama Irene bersama sang suami, Frederic Joliot-Curie juga mendapatkannya di bidang Kimia pada tahun 1935 berkat penelitiannya mengenai sintesis unsur-unsur radiokatif. Suami istri itu berhasil menciptakan nitrogen radioaktif dari boron, isotop radioaktif fosfor dari aluminium dan silikon dari magnesium.

Sementara putrinya yang bernama Eve tidak memilih sains sebagai bidang yang ditekuni. Ia lebih tertarik dengan dunia tulis menulis, jurnalistik dan musik. Ia pun bekerja sebagai jurnalis dan menulis buku biografi sang ibu dengan judul Madame Curie. Pada tahun 1954, ia menikah dengan Henry Richardson Labouisse, Jr. Kemudian pada 1965, suaminya itu mendapatkan Nobel Perdamaian. Sehingga total 5 anggota keluarga Curie mendapatkan Nobel.

Benar-benar keluarga yang menginspirasi ya, guys? Semoga bermanfaat! (ind)

    Dilihat .
Saran dari Discover
22 Oktober 2017

Fakta Eksentrik dan Menarik Dari Walikota Bandung Ridwan Kamil

16 Maret 2018

5 Obrolan Para Pengemudi dan Polisi Di Saat Razia Earphone Ini Asli Bikin Siapapun Ketawa

29 Agustus 2018

Dari Geli Hingga Bikin Lapar! 9 Nail Art Ini Epic Tiada Tanding

17 Maret 2018

Tutup Usia, Stephen Hawking Tinggalkan 7 Penemuan Besar Untuk Alam Semesta