Tetap Solid dan Sederhana, Sheila On 7 Bagikan Kisah Perjalanan Karirnya di Industri Musik
Tetap Solid dan Sederhana  Sheila On 7 Bagikan Kisah Perjalanan Karirnya di Industri Musik - Indahhikma jadi,salah,satu,band,legendaris,indoensia,ternyata,begini,perjalanan,karir,sheila
Jadi salah satu band legendaris Indoensia, ternyata begini perjalanan karir Sheila On 7.

Siapa sih yang tidak suka dengan grup band legendaris Indonesia satu ini? Sheila On 7 telah mengibur penikmat musik dengan karyanya selama 22 tahun. Sulit bagi sebuah band untuk terus eksis dan stabil hingga saat ini seperti layaknya Duta, Eros, Brian, dan Adam. Meski sempat mengalami perombakan pemain, namun karyanya masih punya tempat di hati penggemar.

Band yang lahir di Yogyakarta ini berawal dari sekumpulan anak SMA yang bermusik. Nama awal band ini sendiri adalah Sheilagank. Dalam waktu yang tidak sebentar itu, anak - anak muda tersebut berhasil membuktikan kemampuannya lewat lagu - lagu yang ditelurkan.

Meski banyak band pendatang baru di dunia hiburan, namun kesuksesan Sheila On 7 ini bukanlah tanpa alasan. Kisahnya berawal dari sini...

1. Dinilai ndeso, namun berhasil membuktikan di tahun 1998

Lahir di Yogyakarta pada Mei 22 tahun silam, Sheila On 7 tak lantas mendapatkan posisi atas. Berawal dari sekumpulan siswa SMA yang suka main musik, maka mereka pun memutuskan untuk ikut kompetisi. Awalnya, band mereka sempat dipandang sebelah mata karena dianggap ndeso. Namun pada tahun 1998, mereka berhasil memenangkan kompetisi oleh salah satu label rekaman Indonesia.

Sejak saat itu, band yang maish eksis ini menelurkan sejumlah karya seperti Dan, Sahabat Sejati, Berhenti Berharap, Sephia, Lapang Dada, Seberapa Pantas, Pemuja Rahasia, Yang Terlewatkan, Itu Aku, Sebuah Kisah Klasik, dan lain sebagainya menjadi bukti prestasinya.

2. Meraih banyak penghargaan sejak 1999

Sejak album pertama diluncurkan, Sheila On 7 sudah memiiki penggemar. Bakan Sony Music Asia, VMI Viewer's Choice, VIFA MTV Ampuh, Panasonic Award, Anugerah Musik Indonesia, sampai tabloid dan acara televisi Indonesia kala itu turut memilih lagu-lagu dari Sheila On 7 sebagai pemenang.

Pada tahun 1999, ada lebih dari 10 piala yang berhasil dibawa pulang oleh Duta dan kawan-kawan. Hingga tahun 2015, mereka sudah memborong setidaknya belasan penghargaan yang diterima setiap tahunnya. Melalui banyak kategori, seperti Lagu Terbaik, Album Terbaik, Band Paling Ngetop, Video Klip Terbaik, sampai Penata Rekaman Terbaik.

3. Personil berbakat

Rupanya tak hanya kesolidan saja yang membuat Sheila On 7 sukses di industri musik. Namun juga para personilnya yang berbakat. Eros sang gitaris mendapatkan beberapa penghargaan. Mulai dari Gitaris Terbaik di AMI Awards pada tahun 2006. Sedangkan pada tahun 2012, ia merupakan gitaris pertama Indonesia yang merilis Gitar Fender Signature ‘Eross Chandra'.

Kemudian, Brian diposisi drummer berhasil mendapatkan penghargaan The 50 Greatest Indonesian Drummers dari Rollingstone Indonesia tahun 2010. Prestasinya memang tak perlu diragukan lagi gengs.

4. Album selalu meroket dan tak pernah redup

Kalau kamu anak 90-an, pasti tahu banget dengan lagu-lagu dari Sheila On 7 yang hingga sekarang masih enak didengar. Di awal tahun 2000, lagu Melompat Lebih Tinggi dan Pasti Ku Bisa bahkan sempat booming dan hingga di tahun 2018 ini masih relevan didengar.

Terbukti kalau lagu-lagu dari album yang ditelurkan oleh Sheila On 7 tak hanya meledak di awal, tetapi tetap long lasting tak tergerus zaman. Kekonsistenan ini sudah pasti berkat tangan-tangan dingin dari personilnya.

5. Ganti personil tapi tetap solid

Sebelum seperti sekarang, ada dua personil yang turut membesarkan nama Sheila On 7. Posisi Anton digantikan oleh Brian. Sedangkan Sakti juga harus hengkang demi menempuh pendidikan ke luar negeri, yang kemduain digantikan oleh Risky. Namun akhirnya Risky pun keluar dikarenakan sibuk.

Hingga kini Sheila On 7 hanya terdiri dari empat personil, yakni Duta sebagai vokalis, Eros gitaris, Adam basis, dan Brian di drum. Sama halnya dengan band lain yang terpaksa harus berganti personil, namun hingga kini band ini tetap solid dan tak pernah terdengar kabar mereka bersiteru.

6. Lirik sederhana namun penuh makna

Untuk menjadikan sebuah lagu melekat di hati penggemarnya sebenarnya tak perlu yang wah. Hanya dengan lirik ringan dan mudah dimenegrti, karya-karya Sheila On 7 selalu dinikmati oleh para penikmat musik. Mulai dari kisah cinta, persahabatan sampai tentang mimpi pun dibuat pas sesuai porsinya.

Kesederhanaanlah yang menjadi kunci dari kesuksesan Sheila On 7 hingga saat ini. Bahkan, band yang persoilnya seolah tak pernah menua ini masuk dalam jajaran band legenda Indonesia. (ind)


    Dilihat .
Saran dari Discover
16 Desember 2017

10 Meme 'Kebanyakan Micin' yang Bisa Buat Ketawamu Semakin Gurih

13 November 2017

20 Alat Musik Tradisional Serta Asal Daerahnya

01 Desember 2017

Pernah Jadi Anak Generasi 90-an, Masih Kenal dengan Para Penyanyi Cilik Ini?

27 Juni 2018

5 Kematian Tragis Para Seleb Ini Disebabkan Oleh Penggemarnya Sendiri