Sumpah Ngeri, 5 Tradisi Menyeramkan Ini Ada di Indonesia Loh
Sumpah Ngeri  5 Tradisi Menyeramkan Ini Ada di Indonesia Loh - I D Pran indonesia,beragam,sukunya,beragam,budayanya,mulai,dari,yang,lucu,unik,sampai,menyeramkan,semua
Indonesia beragam sukunya, beragam budayanya. Mulai dari yang lucu, unik sampai menyeramkan, semua ada.
Kekayaan Indonesia tidak hanya melingkupi alamnya yang indah dan buminya yang subur saja, tetapi keberagamaan suku dan budaya juga menjadi bagian penting dari kekayaan itu sendiri. Tidak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali hal-hal unik dan menarik di dalamnya, termasuk ritual-ritual kebudayaan dari suku-suku tertentu. Contohnya seperti beberapa ritual berikut ini, yang tidak hanya unik tetapi juga cukup menyeramkan. Apa saja itu? Berikut ini ulasannya.

1. Mayat Berjalan di Tana Toraja
Mayat Berjalan di Tana Toraja
indonesiakaya.com

Tana Toraja dikenal dengan berbagai ritual kematiannya yang khas, mulai dari mengubur mayat di dinding batu, mengubur bayi di pohon, hingga sebuah tradisi yang disebut Ma'nene. Ma'nene sendiri merupakan tradisi untuk mengarak mayat yang sebelumnya diawetkan untuk keliling desa. Para mayat ini dibangkitkan dan diberi pakaian indah. Ritual ini tentu hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu, dan sayangya tradisi seperti ini sudah mulai banyak ditinggalkan.

2. Kerik Gigi di Kepulauan Mentawai
Kerik Gigi di Kepulauan Mentawai
archipelagos.id

Kerik gigi memang bukan hal yang aneh, kamu bisa melakukannya di rumah sakit dengan jaminan gigi yang lebih rapi dari sebelumnya. Namun, di Suku Mentawai, Sumatera Barat, mereka melakukan kerik gigi untuk proses kedewasaan bagi para wanita. Bagian seramnya adalah prosesi tersebut dilakukan secara manual tanpa obat bius, dan hanya menggunakan alat seadanya. Prosesnya pun cukup lama, sehingga para wanita suku ini harus kuat menahan sakit demi gigi runcing yang cantik.

3. Debus
Debus
blogspot.com

Debus adalah tradisi yang sangat populer, terutama di Jawa. Tradisi yang berasal dari Banten ini merupakan suatu pertunjukkan ilmu kebal. Bayangkan saja, manusia tidak mempan dibacok, dipukul, bahkan bisa melewati bara api. Namun, meskipun sekarang tradisi ini hanya dianggap sebagai hiburan, rupanya atraksi ini cukup ampuh untuk memicu semangat juang masyarakat di masa kolonialisme Belanda dulu.

4. Potong Jari oleh Suku Dani
Potong Jari oleh Suku Dani
kumpar.com

Suku Dani di Papua juga punya tradisi yang sangat menyeramkan, yaitu Ikipalin, alias memotong satu jari ketika salah satu anggota keluarga meninggal dunia. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan nasib buruk di keluarga yang ditinggalkan tersebut. Akan tetapi, seiring modernisasi dan dianggap terlalu menyeramkan, tradisi ini banyak ditinggalkan meskipun masih ada beberap yang bertahan.

5. Mas Kawin dengan Kepala Manusia oleh Suku Naulu
Mas Kawin dengan Kepala Manusia oleh Suku Naulu
youtube.com
Suku Naulu, Maluku, yang tersebar di sekitar Pulau Seram, Dusun Nuanea dan Dusun Sepa, memiliki tradisi yang bisa dibilang sangat menyeramkan. Mereka yang ingin melamar anak Raja Naulu harus membawa maskawin berupa kepala manusia, untuk membuktikan bahwa mereka adalah pria yang jantan dan beani. Bukan hanya itu, suku ini percaya bahwa mempersembahkan kepala bisa menyenangkan arwah leluhur, yang nantinya akan menjaga anak cucu mereka.

    Dilihat .
Saran dari Discover
22 Juni 2017

9 Ilustrasi Bentuk Manusia Dari Beberapa Kartun Yang Melegenda

05 Mei 2018

Tanda-Tanda Nyata dan Mainstream Menjelang Ramadhan, Nomor 6 Paling Berfaedah !

24 November 2017

20 Foto Terbaik Diambil Pas "Momen Paling Tepat" Yang Terpilih dari Berbagai Dunia

18 November 2017

Antara Unik Dan Gajelas! 17 Desain Kacau Ini Bikin Mikir Keras!