Arungi Lautan 8000 Kilometer, 7 Fakta Ini Buktikan Penduduk Pertama Madagaskar Dari Indonesia
Arungi Lautan 8000 Kilometer  7 Fakta Ini Buktikan Penduduk Pertama Madagaskar Dari Indonesia - Indahhikma diduga,nenek,moyang,orang,madagaskar,berasal,dari,indonesia,berikut,faktanya
Diduga nenek moyang orang Madagaskar berasal dari Indonesia, berikut faktanya!

Madagaskar adalah sebuah negara di Benua Afrika yang secara lokasi terpisah dengan benua utama. Negara ini memiliki ragam padang savana tandus dan aneka flora dan fauna yang menginspirasi para ilmuwan untuk melakukan penelitian. Tidak sedikit pula traveler dari seluruh dunia menjelajahi bumi Madagaskar untuk berjumpa dengan keadaan alamnya yang eksotis.

Melalui sebuah penelitian oleh para sejarawan dan ilmuwan, ditemukan bahwa negara ini ditemukan oleh seorang perempuan asal Indonesia. Tapi, bagaimana bisa dahulu seseorang menempuh jarak 8000 kilometer?

1. Berjalan 8000 kilometer ke Barat

Sejarah mencatat bila Pulau Madagaskar pertama kali dihuni oleh pendatang dari Indonesia. Mereka berlayar sejauh 8000 kilometer dari Kalimantan dan Sulawesi. Hingga kini memang belum ditemukan bukti fisik. Namun mereka sudah menguji Mitokondria DNA yang mengungkap garis keturunan penduduk Madagaskar yang ternyata berasal dari Indonesia.

2. Analisis DNA

Para peneliti Universitas Massey, Selandia Baru menganalisis DNA milik 266 orang. Dalam penelitian tersebut ditemukan ada 22 persen orang Madagaskar yang memiliki tanda genetik Indonesia. Jika sampel DNA ini benar, diperkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang ikut membentuk populasi awal di Madagaskar.

3. Metode pertanian yang mirip

Selain soal DNA, bukti lain keterkaitan penduduk Madagaskar dan Indonesia juga ditemui pada sektor pertanian yang nyaris menggunakan metode dan teknologi yang sama. Sejarah mencatat jika pendatang baru itu dimulai menanami padi dan talas di dataran tinggi Madagaskar sejak abad ke-enam. Mereka disebut Vazimba yang memiliki arti Orang Rimba.

4. Rumah kotak

Bila rumah-rumah tradisional di Afrika umumnya berbentuk bulat dan beratap jerami. Berbeda dengan penduduk asli Madagaskar yang memiliki rumah-rumah menyerupai suku-suku di Asia Tenggara. Rumah tersebut berbentuk kotak dengan atap segitiga. Mereka juga menggunakan pakaian yang terbuat dari serat tanaman dibanding kulit binatang seperti para penduduk Afrika.

5. Bahasa Malagasi

Daratan Madagaskar pernah dikuasai oleh Perancis. Kendati demikian para penduduknya memilih menggunakan bahasa sendiri yakni Malagasi, yang mana masih termasuk rumpun Bahasa Melayu-Polinesia. Dalam bahasa tersebut terkandung pengaruh bahasa lokal di Indonesia, mulaid ari Barito Timur, Jawa dan Melayu. Mereka mengadopsi kata kulit dan putih dari Bahasa Melayu.

6. Tradisi Kuliner

Sama halnya dengan di Indonesia, makan pokok penduduk Madagaskar adalah nasi. Tradisi kuliner negara tersebut juga dipengaruhi oleh pemukim pertamanya. Nasi yang biasanya ditemani laoka atau lauk, seperti sayur, daging yang ditumis dengan saus tomat serta santan.

7. Fakta yang Belum Terjawab

Sejarah mencatat bila sejak dihuni 1200 tahun lalu oleh pendatang asal nusantara, kini Madagaskar sudah memiliki identitas sendiri. Negara tersebut juga telah dipengaruhi oleh budaya lain, seperti Afrika, Arab, Bantu hingga Perancis. Namun, pernyataan yang mengatakan bahwa kapal asal Indonesia bisa berlayar 8000 kilometer jauhnya tanpa alat petunjuk dan teknologi canggih, belum terjawab hingga saat ini.

Dilihat dari berbagai aspek, Madagaskar dan Indonesia memang memiliki banyak kesamaan. Penelitian tersebut hingga kini masih dilakukan untuk membuktikan bagaimana caranya para nenek moyang kita bisa sampai ke Madagaskar. (ind)

    Dilihat .
Saran dari Discover
29 Agustus 2017

Kumpulan Percakapan Driver Online yang Bikin Kamu Ngakak Sampai Pagi :D 10 Keatas gak Kuat Bro!

02 Juli 2018

Terbiasa pakai Make Up, 10 Wanita Ini Mengejutkan Saat Tampil Tanpa Riasan!

18 Mei 2018

Mars Digadang-gadang Bisa Dihuni Oleh Makhluk Hidup, Yakin?

03 Agustus 2019

Bagai Pinang Dibelah Dua, Selebritis-selebritis Cantik ini Punya