I.D.Pran Menulis artikel
@ipranastiti

Inilah Kisah Kuburan Massal yang Ada di Penjuru Dunia

Inilah Kisah Kuburan Massal yang Ada di Penjuru Dunia
Adanya kuburan massal biasanya disebabkan oleh hal-hal tertentu, misalnya karena peperangan, genosida, maupun wabah penyakit.
Manusia memiliki berbagai cara untuk memakamkan orang yang meninggal. Ada yang dikubur, dibakar, atau bahkan dimumikan. Namun, dari berbagai jenis bentuk pemakaman, yang paling umum adalah penguburan di tanah. Biasanya, satu lubang dengan ukuran tertentu akan diapakai untuk mengubur satu jasad. Sayangnya, ketika ada wabah maupun di situasi peperangan yang tidak memungkinkan mengubur satu persatu mayat, maka akan dibuat lah kuburan massal.

Seperti beberapa kuburan massal di dunia berikut ini.

1. Kuburan Massal Hasil Pembantaian Pemerintahan Pol Pot di Kamboja

Kwikku, Kuburan Massal Hasil Pembantaian Pemerintahan Pol Pot di Kamboja
Sumber: kaskus.id
Masyarakat Kamboja mengalami mimpi buruk yang panjang ketika dipimpin oleh seorang diktator komunis bernama Pol Pot. Di masa pemerintahannya yang kejam dan sadis, dia melakukan perintah genosida pada siapa saja yang menentangnya. Entah itu rakyat biasa, cendekiawan, abdi pemerintah, etnis atau agama tertentu, tidak menghalangi Pol Pot untuk menghabisi mereka. Setelah ditelusuri, kuburan massal dari korban kekejaman Pol Pot mencapai 20.000, dan isinya lebih dari 1.38 juta mayat. Inilah mengapa banyak yang mengatakan bahwa nama Pol Pot bisa disejajarkan dengan Adolf Hitler.

2. Kuburan Massal di Era Stalin, Uni Soviet

Kwikku, Kuburan Massal di Era Stalin Uni Soviet
Sumber: creofire.files.wordpress.com
Berbicara mengenai pemimpin diktator lainnya, maka Stalin, pemimpin Uni Soviet juga merupakan salah satunya. Stalin bahkan memiliki unit sendiri yang diperintahkan untuk membunuh warga Uni Soviet. Korbannya mudah sekali dikenali, karena mereka selalu ditembak di bagian kepala. Menurut laporan yang ada, mungkin sekitar 700 ribu nyawa sudah melayang hanya dalam kurun waktu satu tahun, yaitu mulai tahun 1937 smapai 1938. Bahkan, ditemukan pula mayat di kuburan massal sebanyak 12-250 ribu di Bykivnia, 30-200 ribu di Kurapaty dan juga 20 ribut di Butovo, serta 9000 mayat lagi di Sandamork.

3. Chechnya

Kwikku, Chechnya
Sumber: wikimedia.org
Ada 57 situs kuburan massal ditemukan di Chechnya. Di dalam kuburan itu, sekitar 5000 ribu mayat diduga sebagai korban hilang ketika terjadi perang saudara di tahun 1999. Namun, sebenarnya kuburan massal seperti ini sudah ada semenjak tahun 1994, ketika dimulainya perang saudara.

4. Rezim Saddam

Kwikku, Rezim Saddam
Sumber: viva.co.id

Kuburan massal di Irak sudah terjadi dari tahun 1980-1983. Bahkan sampai ditemukan sekitar 250-an situs kuburan massal ini. Apalagi di tahun 1986-1988, ketika pemerintah Irak menjatuhkan bom kimia ke desa-desa yang dihuni suku Kurdi, korban yang tewas diperkirakan mencapai 5000-an.

5. Kuburan Massal Penderita Black Death

Kwikku, Kuburan Massal Penderita Black Death
Sumber: pinterest.com
Kuburan massal kali ini dibuat untuk menampung mayat para penderita penyakit Black Death. Di Eropa, sekitar abad ke 14, memang terjadi penyakit mematikan yang disebut Black Death, hal ini karena penderitanya mengalami penghitaman di tubuhnya sebagai reaksi penyakit tersebut. Kasus yang hampir memusnahkan penduduk Eropa ini membuat metode penguburan mayat menjadi asal-asalan. Mereka yang meninggal hanya ditumpuk menjadi satu. Namun, hal ini hanya berlaku pada masyarakat kalangan bawah, karena kalangan elite akan tetap dikuburkan secara layak.

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
7 Foto Paling Misterius dan Menyimpan Banyak Misteri Di Dunia
Main Kekerasan, 10 Violent Video Games Berikut ini Masih Menjadi yang Terpopuler!
Nggak Selalu Jenaka, Ini Episode-episode Serial Doraemon yang Mengharukan dan Menyentuh Hati
Komentar