Indahhikma Menulis artikel
@indahhikma

Sering Dikira Sama, Ini Dia Perbedaan Es Krim dan Gelato!

Sering Dikira Sama Ini Dia Perbedaan Es Krim dan Gelato
Es krim dan gelato sekilas seperti sama tapi keduanya berbeda lho. Apa sih perbedaannya?
Cocok buatmu

Es krim dan gelato sering dikira satu jenis makanan. Dingin, lembut, dan beraneka ragam rasa. Tapi tahukah kamu bila ternyata keduanya memiliki perbedaan? Ya dari namanya saja sudah beda sih ya. Namun selama ini banyak yang mengira bila keduanya sama.

Padahal, es krim adalah makanan dingin yang awal mulanya diperkenalkan oleh masyarakat Amerika. Sedangkan Gelato berasala dari Italia dan memiliki arti susu dibekukan. Meski memiliki tampilan yang hampir sama, namun keduanya punya perbedaan lho guys. Apa saja?

1. Rasa es krim lebih tajam dari gelato

Kwikku, Rasa es krim lebih tajam dari gelato

Es krim memiliki rasa lebih tajam dari pada gelato. Hal ini dikarenakan proses pembekuan es krim dibuat dengan suhu lebih rendah yakni mencapai minus 20 derajat celcius. Sedangkan gelato terasa lebih lembut dan hanya membutuhkan suhu 10 derajat celcius dalam pembekuannya.

2. Bahan dasar gelato lebih beraneka ragam

Kwikku, Bahan dasar gelato lebih beraneka ragam

Kedua jenis makanan itu sama-sama berasal dari susu. Hanya saja es krim dibuat dengan bahan dasar gula, kuning telur dan air. Sedangkan gelato lebih bervarian, yakni susu, gula, kuning telur, air dan tambahan kacang-kacangan. Bahkan nih, di Eropa gelato dibuat dengan campuran gandum.

3. Tekstur gelato lebih padat dari es krim

Kwikku, Tekstur gelato lebih padat dari es krim

Dilandir dari IDN Times, proses pengolahan es krim dalam pengadukannya dapat mengikat udara lebih banyak ketimbang gelato. Itulah sebabnya gelato lebih padat ketimbang es krim yang kandungan udara dalam adonannya lebih banyak.

4. Es krim lebih tahan lama dari gelato

Kwikku, Es krim lebih tahan lama dari gelato

Suhu menjadi faktor utama dari ketahanan makan. Gelato diolah di suhu yang lebih panas, sedangkan es krim jauh lebih dingin. Hal inilah yang membuat es krim lebih tahan ketimbang gelato yang cepat mencair.

5. Lemak pada es krim lebih besar dari gelato

Kwikku, Lemak pada es krim lebih besar dari gelato

Ternyata, es krim banyak mengandung butterfat ketimbang gelato. Adanya kandungan tersebut membuat lemak di es krim mencapai 10 persen dari berat totalnya. Sedangkan gelato hanya memiliki 3,5 persen.

Sekarang tahu kan perbedaan antara es krim dan gelato? Jangan tertipu lho ya, Kwikkers. (ind)

0
0 none
Yang mungkin kamu suka
Nikmati Musim Semi Indah Dengan 5 K-Pop MV
Sukses Berkarir di Seoul, Ternyata 10 Selebriti Ini Berasal Dari Busan
5 Hal Ini Ternyata Mampu Menenangkan Hidupmu
Komentar
1