Inilah Peradaban Kuno di Dunia yang Hancur Hanya dalam Satu Malam
Inilah Peradaban Kuno di Dunia yang Hancur Hanya dalam Satu Malam - I D Pran sebuah,peradaban,yang,sudah,maju,tiba-tiba,saja,hancur,dalam,waktu,satu,malam,yang,sebenarnya,terjadi
Sebuah peradaban yang sudah maju tiba-tiba saja hancur dalam waktu satu malam. Apa yang sebenarnya terjadi?
Menurut Arnold Toynbee dalam bukunya yang berjudul The Disintegration of Civilization, menerangkan bahwa peradaban merupakan kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi. Atau, kumpulan seluruh hasil budi daya manusia, yang mencangkup seluruh aspek kehidupan manusia baik fisik maupun non fisik.

Artinya, sebuah peradaban dibangun dengan usaha keras masyarakat yang hidup saat itu, dan tentu saja di waktu yang tidak sebentar. Hingga terwujudlah peradaban yang maju dan modern. Namun, bagaimana apabila semua hal yang dibangun dengan keringat dan kerja keras itu hancur dalam sekejap saja. Seperti beberapa peradaban berikut ini.

1. Peradaban Thonis
Peradaban Thonis
franckgoddio.org
Thonis adalah sebuah peradaban yang dulunya berada di dekat Alexandria, Mesir. Diperkirakan tempat ini berkembang mulai dari abad ke 6 sampai 4 Sebelum Masehi, dan menjadi kota pelabuhan paling berpengaruh di dunia. Sayangnya, kota ini lenyap begitu saja, yang diperkirakan akibat adanya gempa bumi dasyat dan banjir bandang. Akhirnya reruntuhannya ditemukan pada tahun 2000 lalu oleh seorang arkeolog asal Peancis bernama Franck Goddio.

2. Peradaban Loulan
Peradaban Loulan
absolutechinatours.com
Loulan merupakan kota yang sangat subur di China. Tempat ini memiliki tanah yang kaya nan subur, dan sempat ditinggali oleh 14 ribu manusia. Sayangnya, hanya dalam semalam kota ini menjadi sepi dan tidak lagi di tinggali karena adanya badai pasir yang terjadi pada abad ke 7. Sekarang, kota ini hanya menyisahkan puing-puing dan menjadi bukti sejarah kuat bahwa dulu pernah ada peradaban manusia di sini. Akhirnya, sekarang Loulan menjadi tempat wisata yang ramai akan turis setiap harinya.

3. Peradaban Ubar
Peradaban Ubar
themiddleofhere.com
Ubar merupakan sebuah kota megah dan maju yang berada di Gurun Rub'al Khali di Semenanjung Arab. Kota ini bahkan memiliki akses air meskipun keberadaannya di tengah gurun. Namun, kota ini tiba-tiba tenggelam oleh lubang yang mendadak muncul dari dalam bumi. Lubang tersebut rupanya berasal dari goa di bawah kota yang atapnya sudah terkikis sehingga menyebabkan keruntuhan. Akhirnya, kota yang sudah ada selama 5.000 tahun ini pun lenyap dan baru ditemukan oleh satelit NASA pada tahun 1980-an.

4. Peradaban Petra
Peradaban Petra
thedailybeast.com
Petra dulunya adalah kota berkembang yang menjadi pusar rute dagang yang menghubungkan China, India, Mditerania beserta Timur Tengah. Kota ini berada di Jordan dengan dikelilingi tebing. Bahkan meskipun kota ini berada di gurun, tetapi sistim pengairannya tidak terganggu sebab sudah canggih. Hinga akhirnya, setelah kota ini jatuh di bawah kuasa Romawi, kota ini pun hancur akibat gempa bumi dasyat. Penduduknya pun pergi dan hanya menyisakan puing-puing seperti sekarang.

5. Peradaban Pompeii
Peradaban Pompeii
tqn.com
Inilah kota kuno yang paling populer di dunia. Hal ini karena Pompeii pada masa dulu menjadi kota maju dengan penduduk paling tidak bermoral. Banyak perzinahan di kota ini, bahkan melakukan hubungan badan pun orang-orang sudah tidak tahu tempat. Akhirnya, pada tahun 79 Masehi, gunung Vesuvius pun meletus dan menghancurkan kota ini dalam sekejap, beserta semua orang di dalamnya.

    Dilihat . 1 Re-kwik
Saran dari Discover
11 Maret 2018

Menakjubkan, Inilah 10 Potret Hasil Editan Unik Dengan 2 Kombinasi Foto yang Berbeda

01 Mei 2019

Nyebelin Banget! Iniloh Sifat Buruk Luffy yang Sering Membuat Kesal Fans, Untung Sayang

24 Juni 2018

Bosan Hidup Monoton, Seniman Ubah Obyek Umum di Seluruh Dunia Jadi Karakter Lucu

17 April 2018

Jadi Tongkrongan Ibu-ibu, 10 Akun Gosip Ini Berikan Informasi Up To Date Tiada Duanya!