Hutomo D Menulis artikel
@symphonia86

Nggak Cuma Menghibur, Anime-anime Ini Juga Memberikan Pesan Kehidupan

Nggak Cuma Menghibur Anime-anime Ini Juga Memberikan Pesan Kehidupan
Siapa bilang anime itu nggak mendidik?

Bagi sebagian orang, Anime hanya dianggap sebagai tontonan buat bocah bocah dengan cerita dangkal, plot mainstream, nggak memiliki pesan moral dan lain lain. Padahal, anime juga ada yang memberikan pesan moral tentang kehidupan. Contohnya seperti anime-anime berikut ini.

1. Steins;Gate

Kwikku, SteinsGate
Sumber: kaskus.co.id

Pelajaran terbaik yang anime ini berikan adalah hargailah waktu yang telah Tuhan berikan kepadamu, waktu bersama keluarga, teman, sahabatmu, kekasihmu, karena kamu nggak akan pernah tahu kapan kamu akan berpisah meninggalkan mereka. Hargai juga masa lalumu, karena mungkin semua tindakanmu di masa lalu, yang membentukmu menjadi lebih baik seperti sekarang.

2. Hyouka

Kwikku, Hyouka
Sumber: kaskus.co.id

Terkadang masalah yang rumit memiliki jalan keluar yang sebenarnya mudah ditemukan, asal kamu mau berfikir kreatif dan berbeda. Sehingga setiap masalah akan selesai tanpa menguras banyak energi dan pikiran. Hotaro sang tokoh utama anime ini tahu akan hal itu. "Terkadang berpikir dan diam lebih efektif ketimbang kerja keras," katanya.

3. Angel Beats

Kwikku, Angel Beats
Sumber: kaskus.co.id

Anime ini sarat akan pelajaran mengenai hidup. Hidup adalah anugerah terbesar yang diberikan Tuhan padamu. Kamu hanya hidup sekali, dan kamu nggak tahu kapan bakal dijemput oleh Malaikat Maut. Karenanya, gunakan anugerah itu semaksimal mungkin, produktif dan untuk membantu sesama, jangan hanya menjadi orang yang hanya menuh-menuhin dunia dan jadi parasit yang hanya bisa menyusahkan keluarga dan orang di sekitar kamu.

4. Guilty Crown

Kwikku, Guilty Crown
Sumber: kaskus.co.id

Dari anime ini kita diajari untuk selalu jadi diri kita sendiri. Sering kita merasa rendah diri karena ketidakmampuan kita sendiri dan selalu merasa iri dengan orang yang selalu mendapat perhatian dan terlihat hebat. Akhirnya kamu lebih suka meniru orang lain yang terlihat lebih superior, agar orang lain menyukaimu, walau itu bukan sifat dan kelakuan kamu yang sebenarnya. Ingatlah, kamu selamanya akan menjadi kamu sendiri, bukan orang lain. Pada akhirnya semua yang suka dengan diri kamu yang palsu, akan menjauh begitu mengetahui diri kamu yang sebenarnya. Jadilah diri kamu apa adanya.

5. Clannad dan Clannad After story

Kwikku, Clannad dan Clannad After story
Sumber: kaskus.co.id

Pesan moral dari anime ini tertuang dalam satu kalimat yang ada dalam animenya. Kalimatnya adalah: "Keluarga adalah hal terpenting dalam hidup". Keluarga bukan hanya orang yang tinggal bersama kita, tapi orang yang dekat dengan kita. Karena anime ini menceritakan tentang masalah keluarga, maka anime ini diberi judul Clannad, yang berarti Keluarga dalam bahasa Irlandia.

2
2 none
Yang mungkin kamu suka
Tradisi Batimung, Spa Tradisional Ala Banjar
Tawarkan Layanan Eksklusif, Ini 5 Kereta Api Paling Mewah di Dunia
Keberadaan Cemara Laut sebagai Benteng Pelindung Pantai
Komentar
1